KATA OMED

6 Danau Unik dan Cantik di Indonesia

Published · Updated

Danau adalah salah satu lokasi wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Berasal dari tampungan air hujan beratus tahun lalu, danau punya kisah unik dan kecantikan yang berbeda dengan wahana air lainnya.

Danau di Indonesia sendiri ada sangat banyak. Tiap danau menjadi bagian dari masyarakat sekitar sehingga punya keistimewaannya masing-masing.

Apa saja danau yang menarik untuk dikunjungi? Simak 6 danau paling indah di Indonesia versi kataomed.

1. Danau Sentani

danau sentani jayapura

danau sentani jayapura – foto ig @ricky_jalanjalan

Danau ini terletak di Timur Indonesia. Keunikan yang hanya dimiliki danau ini adalah adanya pulau-pulau kecil yang berada di sekitar tengah danau.

Kurang lebih terdapat 22 pulau yang berada di tengah danau. Danau ini berada di dekat 24 desa. Desa-desa ini pun punya keunikan masing-masing.

Jika berkunjung ke Danau Sentani maka harus juga menikmati keindahan budaya dan kesenian yang ada di desa sekitar. Keindahan alam, sudah tidak perlu diragukan lagi. Suasana sejuk dan cantik bisa terasa saat berkunjung ke sini.

2. Danau Toba

danau toba sumatera utara

danau toba sumatera utara – foto ig @hol_shn

Siapa sih yang tidak tahu tentang danau ini?

Danau yang terkenal dengan cerita tentang Samosir dan ikan ini memang menjadi salah satu danau yang sangat indah.

Danau ini sangat luas sehingga tak bosan untuk menikmati pemandangannya. Tentu saja tak tertinggal satu pulau di tengah danau yaitu Pulau Samosir.

Danau Toba dan Samosir seringkali menjadi pilihan untuk rekreasi. Keunikan dan keindahan alamnya menjadi daya tarik untuk dikunjungi.

3. Danau Segara Anak

danau segara anak rinjani

danau segara anak rinjani – foto ig @canro.simarmata

Danau ini terletak di lokasi yang cukup dikenal yaitu Gunung Rinjani. Bagi para pendaki, lokasi ini tentu tidak asing. Gunung Rinjani sering menjadi pilihan untuk mendaki.

Namun, yang tak kalah menarik adalah ada danau di puncak gunung ini. Danau ini menyajikan pemandangan yang luar biasa indah.

Perpaduan antara gunung, danau, dan tebing-tebing sekitarnya sungguh luar biasa. Satu lagi keunikan Danau Segara Anak adalah airnya yang berwarna kebiruan.

4. Danau Ranu Kumbolo

danau Ranu Kumbolo

danau Ranu Kumbolo – foto ig @mohammadharuntrianto

Danau Ranu Kumbolo juga termasuk salah satu danau terkenal. Danau ini terkenal sebagai bagian dari Gunung Semeru.

Gunung Semeru sendiri adalah gunung yang sudah sangat terkenal dan sering dijadikan destinasi bagi penggemar mendaki gunung.

Dulu, ada satu film yang membuat tempat ini jadi lebih populer. Saat mendaki, para pendaki pasti perlu lokasi untuk beristirahat.

Nah, lokasi Danau Ranu Kumbolo ini sering dijadikan untuk beristirahat. Banyak pendaki yang membangun tenda di sini. Ada lahan yang cukup luas dan menyajikan pemandangan yang langsung menghadap danau. Wah, sangat seru!

5. Danau Kelimutu

danau kelimutu ende

danau kelimutu ende – foto ig @hianusaeka

Asal mula nama Kelimutu adalah dari Bahasa daerah yaitu Keli yang berarti gunung dan Mutu yang artinya mendidih.

Danau ini adalah danau unik dilihat dari warna airnya. Warna air bisa berubah-ubah pada jam-jam tertentu mengikuti kondisi alam sekitarnya.

Tidak hanya satu, tapi ada tiga danau. Ketiganya memiliki keunikan yang serupa. Warna airnya bisa berubah-ubah menjadi biru dan kemerahan.

Bagi masyarakat setempat hal ini erat kaitannya dengan hal mistis. Termasuk juga adanya penjaga di sekitar gunung yaitu segerombolan monyet.

Keindahan alam sekitar gunung dan danau sudah pasti tidak diragukan lagi. Namun yang harus diperhatikan adalah curamnya lereng disekitar danau. Harus berhati-hati ya agar tidak celaka!

6. Danau Weekuri

danau weekuri sumba

danau weekuri sumba

Danau Weekuri merupakan sebuah danau yang terletak di Sumba, Nusa Tenggara Timur.

Danau ini bisa dibilang merupakan salah satu surga kecil di Sumba. Danau unik ini sangat menarik karena airnya merupakan air asin.

Hal ini karena danau ini berbatasan langsung dengan laut. Nama Weekuri sendiri memiliki arti percikan. Danau ini memang terbentuk dari percikan air laut yang menembus karang sehingga membuat danau tersendiri.

Kadar garam dalam air cukup tinggi sehingga jika berenang bisa mengambang lebih lama. Warna airnya pun memiliki gradasi kebiruan yang cantik.

Selain itu ada perbedaan kedalaman air, saat pasang dalamnya danau bisa mencapai 5 meter. Namun jika surut kedalaman mencapai 2,5 meter.

**

Itulah beberapa danau asal Indonesia yang punya keunikan dan kecantikan alam yang tak boleh dilewatkan. Dari semua danau yang telah disebutkan, mana nih danau yang paling menarik untuk dikunjungi?

Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of