KATA OMED

10 Kabupaten Terbaru di Indonesia

Kabupaten terbaru di Indonesia terakhir kali diresmikan pada tahun 2013 silam pada masa pemerintahan SBY sebelum akhirnya dihentikan setelah banyaknya daerah-daerah baru yang dimekarkan dinilai kurang sesuai dan kurang berdampak bagi kehidupan masyarakat sekitarnya. Penghentian pemekaran ini terjadi pada era pemerintahan Jokowi yakni dari Tahun 2014 hingga sekarang memasuki tahun 2020.

Berikut ini saya mencatat ada sekitar 10 daerah atau 10 kabupaten baru yang berhasil dimekarkan dari daerah utamanya atau berhasil diresmikan pembentukanya di Indonesia (Lits Acak).

1.  Kabupaten Pegunungan Arfak – Papua Barat (2012)

Jalan Trans Papua di Pegunung Arfak

Jalan Trans Papua di Pegunung Arfak – @theo_prapanca

Kabupaten yang masih tergolong baru di Indonesia yang pertama adalah Kabupaten Pegunungan Arfak . Pegunungan Arfak adalah salah satu kabupaten di provinsi Papua Barat, Indonesia. Ibukota kabupaten ini terletak di Anggi. Kabupaten Pegunungan Arfak merupakan pemekaran dari Kabupaten Manokwari. Kabupaten ini resmi dimekarkan pada 25 Oktober 2012.

Batas-batas wilayah Kabupaten Pegunungan Arfak adalah sebagai berikut:

  • Utara Kabupaten Manokwari
  • Timur Kabupaten Manokwari dan Kabupaten Manokwari Selatan
  • Selatan Kabupaten Teluk Bintuni dan Kabupaten Manokwari Selatan
  • Barat Kabupaten Manokwari
Rumah Kaki Seribu, Rumah Adat Suku di Pegunungan Arfak

Rumah Kaki Seribu, Rumah Adat Suku di Pegunungan Arfak – @agus.yustiadi

Kabupaten Pegunungan Arfak memiliki tanah yang subur. Dari situlah ada tanaman kopi yang jadi andalan. Selain itu, kabupaten ini memiliki potensi Danau Anggi yang nerupakan salah satu objek wisata yang sedang dikemas. Di Papua Barat sendiri, pegunungan ini merupakan satu-satunya pegunungan yang jadi wilayah penadah hujan di sana.

Danau Anggi yang ada ini pun juga terbagi dua, yakni Danau Anggi Giji, dan Danau Anggi Gida. Danau yang pertama, disebut pula sebagai danau laki-laki, dan yang kedua, disebut sebagai danau perempuan. Dua danau yang indah ini, hanya dipisah oleh perbukitan belaka. Namun begitu, jalan-jalan di sini belum banyak yang sudah bagus, dan belum banyak jembatan.

2. Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir – Sumatera Selatan (2013)

Lokasi Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir Sumsel

Lokasi Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir Sumsel – foto wikipedia

Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir  atau biasa disingkat PALI adalah salah satu kabupaten baru di Indonesia yang diresmikan di provinsi Sumatra Selatan, Indonesia. Ibu kota Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir adalah Talang Ubi.

Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir merupakan DOB (daerah otonomi baru) hasil pemekaran dari Kabupaten Muara Enim yang disahkan tanggal 11 januari 2013 melalui UU no 7 tahun 2013

Batas-batas wilayah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir adalah sebagai berikut:

  • Utara Kabupaten Musi Banyuasin dan Kabupaten Banyuasin
  • Timur Kabupaten Muara Enim
  • Selatan Kabupaten Muara Enim dan Kota Prabumulih
  • Barat Kabupaten Musi Rawas
Salah satu tempat wisata di kabupaten Pali

Salah satu tempat wisata di kabupaten Pali – foto @pali_up

Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir secara geografis terletak pada 2°50′ – 3°30′ Lintang Selatan dan 103°30′ – 104°20′ Bujur Timur. Kabupaten ini berada di bagian tengah Provinsi Sumatra Selatan yang berjarak sekitar 160 Km ke arah baratdaya dari ibu kota Sumatra Selatan, Kota Palembang atau 67 Km dari Kota Prabumulih. Luas wilayahnya 1.840 Km2, atau 2,11 persen dari total luas Provinsi Sumatra Selatan.

3. Kabupaten Pesisir Barat – Lampung (2013)

Provinisi Lampung juga sempat memekarkan wilayahnya dan menambah 1 lagi kabupaten baru yakni Kabupaten Pesisir Barat. Kabupaten Pesisir Barat merupakan sebuah kabupaten termuda di Provinsi Lampung. Kabupaten Pesisir Barat merupakan hasil pemekaran Kabupaten Lampung Barat.

