Mau Backpacker Ke Pulau Kei, Catat Biaya, Penginapan, Kendaraan & Caranya

Sebagai Destinasi Unggulan Di Maluku Yang Sudah Terkenal Dikalangan Wisatawan, Kawasan Wisata Kepulauan Kei Menyimpan Banyak Sekali Potensi Wisata Yang Ekslusif Untuk Dikunjungi.

Kepulauan Kei Sendiri Adalah Gugusan Pulau Di Kawasan Tenggara Kepulauan Maluku Yang Kini Masuk Dalam Wilayah Provinsi Maluku, Indonesia.

kota langgur kabupaten maluku tenggara

kota langgur kabupaten maluku tenggara

Kei Dibagi Kedalam 2 Wilayah Pulau Berbeda Yakni Pulau Kei Kecil Dan Pulau Kei Besar. Untuk Pusat Perekonomian Dan Pusat Kotanya Ada Di Pulau Kei Kecil Begitupun Dengan Wisatanya Semuanya Terpusat Di Pulau Kei Kei.

Di Pulau Kepulauan Kei Ini Ada 2 Wilayah Administratif Yakni Kota Tual Dan Kabupaten Maluku Tenggara Yang Beribu Kota Di Langgur.

kota langgur kei

kota langgur kei

Kota Tual Dan Kota Langgur Jarakanya Dekat Bersebalahan Hanya Dipisahkan Oleh Sebuah Jembatan Dari Sebuah Teluk Saja.

Kota Tual Memiliki Jumlah Penduduk Sekitar 88.633 Jiwa Dengan Luas Wilayah Kota Tual Yang Hanya 19.088,29 Km². Sedangkan Kabupaten Maluku Tengara Berpenduduk 128.002 Jiwa Dengan Luas Wilayah Mencapai 1.031,81 Km2.

backpackeran ke pulau kei

backpackeran ke pulau kei

Akses Yang Sangat Susah & Biaya Yang Cukup Besar Khususnya Bagi Wisatawan Yang Datang Dari Luar Maluku Menuju Pulau Kei Menjadi Salah Satu Penyebab Kawasan Wisata Kei Menjadi Begitu Spesial & Menjadi Target Utama Tujuan Wisata Jauh.

Sebagai Gambaran Singkat Perjalanan Saya Hingga 3 kali Ke Kei, Berikut Ini saya mau berbagi tips mengenai Biaya, Penginapan, Kendaraan & Caranya ke Kei:

Cara Menuju Pulau Kei

Ada 2 Cara Menuju Pulau Kei Yakni Via Pesawat Terbang Yang Harga Tiket Komersil Dari Kota Ambon Bisa Mencapai 800 Hingga 1 Jutaan Yang Jadwalnya Sendiri Setiap Hari.

Kalian Juga Bisa Naik Pesawat Perintis Yang Sudah Di Subsidi Pemerintah Yang Harganya 300-400 San Namun Jadwalnya 3x Seminggu Dengan Kapasitas Penumpang Hanya 10-12 Orang Saja.

backpackeran ke pulau kei naik kapal fery

backpackeran ke pulau kei naik kapal fery

Cara Kedua Adalah Menggunakan Kapal Laut Yang Waktu Tempuhnya Cukup Lama Bisa 2 Harian Dari Kota Ambon. Ada Kapal Fery Bahtera Nusantara Yang Jadwalnya 3x Seminggu.

Lalu Ada Kapal Pelni Yang Jadwalnya 2 Kali Seminggu. Harga Tiket Kedua Kapal Ini Juga Cukup Murah Yakni Dari 100-200 Ribuan.

Tenang Fasilitas Diatas Kapalnya Juga Cukup Lengkap. Namun Jadwal Kapal Ini Juga Tidak Pasti Kalian Harus Sering Mengeceknya Disitu Pelni.Co.Id.

Oh Ya Perlu Diingat Nama Bandara Di Pulau Kei Itu Bandar Udara Karel Sadsuitubun.  Bandara Bandar Udara Terletak Cukup Jauh Hampir 30menitan – 1 Jam Dari Pusat Kota Tual/Langgur Kei .

Bandar Udara Karel Sadsuitubun Merupakan Pengganti Bandara Dumatubun Yang Saat Ini Dialihfungsikan Hanya Untuk Keperluan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara.

Tempat Wisata Di Kei

pantai ngurbloat pulau kei

pantai ngurbloat pulau kei

Ada Banyak Tempat Wisata Di Kei Yang Bisa Kalian Kunjungi Mulai Dari Pantai, Goa, Pulau, Bukit, Tempat Ibadah Hingga Kolam Pemandian.

