KATA OMED

15 Daftar Nama Bukit Di Papua Yang Indah Dan Terkenal

Papua adalah sepetak tanah Indonesia yang dianugerahi keindahan alam tiada tara lengkap dengan destinasi wisata eksotis yang bikin traveler terkesima. Daftar nama bukit di Papua juga layak dicatat sehingga ketika pergi ke “Benua Hitam” tidak kebingungan soal wisata.

Bukit di Papua mengusung keindahan dataran tinggi menakjubkan dengan spot terbentuk secara alami akibat seleksi alam. Tak hanya itu, hampir semua bukit bersuhu sejuk yang kontras dengan cuaca Papua yang panas.

Inilah daftar nama Bukit Papua yang indah dan mempesona:

1. Bukit Ifar, Jayapura

Bukit Ifar, Jayapura

Bukit Ifar, Jayapura – foto ig @rahmat_nur_w

Salah Satu Nama Bukit Di Papua Yang Cukup Terkenl Adalah Bukit Puncak Ifar. Bukit Ini Menjadi Salah Satu Destinasi Wisata Wajib Yang Bisa Kalian Datangi Sedang Menjelajahi Papua.

Letak Bukit Ifar Ini Tak Begitu Jauh Dari Jayapura. Hanya Makan Waktu 45 Menit Berkendara. Di Bukit Puncak Ifar Ini Sendiri Pernah Menjadi Lokasi Perang Dunia II Di Papua.

Tempat Itu Menjadi Lokasi Dibangunnya Tugu Mac Arthur. Itu Merupakan Nama Seorang Jenderal Bintang 5 Amerika Serikat Yang Memiliki Peran Besar Perang Itu.

Tugu Mac Arthur Adalah Tanda Bahwa Tentara Sekutu Berhasil Mencapai Papua. Tempat Yang Juga Lokasi Markas TNI, Rindam XVII Cendrawasih Itu. Jadi Jangan Heran Jika Melihat Banyak Tentara Yang Melintas.

Dari Puncak Bukit Ifar Kita Bisa Melihat Dengan Jelas Bandara Sentani.

2.  Bukit Sontiri, Tambrauw Papua Barat

Bukit Sontiri tembraw

Bukit Sontiri tembraw – foto ig @pacebikar_

Ada Sebuah Bukit Unik Di Papua yang Bernama Bukit Sontiri. Bukit Sontiri Ini Unik Karena Setiap Pagi Sering Ditutupi Oleh Jarring Laba-Aba Yang Bewarna Putih Terutama Saat Embun Pagi Hari.

Bukit Sontiri Sendiri Berada Distrik Kebar, Tambrauw, Provinsi Papua Barat. Di Depan Bukit Sontiri, Berdiri Megah Barisan Pegunungan Tamrau. Keberadaannya Membuat Bukit Sontiri Ini Serupa Basin Atau Cekungan.

Pegunungan Itu Adalah Landmark Tambrauw, Yakni Pegunungan Tamrau. Dari Jauh, Bukit Tampil Membentang Bak Permadani Hijau.

3. Bukit Jokowi Jayapura

Bukit Jokowi, Papua

Bukit Jokowi, Papua – foto ig @gallery_kece_papua

Bukit Skyline Atau Yang Kini Lebih Dikenal Bukit Jokowi Adalah Sebuah Destinasi Wisata Ungguan Di Jayapura.

Bukit Ini Dulunya Dipenuhi Dan Di Tumbuhai Rumput Liar Dan Ilalang Tetapi Kini Sejak Kedatangan Presiden Joko Widodo Pada 2014 Ke Lokasi Itu,

Kawasan Bukit Jokowi Menjelma Menjadi Salah Satu Spot Wisata Yang Oke Dan Terkelola Dengan Baik.

Lokasi Bukit Jokowi Ini Tak Jauh Dari Jantung Kota Jayapura, Papua Atau Abepura Yang Terkenal Dengan Sebutan Kota Pelajar.

4. Bukit Tungkuwiri, Jayapura

Bukit Tungkuwiri, Jayapura

Bukit Tungkuwiri, Jayapura  – foto ig @thyophotoart

Bukit Tungkuwiri Adalah Daftar Nama Bukit Di Plau Papua Selanjutnya Yang Juga Memiliki Keindahan Alam Dan Pemandangan Yang Menakjubkan.