Peta Kabupaten Pesisir Barat

Peta Kabupaten Pesisir Barat – foto wikipedia.com

Kabupaten Pesisir Barat disahkan berdasarkan Undang-undang Nomor 22 Tahun 2012 tentang Pembentukan Kabupaten Pesisir Barat Provinsi Lampung pada tanggal 25 Oktober 2012 dan kemudian diresmikan pada tanggal 22 April 2013 dengan ibu kota Kabupaten Pesisir Barat adalah Krui.

Kondisi Iklim Kabupaten Pesisir Barat dipengaruhi oleh keadaan alamnya yangdilewati oleh jalur Pegunungan Bukit Barisan dan Keberadaan Samudera Hindia disebelah Barat. Sektor Pariwisata merupakan potensi andalan Kabupaten Pesisir Barat, setiap tahun ratusan bahkan ribuan turis datang ke krui, untuk berlibur, berselancar dan menikmati keindahan pantainya.

Kabupaten Pesisir barat lampung, tempat surfing di Indonesia

Kabupaten Pesisir barat lampung, tempat surfing di Indonesia – foto @surfing_sumatra

Selain pantai krui memiliki dua pulau eksotis yaitu pulau pisang dan pulau Betuah, yang alami dan keindahannya tidak kalah dengan pulau-pulau destinasi wisata di dunia, Hanya memang potensi itu belum tereksplorasi. Akses perhubungan dari dan menuju Krui, bisa dilakukan melalui darat, laut, dan Udara.

Di Krui terdapat Bandara Serai, Pelabuhan Kuala Stabas, dan Jalan nasional lintas Barat yang melewati seluruh wilayah krui yang berada digaris pantai sepanjang 200 Kilometer lebih. Potensi hasil bumi dan hutan, juga bagus dan memiliki nilai jual tinggi, seperti damar mata kucing yang merupakan getah damar kualitas terbaik didunia dan telah diakui internasional yang berasal dari krui.

Belum lagi hasil bumi lainnya seperti cengkih, kopi, lada, kakao. krui juga merupakan wilayah pertanian khususnya di Kecamatan Pesisir Selatan yang memiliki ribuan hektar sawah dengan sistem pengairan irigasi

4. Kabupaten Pangandaran -Jawa Barat (2012)

Peta Kabupaten Pangandaran

Peta Kabupaten Pangandaran – foto peta-hd.com

Kabupaten Pangandaran adalah kabupaten Baru yang berhasil di Resmikan oleh pemerintah Jawa Barat. Kabupaten Pangandaran adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat, Indonesia yang ibu kotanya adalah Parigi. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Ciamis dan Kota Banjar di utara, Kabupaten Cilacap di timur, Samudera Hindia di selatan, serta Kabupaten Tasikmalaya di barat.

Berikut merupakan batas wilayah Kabupaten Pangandaran:

  • Utara Kabupaten Ciamis
  • Timur Kabupaten Cilacap
  • Selatan Samudera Hindia
  • Barat Kabupaten Tasikmalaya

Kabupaten Pangandaran terdiri atas 10 kecamatan yang terdiri atas sejumlah desa dan kelurahan. Pusat pemerintahan di kecamatan Parigi. Kabupaten Pangandaran merupakan pemekaran dari Kabupaten Ciamis. Kabupaten ini resmi dimekarkan pada 25 Oktober 2012.

5. Kabupaten Mahakam Ulu – Kalimantan Timur (2012 )

Peta Kabupaten Mahakam Ulu

Peta Kabupaten Mahakam Ulu- foto wikipedia

Kabupaten Mahakam Ulu adalah salah satu kabupaten baru di provinsi Kalimantan Timur, Indonesia. Mahakam Ulu merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Kutai Barat yang disahkan dalam sidang paripurna DPR RI pada 14 Desember 2012 di gedung DPR RI tentang Rancangan UU Daerah Otonomi Baru (DOB). Penduduk kabupaten Mahakam Ulu di tahun 2019 berjumlah 30.321 jiwa.

Ibu kota dari Kabupaten Mahakam Ulu  adalah Kota Ujoh Bilang. Sebutan Mahakam Ulu sebagai sebuah konstruksi sosial yang sedang diperjuangkan, memiliki akar sejarah panjang. Muncul pertama kali dalam kaitan penataan wilayah administratif oleh Hindia Belanda terhadap Kesultanan Kutai, yaitu menyusul berlakunya Decentralisatie Wet 1903.

