Bukit Semar Gondang, Bukit Eksotis Favorit Pendaki Jawa Timur

Mojokerto, kabupaten di Jawa Timur ini, cukup terkenal, lho. Orang Jawa Timur, pasti familiar banget. Di Mojokerto, ada destinasi wisata yang lagi hits. Namanya, Bukit Semar Gondang. Apa bagusnya, sih?

Bukit Semar Gondang

Bukit Semar Gondang – image source: Google Review/Galih Dragneel Gaming

Mojokerto memang sudah lama menjadi favorit para pendaki, terutama yang berasal dari kota besar seperti Surabaya karena jaraknya yang cukup dekat. Selain itu Mojokerto memiliki banyak wisata alam yang tidak kalah indah dengan tempat lainnya.

Dekat dan indah, adalah dua kata yang bisa menggambarkan Mojokerto di mata para turis lokal Jawa Timur. Kepopulerannya terutama karena Mojokerto memiliki dataran tinggi yang tidak banyak dimiliki daerah lain di sekitarnya.

Hal ini dikarenakan Mojokerto dikelilingi bentang alam yang indah. Satu di antaranya adalah sebuah bukit yang sedang digandrungi para pendaki. Bukit Semar Gondang, namanya.

Bukit Semar Gondang menjadi hits sejak tahun lalu. Bukit ini terletak di Desa Dilem, Kecamatan Gondang. Kalau Anda pendaki, pasti sering mendengar nama Desa Dilem karena lokasinya yang dekat dengan Gunung Anjasmoro. Gunung ini adalah satu dari empat lokasi favorit para pendaki.

Karena termasuk lokasi pendakian yang baru-baru ini populer, banyak orang yang penasaran. Sebagus apa, ya?

Matahari Terbit di Antara Dua Gunung di Bukit Semar Gondang

Bagi para pendaki, sunset dan sunrise adalah sebuah keniscayaan. Tidak boleh tidak. Wajib. Saking wajibnya, para pendaki seolah punya cara masing-masing untuk mengabadikan momen tersebut.

Bukit Semar Gondang

Mathari terbit di Bukit Semar Gondang – image source: Google Review/Galih Dragneel Gaming

Bahkan, tidak sedikit pendaki yang mengulangi pendakiannya karena mereka ingin melihat  sunrise yang khas indahnya. Kata para pendaki pro, sih, setiap bentang alam memiliki  sunset/sunrise  yang berbeda.

Seperti di Bukit Semar ini. Di sini, kalian bisa menikmati fenomena matahari tersebut dengan sangat epik. Kok bisa?

Ya bisa.

Di Bukit Semar, matahari terbit di antara dua gunung, yakni gunung Penanggungan dan Gunung Welirang. Kebayang, kan, indahnya?

Kerlap-kerlip Kota dari Atas Bukit Semar Gondang

Keindahan Bukit Semar tidak hanya bisa dinikmati ketika pagi-siang saja, lho. Ketika malam pun, Anda masih bisa menikmati pemandangan indah dari atas bukit setinggi 933 mdpl ini.

Apa itu?

Mojokerto termasuk suatu daerah padat penduduk di Jawa Timur. Bisa dibayangkan, kan, apa yang bisa kita lihat dari dataran tinggi daerah ini di malam hari?

Yup, gemerlapnya lampu-lampu rumah penduduk dan bangunan lainnya. Hal inilah yang bisa memanjakan mata Anda di malam hari saat berada di dataran tinggi Mojokerto, termasuk di Bukit Semar.

Rute menuju Bukit Semar Gondang dan Persiapan Pendakian ke Bukit Semar Gondang

Pendakian Bukit Semar Gondang

Pendakian Bukit Semar Gondang – image source: pacetadventure.com

Jika Anda berasal dari luar kota, rute paling mudah untuk ke Mojokerto adalah dari arah Surabaya. Lokasi bukit ini hanya berjarak sekitar dua jam saja. Bergantung macet atau tidaknya perjalanan yang Anda tempuh.

Sedangkan, dari rumah penduduk menuju puncak bukit, Anda harus berjalan sekita 4,5 km. Harga tiket masuknya pun murah meriah, hanya Rp 5.000,- saja!

Karena bukit ini adalah lokasi pendakian, tentu Anda harus mempersiapkan logistik dan perlengkapan berkemah. Jangan sampai lupa atau tertinggal, ya!

Di puncak bukit ini, terdapat campground yang bisa menampung lebih dari tiga tenda. Jadi, jangan khawatir untuk bermalam di sini alias camping.

Kalau Anda ingin hunting sunset/sunrise, Anda juga wajib membawa kamera pro  atau siap sedia powerbank jika menggunaka kamera smartphone. Jangan lupa kalau ngefoto cari waktu yang pas, ya! Paling bagus, sih, di waktu pagi dan sore.

FYI, karena daerah Bukit Semar termasuk daerah yang sejuk, usahakan untuk memastikan prakiraan cuaca sebelum berkunjung, ya. Lebih baik Anda memilih waktu berlibur di musim kemarau karena jika musim hujan, daerah perbukitan di Mojokerto menjadi licin dan cukup berbahaya untuk pemula.

 

Baca juga: 5 Spot Keren Untuk Menikmati Indahnya Pemandangan Gunung di Mojokerto

 

pendakian Bukit Semar Gondang

pendakian Bukit Semar Gondang – foto suaramojokerto.com

Bagaimana?

Tertarik berkunjung ke ibukota Majapahit ini?

Wisata alam yang murah meriah, serba ada, dan pasti indah.

Selain wisata alam Bukit Semar, Anda masih bisa berkunjung ke banyak wisata alam yang menarik di Mojokerto, misalnya Lembah Harapan, Air Terjun Dlundung, Wisata Alam Blentreng, Air Terjun Tunjung Biru, hingga Air Terjun Bidadari.

Tidak hanya itu, Mojokerto merupakan jalur utama Jawa Timur yang sering dilewati wisatawan. Melalui kabupaten ini, Anda juga bisa berkunjung ke wisata terdekat yang jalurnya melewati Mojokerto misalnya Claket Adventure Park, Pacet Mini Park, hingga Taman Rekreasi Selecta.

Yakin, deh. Berwisata ke Mojokerto pasti menyenangkan.

Jika Anda memutuskan berkunjung ke tempat wisata manapun, jangan lupa untuk selalu jaga lingkungan, ya, travellers.

Selalu utamakan kebersihan, keselamatan, dan keamanan. Jangan pernah merusak fasilitas agar tempat wisata yang kita kunjungi bisa bertahan hingga selamanya.

Semoga Anda sehat selalu, travellers!

Jangan lupa membaca artikel menarik lainnya, ya!

You may also like...

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of