6 Tempat Wisata Di Sabang Yang Jarang Dikunjungi Tapi Indah

Tempat Wisata Sabang – Sebagai kota yang terletak di titik paling utara Indonesia, menjadikan Sabang cukup kaya akan potensi pariwisatanya.

Namun selain itu, objek wisata yang terdapat di Sabang, hampir seluruhnya memiliki panorama yang ciamik, walaupun beberapa diantaranya jarang dikunjungi wisatawan.

Keindahan yang terekspos dari semua destinasinya, kebanyakan adalah wisata alam, dan bahari.

Berikut adalah terdapat 6 tempat wisata di Sabang, yang sering membuat para pengunjungnya tersihir akan lukisan alamnya, sampai lupa pulang!

Baca Juga:

1. Pulau Rondo, Tempat Wisata di Sabang yang Tidak Berpenghuni

Pulau Rondo sabang

Pulau Rondo sabang – foto ig @dienssapari

Destinasi Pulau Rondo, merupakan tempat tidak berpenghuni. Sehingga, memang tidak termasuk mudah untuk mencapai lokasinya.

Berada di ujung barat Pulau Weh, Sabang, Pulau Rondo memiliki  tugu dengan tinggi delapan meter yang ikonik, sebagai penanda wilayah NKRI. Pulau ini juga dijaga secara bergantian oleh militer, karena lokasinya yang berada di wilayah perbatasan. 

Jika ingin melakukan wisata bahari, harus melakukan olahraga sejenak, dengan cara menuruni  ratusan anak tangga. Karena posisinya yang cukup tinggi. Dan jika ingin berkunjung ke pulau ini, pastinya harus dapat melewati terpaan ombak yang cukup menantang.

Namun, jika  berhasil sampai ke pulau, pasti akan tergantikan dengan panorama alam sekitarnya yang memanjakan mata. Selain itu, pulau ini juga termasuk asri, karena banyak sekali  Pohon Nangka dan Jambu Air yang tumbuh terhampar disana.

Alamat: Iboih, Kec. Sukakarya, Kota Sabang, Aceh.

2. Pemandian Air Panas Keuneukai

Pemandian Air Panas Keuneukai

Pemandian Air Panas Keuneukai – foto merdeka.com

Setelah lepas beraktivitas di pantai, mengapa tidak memanjakan diri di kolam Pemandian Air Panas Keuneukai.

Sumber air panasnya pemandian ini berasal dari Gunung Jaboi, yang merupakan Gunung Merapi di tengah Pulau Weh.

Sambil berendam di dalamnya, pengunjung juga dapat menikmati pesona sekitar kolam pemandian, yang berhadapan dengan birunya lautan.

Selain itu, suasana asri juga sangat terasa, karena lokasi tempat wisata yang dikelilingi oleh keteduhan pepohonan. 

Alamat: Keuneukai, Kec. Sukajaya, Kota Sabang, Aceh.

3. Danau Aneuk Laot

Danau Aneuk Laot

Danau Aneuk Laot – foto ig @azwar_ipank

Selain terkenal akan keindahannya, Pulau Weh juga memiliki Danau Aneuk Laot yang berukuran jumbo. Pasalnya, karena danau tersebut merupakan sumber air tawar bagi masyarakat setempat. 

Aktivitas di Danau Aneuk Laot, adalah berwisata bahari, sambil santai menikmati panorama lautan. Selain itu, keindahan lainnya juga terlihat dari sisi view Gunung Merapi yang eksotis.

Alamat: Aneuk Laot, Kec. Sukakarya, Kota Sabang, Aceh.

4. Pantai Anoi Itam

Pantai Anoi Itam

Pantai Anoi Itam – foto ig @andreymukti.lubis

Keunikan dari Pantai Anoi Itam adalah, pasirnya yang berwarna hitam khas. Bukan hanya unik, namun juga terlihat kontras, dengan lautnya yang berwarna biru, dan alamnya yang hijau.

Pantai ini juga dipenuhi oleh batu karang, walaupun ombaknya cukup deras.

Karena lokasinya yang tidak cocok sebagai wisata bahari, gantilah dengan bermalam, sambil menikmati suasana malam di tempat wisata ini. 

Alamat: Anoi Itam, Kec. Sukajaya, Kota Sabang, Aceh.

5. Pantai Gapang, Tempat Wisata di Sabang Yang Sepi dan Damai

Pantai Gapang Sabang

Pantai Gapang Sabang – foto ig @loveisthesaddestthing

Jangan tertipu dengan tampilan Pantai Gapang yang sederhana. Meskipun begitu, tempat ini dapat menawarkan panorama keindahan yang sensasional.

Lokasinya yang sepi, justru akan membawa kedamaian bagi para pengunjungnya. 

Pantai Gapang memiliki garis pantai terpanjang di wilayah Sabang, yang langsung terhubung dengan laut lepas. Saat sedang bersantai, sekaligus dapat menyaksikan kapal nelayan yang berlayar dari tepi pantai.

Alamat: Iboih , Kec. Sukakarya, Kota Sabang, Aceh.

6. Pantai Ujung Kareung

Pantai Ujung Kareung

Pantai Ujung Kareung – foto ig @emasputih90

Sebagai objek wisata yang Instagramable, sayangnya pantai ini belum terlalu banyak mendapatkan wisatawan. Sehingga, kecantikan alam serta kesegaran udara pantainya yang menenangkan, masih tersembunyi hingga saat ini.

Nuansa keindahan Pantai Ujung Kareung, nampak dari hamparan terumbu karang yang berserakan di sekitarnya. Sangat unik menjadi spot selfie yang keren, sambil menyelam dan bermain air di pantai.

Alamat: Ie Meulee, Kec. Suka Jaya, Kota Sabang, Aceh.

Baca Juga:

Nah, Sobat!  Demikianlah 6 tempat wisata di Sabang, yang sayang jika dilewatkan, sebagai destinasi liburan selanjutnya. Semoga juga, ulasan pendek ini dapat menjadi referensi berguna, bagi yang membutuhkannya.

Selamat berlibur!

 

You may also like...

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of