KATA OMED

Mengenal Budha lewat Bukit Fathin San di Sungailiat Bangka

Saat ini Saya masih mau mengeluas tentang liburan singkat saya ke pulau Bangka khususnya kekawasan Sungai Liat Kabupaten Bangka beberapa waktu lalu. Salah satu Destinasi wisata Religi yang cukup menarik untuk saya kunjungi adalah sebuah Bukit Tempat Ibadah dan katanya ada Tembok Besar Cinanya tapi versi Bangka yang biasa disebut Fathin San.

Baca juga ya :

Bukit Fathin San Sungailiat Bangka

Bukit Fathin San Sungailiat Bangka

Soal pemandanganya jangan ditanya sebab Bukit fathin berada diatas ketinggian atau perbukitan sehingga membuat kita bisa melihat dengan jelas kawasan kota sungailiat dan juga keindahan alam sekitarnya yang menyejukan. Ketenangan disekitar tempat ini juga sangat terasa.

Lokasi Bukit Fathin San

Bukit Fathin San di Sungailiat Bangka

Bukit Fathin San di Sungailiat Bangka

Fathin San atau biasa disebut Bukit Fathin ini Terletak di kawasan Bukit Betung, Desa Lubuk, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka,Pulau Bangka, Provinsi Bangka Belitung. Lokasinya tak terlalu jauh dari pusat kota yakni hanya sekitar 45 menitan saja atau berjarak sekitar 35 kilometer dari Ibukota Pangkal Pinang. Jika dari pusat kota Sungai Liat hanya butuh 15 menitan saja untuk tiba dilokas wisata religi ini.

Ada Tangga Mirip Tembok Besar China di Fathin San

Fathin San merupakan sebuah kuil atau tempat ibadah bagi umat Budha dan umat Tionghoa. Tempa ini sendiri mulai dibangu pada tahun 2011. Didalam Kawasan ini banyak sekali bangunan yang dibangun disegara penjuru bukit mulai dari Kawasan Goa tempat bertpa dan beribadah, Patung Budha hingga Patung Dewi Kwan im yang ukuranya Cukup Besar.

Fathin San Bangka

Tanggal Fathin San miri ala ala tembok china

Tanggal Fathin San miri ala ala tembok china

Semuanya akan dihubungkan melalui sebuah anak tangga yang didesign seperti ala-ala tembok besar di China sana. Cukup menarik sih apalagi kawasan perbukitan ini banyak nanjak turunya sehingga keberadaan tangga ini sangat membantu wisatawan yang ingin berkeliling melihat semua kawasan.

8 Relief Perjalanan Budha di Fathin San

Salah satu yang menarik saat saya memasuki kuil ini adalalah adanya 8 buah relief pada dinding tebing yang menggambarkan perjalanan Sang Budha. Mulai dari dia lahir, semedi, sampai meninggal. Sepertiny Relief ini sengaja dibuat agar para pengunjung lebih mudah memahami cerita Sang Budha, yah sama seperti saya.

Baca Juga ya :

Fathin San di Sungailiat Bangka

Fathin San di Sungailiat Bangka

Ada beberapa kolam yang berisi koin yang diyakini bisa membawa keberuntungan, kemudian ada juga naga emas hingga bebrapa makam yang terihat cukup megah. Untuk masuk kawasan ini kita hanya cukup membayar Rp 5000 saja per pengunjung.

Fasilitas yang ada di Bukit Fathin Bangka

Selain digunakan sebagai tempat ibadah, Bukit Fathin juga memiliki banyak tempat lainnya yang difungsikan sebagai tempat-tempat bertapa atau tempat bersemedi. Ada ruangan khusus pengurus, ruang ibadah, makam, toilet yang banyak, warung-warung makanan hingga penginapan.

Goa ruang ibadah di Fathin San

Goa ruang ibadah di Fathin San

lokasi Fathin San

Secara fasilitas, bukit fathin ini cukup lengkap sehingga wisatawan tak perlu khawatir lagi. Nah buat kalian yang mau kesini jangan naik bus ya karena bus tidak akan kuat nanjak sampai keatas bukit. Biasanya wisatawan yang datang membawa mobil pribadi atau motor yang bisa naik hingga kepuncak.

Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of