Bukit Tungkuwiri Sebuah Perbukitan Yang Memiliki Savana Dengan Hamparan Luas Seperti Bukit Di Film Kartun Teletubbies.

Bukit Tungkuwiri Berada Tepat Di Kampung Doyo Lama Distrik Waibhu. Jarak Tempuh Dari Jalan Utama Dari Kawasan Perkantoran Bupati Jayapura Sejauh Kurang Lebih Tiga Kilometer Menuju Arah Selatan.

5. Bukit Yotoro

Bukit Yotoro jayapura

Bukit Yotoro jayapura – foto ig @githalia23

Masih Di Jayapura Papua, Selain Bukit Teletubis Yang Terkenal Dengan View Danau Sentani, Ternyata Masih Ada Satu Bukit Lainnya Yang Selama Ini Belum Begitu Dikenal Masyarakat Yaitu Bukit Yotoro Yomanjo.

Dari Atas Bukit Yotoro Yomanjo Yang Berada Di Kampung Kwadeware, Distrik Waibu, Kita Dapat Menikmati Keindahan Alam Di Sekitar Danau Sentani Dan Gunung Cycloop.

6. Gunung Botak, Manokwari Selatan

Gunung Botak, Manokwari Selatan

Gunung Botak, Manokwari Selatan – oto ig @tassvirginia

Gunung Botak Manokwari Selatan Adalah Salah Satu Bukit di papua yang berada di tepi Pantai Yang Berada Di Kabupaten Manokari Selatan Provinsi Papua Barat.

Bukit Botak Di Manokwari Selatan Ini Tidak Benar-Benar Gundul Sesuai Namnya Karena Banyak Pepohonan Besar Dan Tetumbuhan Pendek, Semak Dan Rumput Liar Menyelimuti Punggung Gunung, Membuatnya Terlihat Seperti Gundukan Raksasa Berwarna Hijau Kekuningan.

Gunung Yang Seolah Terbentuk Dari Tanah Yang Tertumpah Di Dekat Laut Ini Berhadapan Langsung Dengan Lautan Pasifik. Dari Puncaknya Tersaji Pemandangan Hamparan Laut Dan Cakrawala Yang Indah

Perjalanan Menuju Gunung Botak Sendiri Harus Ditempuh Melalui Perjalanan Darat Sekitar Tujuh Sampai Delapan Jam Dari Manokwari Menuju Bintuni Ditemani Pemandangan Alam Indah, Melewati Perkampungan Penduduk Lokal Dan Transmigran Yang Jaraknya Berjauhan Di Distrik Momi Waren, Manokwari Selatan.

7. Bukit Bintang Raja Ampat

Telaga bukit Bintang Raja Ampat

Telaga bukit Bintang Raja Ampat

Bukit Bintang Di Raja Ampat Adalah Sebuah Bukit Cadas Dan Terjal Terbuat Dari Bebatuan Karang Ditengah Lautan Raja Ampat Provnsi Papua Barat.

Sepert Yang Kita Tahu Jika Raja Ampat Adalah Destinasi Wisata Yang Menjadi Ikon Papua Saat Ini. Untuk Mendatanginya Silakan Kunjungi Kawasan Wisata Kepulauan Piaynemo Dan Kawasan Kepulauan Wajag.

Di Sini Traveler Bisa Hacking Ke Puncak Bukit Untuk Melihat Pemandangan Laut Raja Ampat Dari Atas Ketinggian. Hasilnya Sungguh Eksotis Bahkan Layak Dijadikan Latar Foto Selfie Untuk Di-Share Ke Media Sosial Seperti FB Dan Instagram.

Sesuai Namanya Bukit Bintang, Dari Atas Bukit Ini Kita Bisa Melihat Telaga Yang Berbentuk Bintang Lima Disetiap Cekukan Penjuru Dan Dikelilingi Oleh Tebing-Tebing Karang Yang Indah.

8. Bukit Sumpula

Bukit Sumpula

Bukit Sumpula – foto ig @wulanulla

Salah satu bukit unik Indonesia ada di Provinsi Papua tepatnya di Distrik Kurulu, Kabupaten Jayawijaya, Papua yang bernama Bukit Sumpula. Salah satu keunikannya adalah terdapat hamparan pasir putih di atas bukit layaknya pasir di pantai.

