Gereja Tua Immanuel, Gereja Tua Hila Ambon Yang Bersejarah

Gereja Tua Hila – Jadi ceritanya ini adalah gereja pertama yang saya masuki dengan waktu yang cukup lama dan bahkan disini juga saya banyak merenung hingga sempat memanjatkan doa.

Gereja ini adalah gerja Tua Hila atau yang biasa lebih dikenal dengan Gereja Tua Immanuel Ambon.

Gereja Tua Hila

Gereja Tua Hila

Lokasi Gereja Tua Hila

Gereja Tua Immanuel ini terletak di Desa Hila, Kecamatan Salahutu Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah, yang berjarak sekitar 42 km dari pusat kota Ambon.

Untuk Lebih Jelasnya Mengenai Lokasi Gereja Tua Hila Ini Silahkan Ikuti Rute Maps Dibawah Ini :

Sejarah Singkat Gereja Tua Hila

Gereja Tua Immanuel

Gereja Tua Immanuel – foto ig @erwinleonardo73

Gereja Tua Hila ini dibangun pada tahun 1659 dan merupakan bangunan gereja tertua di Provinsi Maluku.

Salah satu alasan saya suka dengan gereja tua ini adalah cerita dibaliknya. Gereja ini berada dilingkungan Muslim dan Dekat dengan Benteng Amsterdam yang juga sangat bersejarah.

Sejarah Singkat Gereja Tua Hila ini sempat mengalami kerusakan total akibat perang saudara yang terjadi di Provinsi Maluku pada tahun 1999.

Gereja ini akhirnya kembali dibangun setelah melalui kesepakatan bersama namun dengan beberapa syarat tertentu.

Gereja Tua Hila ini kembali dibangun dengan arsitektur dan bentuk yang sama seperti semula dan dijadikan sebagai warisan bersejarah. Bangunan yang sangat sederhana hanya terbuat dari dinding kayu dan tiga jendela di tiap sisi dindingnya.

Gereja Tua Hila Ambon

Gereja Tua Hila Ambon

Ada sebuah mimbar kecil untuk pendeta dan ada dua baris kursi kayu yang terlihat sudah tidak pernah digunakan lagi sebagai tempat ibadah mengingat warga Nasrani yang ada dikawasan ini sudah mengungsi.

Disini Saya hanya memajatkan doa agar konflik di negara tercinta ini tak sering terulang lagi, terlebih konflik antar saudara, agama, suku dan perbedaan yang sering kali menjadi sekam dalam diam.

You may also like...

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of