Jika Kalian Suka Pantai Piihanya Pantai Ngurbloat Yang Jadi Primadona Di Kei Dengan Pasir Super Halusnya. Lalu Ada Pantai Yang Juga Tak Kalah Indahnya Yakni :

  • Pantai  Ngursarnadan,
  • Pantai Madwaer,
  • Pantai Danar Lumefar,
  • Pantai Ohoi Dertawun
  • Pantai Panjang Langgur
  • Pantai Difur
  • Pantai Ohoililir
  • Pantai Ngurvat Namsir Ohoi Wab
  • Pantai Nirun Elaar Ngursoin
  • Pantai Hoat Tamngil
  • Pantai Ngilngof

Jika Suka Ziarah Bagi Umat Nasrani, Kalian Bisa Mendatangi Bukit Masbait Yakni Bukit Tertinggi Kei Yang Juga Dijadikan Sebagai Tempat Ziarah Umat Katolik

Menyelam Di Gua Hawang Menjadi Salah Satu Primadona Wisata Di Kei Dimana Di Goa Ini Kalian Menemukan Kecantikan Lain Dari Mata Air Evu Yang Jernih Dan Menyegarkan.

wisata goa hawang di kei

wisata goa hawang di kei

goa hawang pulai kei

goa hawang pulai kei

Kalian Juga Bisa Melihat Menyusuri Jejak-Jejak Masa Prasejarah Megalitikum Di Gua Luvat, Sisi Lain Dari Pulau Kei Yang Banyak Menyimpan Tempat Indah.

Jika Ingin Melihat Habitat Burung Pelikan Lebih Dekat Kalian Bisa Datang Ke Pulau Pasir Timbul Ngurtavur Yang Super Terkenal Sebagai Wisata Di Kei.

pantai ngurtavur pulau kei

pantai ngurtavur pulau kei

pasir timbul ngurtavur

pasir timbul ngurtavur

Kalian Juga Bisa Ikut Menikmati Keindahan Bawah Laut Dengan Snorkeling Di Laguna Pulau Bair Dan Melihat Cantiknya Ikan Berwarna-Warni Plus Terumbu Karang Yang Masih Alamai Disekitarnya.

Dan Jika Ingin Hanya Sekedar Berendam Dan Berenang Santai Didaratan, Kalian Bisa Mencoba Kesegaran Mata Air Nen Masil Evu Yang Mudah Dijangkau Dari Pusat Kota Tual Kei.

Transportasi Di Pulau Kei

Untuk Transportasi Dikota Tual Kei Atau Langgur Kei, Kalian Bisa Menggunakan Rental Motor Atau Mobil Atau Angkutan Umum Yang Melayani Keliling Kota Tual Dan Langgur.

angkutan kota di kei

angkutan kota di kei

Ada Angkutan Umum Semacam Angkot Namun Ritme Perjalananya Gak Setiap Menit Jadi Kadang Kalian Harus Meunggu Lama Terlebih Dahulu Baru Ada Angkot Yang Lewat.

Saran Saya Kalian Harus Sewa Motor Atau Mobil Menjadi Alternatif Terbaik Eksploe Wisata Di Kei Dan Keliling Pulau Kei.

Sewa Mobil Di Kei Bisa Menghubungi Nomor Bang Katon : +62 812-4704-1101

Namun Untuk Motor Saya Belum Punya Kontaknya Tapi Biasanya Dari Pihak Hotel Menyewakan Motor Atau Kendaraan Mereka Bagi Tamunya.

Meski Kota Tual Dan Langgur Kecil Namun Perjalanan Menuju Beberapa Tempat Wisata Disekitar Pulau Kei Cukup Jauh. Rental Mobil Dengan Supir Standarnya 600-700ribuan. Untuk Sewa Motor Sekitar 100-150an.

Sebagai Kepulauan Wisata Yang Banyak Memilki Pulau-Pulau Indah, Kei Tentunya Juga Memilki Banyak Spot Wisata Yang Harus Menggunakan Kapal Nelayan Atau Kapal Sewaan.

sewa kapal ke pantai ngurtavur

sewa kapal ke pantai ngurtavur

Sebut Saja Jika Kalian Ingin Menuju Pulau Bair Atau Pasir Timbul Ngurtavur Maka Kalian Harus Sewa Kapal. Harganya Variasi Mulai Dari 600-1 Jutaan Tergantung Kapasitas Orangnya.

Untuk Nomor Kontak Sewa Kapal Ngurtavur Kalian Bisa Hubungi Nomor bang katon saja biar dibantu carikan kapal.

Penginapan Di Pulau Kei

wisata di pulau kei

wisata di pulau kei

Lalu Soal Penginapan, Kota Langgur Atau Kota Tual Cukup Banyak Dan Beragam Mulai Dari 200 Hingga Hotel Harga Jutaan.

Semuanya Siap Menampung Wisatawan. Saran Saya Menginap Di Resort Disepanjang Pantai Ngurbloat Tarifnya 350an/ Malam Untuk 2 Orang.

penginapan bernadeth salah satu penginapan di pantai ngurbloat kei

penginapan bernadeth salah satu penginapan di pantai ngurbloat kei

Jika Ingin Yang Murah Pilih Penginapan Dipusat Kota Dimana Tarifnya Beragam Mulai Harga 200 San Dan Juga Jutaan Tergantung Jenis Kamar Maupun Hotelnya Apa.

Kalian Tak Perlu Khawatir Soal Penginapan Disana Karena Semuanya Sudah Distandarisasi Untuk Wisatawan Dan Mampu Menampung Banyak Wisatawan.

Kalo Berguna, Silahkan Share

You may also like...

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of