KATA OMED

Cara Menuju Candi Muara Takus Dan Harga Tiketnya

Published · Updated

Masih Jelas Diingatan Kita Saat Sekolah Dulu, Ada Pelajaran Sejarah Yang Membahas Sekilas Tentang Candi Muara Takus Ini.

Candi Muara Takus Adalah Situs Candi Tertua Di Sumatera dan Merupakan Satu-Satunya Situs Peninggalan Sejarah Yang Berbentuk Candi Di Provinsi Riau.

candi muara takus kampar riau

candi muara takus kampar riau

Candi Muara Takus Merupakan Salah Satu Bangunan Suci Agama Budha Yang Ada Di Riau. Ciri Yang Menunjukkan Bangunan Suci Tersebut Merupakan Bangunan Agama Budha Adalah Adanya Stupa Pada Bagian Atas Candi.

Candi Muara Takus Ini Juga Merupakan Bukti Bahwa Agama Buddha Pernah Berkembang Di Kawasan Ini Khususnya Diwilayah Sumatera Tengah.

Bentuk Bangunan Candi Muara Takus

candi muara takus kampar

candi muara takus kampar

Candi Muara Takus Memiliki Bentuk Dan Arsitektur Berbeda Dari Candi Lainnya Yang Ada Di Indonesia. Candi Yang Lainnya Berwarna Hitam Atau Abu-Abu Tua Dan Dibuat Dari Batu Andesit.

Sedangkan Candi Muara Takus Dibuat Dari Batu Sungai, Batu Pasir, Dan Batu Bata Merah. Serta Tanah Liat Yang Diambil Dari Sebuah Desa Benama Pongkai.

Bentuk Dari Candi Ini Mempunyai Kemiripan Seperti Stupa Budha Di Myanmar, Vietnam Dan Di India Pada Priode Asoka.

Situs Candi Muara Takus Dikelilingi Oleh Tembok Berukuran 74 X 74 Meter, Yang Terbuat Dari Batu Putih Dengan Tinggi Tembok ± 80 Cm.

candi muara takus di kampar riau

candi muara takus di kampar riau

wisata candi muara takud kampar

wisata candi muara takud kampar

Bangunan Utama Di Kompleks Candi Muara Takus Ini Adalah Sebuah Stupa Yang Besar, Berbentuk Menara Yang Sebagian Besar Terbuat Dari Batu Bata Dan Sebagian Kecil Batu Pasir Kuning.

Bagian Dalam Situs Candi Muara Takus Ini Terdapat Bangunan Candi Yang Disebut Dengan Candi Tua, Candi Bungsu, Stupa Mahligai Serta Palangka.

Selain Bangunan Tersebut Di Dalam Komplek Candi Ini Ditemukan Pula Gundukan Yang Diperkirakan Sebagai Tempat Pembakaran Tulang Manusia.

bangunan candi muara takus

bangunan candi muara takus

arsitektur candi muara takus

arsitektur candi muara takus

Sementara Di Luar Situs Ini Terdapat Pula Bangunan-Bangunan (Bekas) Yang Terbuat Dari Batu Bata, Yang Belum Dapat Dipastikan Jenis Bangunannya.

Sementara Dibagian Luar Arealnya Terdapat Pula Tembok Tanah Berukuran 1,5 X 1,5 Kilometer, Mengelilingi Kompleks Ini Sampal Ke Pinggir Sungai Kampar Kanan.

Lokasi Candi Muara Takus

kompleks percandian muara takus

kompleks percandian muara takus

Candi Muara Takus Merupakan Salah Satu Situs Candi Buddha Yang Terletak Di Desa Muara Takus, Kecamatan XIII Koto, Kabupaten Kampar, Riau, Indonesia.

Secara Maps, Lokasi Candi Muara Takus Ini Berada Disini :

Candi Muara Takus Ini Berjarak Kurang Lebih 135 Kilometer Dari Kota Pekanbaru. Atau Bisa Ditempuh Dari Pusat Kota Bangkinang Yang Menjadi Ibu Kota Dari Kabupaten Kampar Ini Hanya Berjarak 1 – 2 Jam Saja Menggunakan Motor Atau Mobil.

Cara Menuju Candi Muara Takus

candi muara takus

candi muara takus

Bagi Kalian Yang Mungkin Sudah Memiliki Kendaraan Sendiri Baik Menyewa Dipekanbaru Kalian Bisa Dengan Mudah Menemukan Kompleks Percandian Muara Takus Ini.

Namun Bagaima Jika Kalian Tidak Ada Kendaraan Dan Benar-Benar Bolang?

Sebenarnya Ada Cara Mudah Untuk Menuju Candi Muara Takus Ini Khususnya Bagi Kalian Para Backpacker Yang Tidak Membawa Kendaraan .

