Pengertian P2P Lending dan Cara Memulainya untuk Pemula

Pengertian P2P Lending dan Cara Memulainya untuk Pemula

Photo : freepik.com

Tidak bisa dipungkiri jika dari tahun ke tahun harga-harga terus mengalami kenaikan. Kondisi ini memaksamu untuk terus bekerja keras agar mendapatkan banyak penghasilan. Namun, penghasilan yang didapatkan harus ada yang disisihkan untuk investasi agar mendapatkan keuntungan.

Ada banyak jenis investasi yang bisa memberikan banyak passive income, salah satunya yaitu melalui P2P lending. P2P lending adalah salah satu jenis investasi yang sedang naik daun sehingga memiliki banyak peminatnya. Apa itu P2P lending dan bagaimana cara memulainya?

Apa Itu P2P Lending?

Peer to Peer (P2P) Lending adalah suatu metode memberikan pinjaman uang kepada seorang individu ataupun bisnis melalui platform online yang menghubungkan antara peminjam dengan investor. Investor atau pendana adalah orang yang memberikan pinjaman dana tersebut.

Investor yang memberikan pinjaman dana nantinya akan mendapatkan keuntungan yang berasal dari bunga pinjaman yang diajukan oleh peminjam. Sementara peminjam adalah pihak yang mengajukan pinjaman untuk keperluan individu ataupun keperluan bisnis.

Dalam hal ini berarti P2P lending akan menghubungkan antara pendana atau investor dengan peminjam secara online. Keberadaan P2P lending memungkinkan setiap orang bisa memberikan atau mengajukan pinjaman untuk berbagai tujuan. Namun, setiap prosesnya tidak menggunakan jasa dari lembaga perbankan.

Bisa dibilang P2P lending ini sangat mirip dengan konsep marketplace online. Dimana marketplace online adalah wadah yang mempertemukan pembeli dengan penjual. Sementara dalam P2P lending mempertemukan pihak peminjam dengan pihak yang memberikan pinjaman dana.

Cara Memulai Investasi P2P Lending

Cara memulai investasi P2P lending sangat mudah, terutama jika kamu berinvestasi di Amartha. Sebelum menjadi investor, hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan melakukan pendaftaran di aplikasi Amartha. Data yang dibutuhkan dalam tahap ini adalah NPWP, KTP dan juga nomor rekening bank. Butuh 2×24 jam untuk proses verifikasi data.

Setelah berhasil menjadi investor atau pendana di Amartha, selanjutnya kamu bisa melakukan pemilihan mitra yang akan didanai. Sebelum menentukan pilihan, terlebih dahulu cek portofolio usaha para mitra tersebut.

Setelah itu, kamu sudah bisa memberikan pinjaman dana. Kamu bisa menanamkan modal mulai dari Rp 100.000. Modal yang akan ditanamkan bisa dibayarkan dengan cara transfer melalui rekening VA yang tertera pada aplikasi.

Keunggulan P2P Lending

Setelah mengetahui lebih dalam pengertian dari P2P lending, selanjutnya kamu harus tahu keunggulan jenis investasi ini. Berikut ini beberapa keunggulan P2P lending yang harus diketahui:

1. Bagi Pendana (Leader)

Keuntungan Peer to Peer lending tidak hanya akan dirasakan oleh peminjam, tetapi juga pendana. Perlu diketahui jika jenis investasi ini merupakan alternatif yang tepat untuk mendapatkan passive income. Imbal hasil yang akan didapatkan cukup menjanjikan dibandingkan dengan jenis investasi lainnya, seperti deposito.

Kamu sebagai pendana berpotensi untuk mendapatkan imbal hasil sampai 15% flat per tahun. Imbal hasil tersebut bisa kamu dapatkan jika mendapatkan pendanaan di perusahaan fintech Amartha.

2. Bagi Peminjam Dana (Borrower)

Perlu diketahui jika P2P lending adalah pilihan yang tepat untuk mendapatkan pinjaman dana dengan cepat dan juga mudah. Bisa dibilang P2P lending menjadi alternatif yang tepat ketika meminjam dana di lembaga keuangan konvensional dirasa prosesnya cukup kompleks dan sulit. Meminjam dana di P2P lending biasanya juga tanpa adanya jaminan.

Apabila kamu meminjam dana di Amartha, fintech tersebut memiliki sistem tanggung renteng. Dimana peminjam dana bisa melakukan pinjaman secara berkelompok dan akan menanggungnya secara bersama-sama. Jadi, apabila  ada salah satu anggota kelompok yang tidak bisa melakukan pembayaran pinjaman, maka  anggota kelompok lainnya wajib melakukan patungan atau tanggung renteng.

Nah itulah informasi tentang pengertian P2P lending dan cara untuk memulainya. Buat kamu yang tertarik untuk menjadi investor atau pendana di Amartha, semoga informasi diatas bisa membantu. Kamu bisa mendapatkan imbal hasil sebesar 15% flat per tahun apabila berinvestasi Amartha.

You may also like...

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of