KATA OMED

Potret Masjid Ageng Karaton Surakarta Hadiningrat Dan Sejarahnya

Salah Satu Masjid Bersejarah Yang Ada Di Surakarta  Adalah Masjid Ageng Karaton Surakarta Hadiningrat. Masjid Ageng Karaton Surakarta ini berada di Kauman, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57122.

Masjid Ageng Karaton Surakarta Hadiningrat Ini Menempati Lahan Seluas 19.180 Meter Persegi Yang Dipisahkan Dari Lingkungan Sekitar Dengan Tembok Pagar Keliling Setinggi 3,25 Meter.

Bangunan Masjid Agung Surakarta Merupakan Bangunan Bergaya Tajug Yang Beratap Tumpang Tiga Dan Berpuncak Mustaka atau Mahkota.

Baca juga : inilah masjid nurul musthofa center depok yang selesai dibangun

Masjid Ageng Surakarta

Masjid Ageng Surakarta – foto ig @avianavrisca

Gaya Bangunan Tradisional Jawa Ini Adalah Khusus Untuk Bangunan Masjid Ageng Karaton Surakarta Hadiningrat.

Di Dalam Kompleks Masjid Agung Dapat Dijumpai Berbagai Bangunan Dengan Fungsi Kultural Khas Jawa-Islam.

Juga Terdapat Maksura, Yang Merupakan Kelengkapan Umum Bagi Masjid Kerajaan.Masjid Ageng Karaton Surakarta Dibangun Oleh Sunan Pakubuwono III Tahun 1763 Dan Selesai Pada Tahun 1768.

Pada Masa Pra-Kemerdekaan Masjid Ageng Karaton Surakarta Hadiningrat Ini Adalah Masjid Agung Milik Kerajaan Surakarta Hadiningrat Dan Berfungsi Selain Sebagai Tempat Ibadah Juga Sebagai Pusat Syiar Islam Bagi Warga Kerajaan.

Baca juga :

bagian dalam Masjid Ageng Surakarta

bagian dalam Masjid Ageng Surakarta – foto ig @anggikpe

Masjid Ageng Karaton Surakarta Hadiningrat

Masjid Ageng Karaton Surakarta Hadiningrat – foto ig @srirezekiwa

Dengan Status Sebagai Masjid Kerajaan, Masjid Ageng Karaton Surakarta Hadiningrat Ini Juga Berfungsi Mendukung Segala Keperluan Kerajaan Yang Terkait Dengan Keagamaan, Seperti Grebeg, Sekaten, Dan Maulid Nabi.

Salah Satu Keunikan Dari Masjid Ini Adalah Gapura Atau Gerbang Masuknya. Pada Gapuranya Ada Tiga Pintu Masuk, Dengan Gapura Utama Berbentuk Paduraksa Berada Di Sisi Timur Menghadap Alun-Alun Dan Dua Gapura Kecil Di Sisi Utara Dan Selatan.

gerbang Masjid Ageng Surakarta

gerbang Masjid Ageng Surakarta – foto ig @judge_bao

Sunan Surakarta Berfungsi Sebagai Panatagama Atau Pengatur Urusan Agama Dan Masjid Ini Menjadi Pelaksana Dari Fungsi Ini.

Semua Pegawai Masjid Ageng Karaton Surakarta Hadiningrat Diangkat Menjadi Abdi Dalem Kraton, Dengan Gelar Seperti Kanjeng Raden Tumenggung Penghulu Tafsiranom Dan Lurah Muadzin Untuk Juru Adzan.

 

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of