Dari Bandar Udara Pekanbaru Kalian Bisa Naik Bus Damri Tujuan Kota Bangkinang. Meski Kini Katanya Bus Damri Tersebut Sering Berhenti Beroperasi Namun Setidaknya Bisa Kalian Tanyakan Saat Tiba Dibandara.

damri menuju ke candi muara takus

damri menuju ke candi muara takus

Nah Setibanya Dikota Bangkinang Atau Pemberhentian Terakhir Bus Damri, Kalian Harus Melanjutkan Perjalanan Menggunakan Bus Damri Juga Dari Pool Damri Bangkinang Ke Kawasan Candi.

Saat Saya Menanyakan Jadwal Bus Damri Setiap Kapannya, Mereka Menjelaskan Jika Jadwal Damri Dari Kota Bangkinang Ke Candi Muara Takus Adalah 2x Dalam Sehari Yakni Setiap Pagi Pukul 8-9 Dan Siang Pukul 2-3.

kota bangkinang kampar

kota bangkinang kampar

Harga Tiket Damri Dari Bangkinang Ke Candi Juga Sangat Murah Yakni Hanya Dikenakan Tarif 10.000 / Orang Selama 1 Jam Perjalanan.

Jika Kalian Sudah Berada Dikota Pekanbaru Kalian Bisa Naik Travel Apapun Yang Mengarah Ke Arah Kota-Kota Di Sumatera Barat Seperti Tujuan Padang, Bukit Tinggi Atau Payakumbuh Dan Minta Diturunkan Dipersimpangan Kedalam Kawasan Candi Muara Takus.

Nah Dari Persimpangan Ini Masih Dibutuhkan Waktu Perjalanan Lagi Sekitar 30 Menitan Untuk Sampai Ke Area Komplek Candinya.

persimpangan menuju candi muara takus

persimpangan menuju candi muara takus

Satu-Satunya Angkutan Umum Yang Bisa Sampai Dicandi Adalah Damri Yang Melintas Dari Pusat Kota Bangkinang Jadi Kalian Tunggu Saja Sampai Damrinya Tiba.

Setibanya Di Kawasan Candi Muara Takus, Kalian Akan Memasuki Gerbang Utama Masuk Kedalam Candi. Oh Ya Disini Alias Dikawasan Candi Muara Takus Sudah Dilengkapi Dengan Berbagai Fasilitas Umum Bagi Kenyamanan Wisatawan.

gerbang masuk area candi muara takus

gerbang masuk area candi muara takus

fasilitas disekitar candi muara takus

fasilitas disekitar candi muara takus

candi takus di kampar

candi takus di kampar

Fasilitas Umum Yang Ada Dikawasan Candi Muara Takus Antara Lain Toilet Yang Bersih, Mushola, Kantin Atau Warung Makan Dan Minum Hingga Kawasan Area Parkir Yang Luas Yang Bisa Didatangi Bus Besar.

Misteri Candi Muara Takus

wisata candi muara takus

wisata candi muara takus

Sebenarnya selain candi Muara Takus, di pulau Sumatera masih ada candi lainnya yang jauh lebih besar yakni kompleks candi Muara Jambi di provinsi Jambi.

Candi Muara Takus memang tak seterkenal candi-candi di pulau Jawa seperti Borobudur atau candi Prambanan.

Namun Candi Muara Takus ini justru memilki cerita dan sejarah tersendiri yang hingga kini masih banyak hal yang belum terungkap.

Salah satunya adalah masa pembangunanya atau kapan candi ini didirikan. Ada yang mengatakan abad ke-4, ada yang mengatakan abad ke-7, abad ke-9 bahkan pada abad ke-11.

wisata ke candi muara takus

wisata ke candi muara takus

saya dan teman-teman dari pekanbaru saat kunjungan ke candi muara takus

saya dan teman-teman dari pekanbaru saat kunjungan ke candi muara takus

Namun candi ini dianggap telah ada pada zaman keemasan Sriwijaya, sehingga beberapa sejarahwan menganggap kawasan ini merupakan salah satu pusat pemerintahan dari kerajaan Sriwijaya.

Hemm Makin penasaran saja dimana lokasi pasti kerajaan Sriwijaya sebenarnya berada.

Harga Tiket Candi Muara Takus Dan Jam Operasionalnya

harga tiket masuk candi muara takus

harga tiket masuk candi muara takus

Meski Candi Muara Takus Ini Sudah Sangat Terkenal Dan Menjadi Wisata Unggulan Di Kampar Maupun Provinsi Riau Namun Tarif Masuk Atau Harga Tiket Candi Muara Takus Masih Sangat Murah Dan Terjangkau Bagi Semua Kalangan.

Berikut Ini Detailnya :

Tiket Masuk : 10.000
Parkir Motor : 3000
Parkir Mobil : 10.000
Jam Buka : Senin – Minggu
Jam : 07.00 – 17.00

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of