KATA OMED

Info Lengkap Bukit Tutukan Karanggayam Di Kebumen

Published · Updated

Jika ada yang mengatakan kalau Kebumen tidak memiliki destinasi wisata yang indah, maka pernyataan tersebut tidak benar. Sebab, di sini ada destinasi yang luar biasa yang bisa bikin ketagihan jika sudah berpelesir ke sana. Namanya adalah Bukit Tutukan Karanggayam.

Bukit Tutukan adalah wisata alam berupa dataran tinggi yang permai. Tak hanya itu, destinasi ini juga memiliki suhu sejuk dan udara yang bersih sehingga cocok dijadikan sebagai destinasi wisata kesehatan.

Karena alasan ini, sepertinya ke depan Bukit Tutukan akan semakin populer.

Daya Tarik dan Pesona Bukit Tutukan

lautan awan di Bukit Tutukan

lautan awan di Bukit Tutukan – foto ig @trigoterz

Bukit Tutukan Karanggayam Kebumen memiliki pesona luar biasa. Salah satunya adalah traveler bisa menikmati sunsite dan sunrise dari atas ketinggian yang tentunya nuansanya lebih syahdu.

Terkadang masyarakat mencapai puncak bukit semata untuk melihat keindahan alamiah tersebut.

Daya tarik berikutnya ialah pemandangan puncak yang indah saat malam hari. Disertai dengan lampu-lampu rumah penduduk di bagian lereng yang terlihat seperti kunang kunang beterbangan.

Pesona inilah yang menjadi alasan mengapa terkadang ada traveler bermalam di puncak sembari menggelar tenda.

Di sini pengunjung juga bebas melakukan tracking hingga ke dalam hutan pinus yang asri. Bahkan jika beruntung akan berjumpa dengan satwa hutan yang masih langka seperti burung Jalak dan trenggiling.

Pesona inilah yang sejatinya menjadi alasan mengapa Bukit Tutukan dianggap ikonik wisata di Kebumen.

Fasilitas Wisata di Bukit Tutukan Kebumen

Bukit Tutukan Karanggayam

Bukit Tutukan Karanggayam // klirong.info

Karena bisa dibilang destinasi Bukit Tutukan baru ditemukan, maka fasilitas yang disediakan tentu masih sangat minim. Salah satunya, masih belum ada lahan untuk outbound padahal dari segi kontur kondisinya memungkinkan untuk dibuka layanan tersebut.

Sekalipun demikian fasilitas lainnya sudah tersedia termasuk sudah dibuka jalur tracking lengkap dengan papan penanda.

Sarana yang juga sudah dibangun di sini adalah gazebo dan gardu pandang tempat pengunjung memantau sunsite dan sunrise.

sunrise di Bukit Tutukan

sunrise di Bukit Tutukan – foto ig @trigoterz

Lokasinya tepat menghadap ke jajaran perbukitan yang lebih tinggi sehingga kalian bisa melihat matahari dengan lebih leluasa.

Di sekitar lokasi juga sudah dibangun spot foto buatan seperti jembatan kayu, lingkaran bunga berbentuk Love, dan yang lainnya.

Pihak pengelola juga membangun beberapa kursi dari kayu yang tersebar di kawasan destinasi. Sarana ini bisa dijadikan sebagai tempat duduk setelah melakukan penjelajahan di atas bukit.

Sedangkan yang paling disukai adalah kursi di bantaran sungai kecil berair jernih yang di sekelilingnya dipenuhi dengan batu kali berbagai ukuran.

Kegiatan Wisata di Bukit Tutukan Kebumen

puncak Bukit Tutukan

puncak Bukit Tutukan – foto ig @kebumenmemotret

Ada banyak kegitan wisata yang bisa dilakukan di Bukit Tutukan Kebumen. Aktivitas yang paling oke tentunya berfoto selfie bersama seluruh keluarga atau bersama teman-teman dekat.

Untuk kegiatan ini pihak pengelola sudah membangun spot foto bagus untuk mendukung spot alami yang ada.

Tracking adalah aktivitas wisata yang wajib dilakukan jika destinasi-nya berbasis alam. Oleh sebab itu, pihak pengelola juga membangun sarana untuk kegiatan ini supaya traveler bisa melakukan penjelajahan dengan nyaman.

Faktanya aktivitas inilah yang ternyata banyak menyedot pengunjung karena di dalam penjelajahan ada suasana instagenik tersendiri yang didapatkan.

Selain aktivitas di atas masih ada kegiatan lain yang bisa dilakukan kalian di Bukit Tutukan. Di antaranya adalah menikmati sunsite dan sunrise, camping di atas bukit, berenang di sungai kali hitam dan mencicipi kopi hangat sembari menikmati bulan purnama.

Jadi tunggu apa lagi, jika ingin menikmati semua sensasi di atas segera datangi Bukit Tutukan.

Rute dan Lokasi Ke Bukit Tutukan

Bukit Tutukan Karanggayam

Bukit Tutukan Karanggayam // bambangirwantoripto.com

Bukit Tutukan berada di Desa Purwosari, Kecamatan Karanggayam, Kabupaten Kebumen. Jalur tercepat menuju lokasi adalah melalui Kota Karanganyar yang berjarak 15 km saja. Jika melalui rute ini waktu tempuh perjalanan hanya 30 menit saja dengan naik kendaraan roda empat.

Silakan kalian berangkat dari Alun Alun Kota Karanganyar dengan mengakses jalan ke utara. Lurus saja hingga memasuki area hutan pinus yang teduh dan rindang.

Lepas dari lokasi tersebut mulai lihat papan penanda di pinggir jalan yang akan membawa kalian langsung ke pintu gerbang bukit.

Jam Buka dan Tiket Masuk Bukit Tutukan

Bukit Tutukan Karanggayam

Bukit Tutukan Karanggayam // klirong.info

Jam buka Bukit Tutukan atau yang lebih akrab disebut Bukit Khayangan ini adalah dari jam 06.00 pagi dan tutup jam 18.00 sore.

Jika ingin menginap silakan izin terlebih dahulu kepada pengelola untuk di-briefing terlebih dahulu. Ini perlu dilakukan semata untuk kenyamanan dan keamanan kalian saat camping.

Kalau untuk tiket masuk jangan khawatir karena harganya terjangkau. Per-orang hanya dikenakan biaya Rp5.000 saja baik untuk anak-anak maupun orang dewasa.

Jadi tunggu apalagi silakan datangi Bukit Tutukan Karanggayam Kebumen sekarang juga.

Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of