Jalur tercepat untuk ke Bukit Sumpula adalah melalui jalur Bandara Wamena yang hanya berjarak 10-20 km saja. Jika melalui jalur ini jarak tempuh perjalanan hanya 45 menit saja dengan kendaraan darat.

9. Bukit Arfak

Bukit Arfak

Bukit Arfak//Travel Kompas

Daftar nama bukit di Papua selanjutnya adalah Bukit Arfak yang juga dianggap hits dan bakal viral di tahun ini. Di sini banyak sekali aktivitas wisata yang bisa dilakukan yang salah satunya ialah mempelajari berbagai macam spesies kupu-kupu langka yang ada di Papua.

Tak hanya itu, pengunjung yang datang ke Bukit Arfak bertujuan untuk menikmati pemandangan Danau Anggi Gida dari atas ketinggian yang terkesan ikonik dan elegan. Maka dari itu, jika sedang ke Bukit Arfak jangan lupa untuk membawa kamera yang bagus.

Bukit Arfak berada di gugusan pegunungan Arfak yang beralamat di Distrik Anggi Kabupaten Pegunungan Arfak Papua Barat. Untuk mendatanginya kalian bisa menaiki pesawat perintis atau mengendarai mobil penggerak roda empat.

10. Bukit Kollang Moko

Bukit Kollang Moko

Bukit Kollang Moko – oto suarapapua.com

Bukit Kollang Moko merupakan dataran tinggi indah yang baru ditemukan di Benua Hitam Papua. Dari sini pengunjung bisa menikmati matahari senja yang terbenam di balik gunung cyloop sembari bercengkrama bersama seluruh keluarga.

Tak hanya itu, pemandangan danau Sentani juga menambah keindahan bukit sedangkan agak ke selatan terlihat kota Sentani yang tertata dengan rapi berpagar hutan yang asri. Pesona inilah yang membuat kalian betah jika sudah pelesir ke Bukit Kollang Moko.

11. Bukit Mc Arthur

Bukit Mc Arthur

Bukit Mc Arthur//Tribun Travel

Bukit Mc Arthur adalah bukit sejarah di Papua terkait kisah perang pasifik yang melibatkan negara Amerika dan Jepang. Kabarnya bukit menjadi basis tentara Amerika yang dipimpin Jenderal Douglass Mc Arthur yang namanya diabadikan menjadi nama bukit tersebut.

Bukit Mc Arthur berada di Gunung Ifar yang masih masuk ke dalam kawasan Kota Sentani Papua. Maka dari itu, jika kalian berhasil mencapai puncaknya akan terlihat Danau Sentani dari kejauhan lengkap dengan gugusan pulaunya yang tersebar hingga ke tengah danau.

12. Bukit Aitumieri, Teluk Wondama

Bukit Aitumieri

Bukit Aitumieri – foto wondama.com

Bukit Aitumieri atau biasa disebut bukit peradaban Adalah Salah Satu Bukit Bersejarah Di Papua Yang Terletak Di Kabupaten Teluk Wondama Provinsi Papua Barat. Bukit Aitumieri Berada Di Wilayah Distrik Wasior.

Para Pelaku Sejarah Memberinya Nama Bukit Aitumieri Yakni Sebuah Tempat Yang Diyakini Menjadi Saksi Sejarah Awal Peradaban Orang Papua.

15. Bukit Yomokho

Bukit Yomokho

Bukit Yomokho//Sport Tempo Co

Daftar nama bukit di Papua terakhir adalah Bukit Yomokho yang terletak di Kampung Asei Distrik Sentai Timur Kabupaten Jayapura Papua. Di sini, banyak sabana yang tumbuh dengan asri sehingga jika musim hujan terlihat seperti permadani hijau yang terhampar luas.

Di Bukit Yomokho masyarakat setempat banyak yang menanam palawija seperti sagu, singkong dan ubi jalar karena kontur tanahnya subur serta cocok untuk bercocok tanam. Selain itu, di bukit juga ditemukan banyak destinasi wisata seperti sungai, hutan dan danau.

Itulah beberapa daftar nama bukit di Papua yang hits dan memiliki pemandangan yang sangat indah. Sebuah list tempat wisata yang layak dikunjungi oleh traveler ketika masa liburan bersama seluruh keluarga.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of