Ujong Bilah Kabupaten mahakam ulu

Ujoh Bilang Kabupaten mahakam ulu

Kemudian pada 1905 dalam Kesultanan Kutai dibentuk dua wilayah administratif yaitu Hulu Mahakam dengan pusat pemerintahan di Long Iram, dan daerah Vierkante Pall dengan pusat pemerintahan di Samarinda.

Pada tahun 1930, wilayah Kesultanan Kutai dipecah lagi menjadi 4 Onderafdeeling, yakni Zuid Kutai berkedudukan di Balikpapan, Oost Kutai berkedudukan di Samarinda, West Kutai berkedudukan di Tenggarong dan Boven Mahakam berkedudukan di Long Iram.

6. Kabupaten Banggai Laut – Sulawesi Tengah (2012)

Kabupaten Banggai Laut adalah salah satu kabupaten di provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia. Banggai Laut merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Banggai Kepulauan yang disahkan dalam sidang paripurna DPR RI pada 14 Desember 2012 di gedung DPR RI tentang Rancangan UU Daerah Otonomi Baru (DOB).

Ibu kota dari Kabupaten Banggai Laut adalah Banggai. Banggai sendiri merupakan sebuah kecamatan yang berlokasi di Kabupaten Banggai Laut, Sulawesi Tengah, Indonesia. Wilayah kecamatan ini meliputi seluruh Pulau Banggai (268 km²) serta sejumlah pulau kecil disekitarnya.

Kabupaten Banggai Laut dibagi menjadi 7 kecamatan, antara lain:

  • Banggai
  • Banggai Utara
  • Banggai Tengah
  • Banggai Selatan
  • Bangkurung
  • Bokan Kepulauan
  • Labobo

Luas wilayah Kabupaten Banggai Laut sendiri mencapai Luas 725,67 km². Meski Kabupaten Banggai Laut merupakan wilayah kepulauan namun tercatat ada sekitar 63.127 jiwa yang tinggal dan terdata di Kabupaten Banggai Laut. Masyarakat Kabupaten Banggai Laut 83% beragama Muslim, hal ini tak terlepas dari lokasinya yang dekat dengan kawasan Maluku Utara dan Sulawesi Tenggara.

7. Kabupaten Kolaka Timur – Sulawesi Tenggara (2013)

Satu lagi kabupaten baru yang ada di Indonesia adalah Kabupaten Kolaka Timur. Kabupaten Kolaka Timur adalah salah satu kabupaten di provinsi Sulawesi Tenggara, Indonesia. Ibukota kabupaten ini terletak di Tirawuta. Kolaka Timur merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Kolaka yang disahkan dalam sidang paripurna DPR RI pada 14 Desember 2012 .

Batas-batas wilayah Kabupaten Kolaka Timur adalah sebagai berikut:

  • Utara Kabupaten Kolaka Utara
  • Timur Kabupaten Konawe dan Kabupaten Konawe Selatan
  • Selatan Kabupaten Bombana
  • Barat Kabupaten Kolaka dan Kabupaten Kolaka Utara

Saat ini Kabupaten Kolaka Timur dibagi menjadi 13 kecamata. Tercatat hingga 2014 ada sekitar 130.860 jiwa yang tinggal di Kabupaten Kolaka Timur.  Sementara luas wilayah Kabupaten Kolaka Timur  adalah sekitar 3.654,74 km2. Mayoritas penduduk Kabupaten Kolaka Timur adalah Muslim yakni sebesar 91.5%.

8. Kabupaten Malaka – Nusa Tenggara Timur (2012)

Kabupaten Malaka adalah salah satu kabupaten baru yang ada di provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Ibu kotanya berada di Betun. Malaka merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Belu yang disahkan dalam sidang paripurna DPR RI pada 14 Desember 2012 di gedung DPR RI tentang Rancangan UU Daerah Otonomi Baru (DOB). Kabupaten ini berbatasan langsung dengan Negara Timor Leste.

Secara geografis, Kabupaten Malaka terletak pada 9°18’7.19″ – 9°47’26.68″ Lintang Selatan dan 124°38’32.17″ – 125°5’21.38″ Bujur Timur. Wilayahnya berbatasan langsung dengan Timor Leste. Kabupaten Malaka berjarak sekira 232 Km dari Kota Kupang ke arah barat.

Berikut ini Batas-batas wilayah Kabupaten Malaka adalah sebagai berikut:

  • Utara Kabupaten Belu
  • Timur Kabupaten Covalima (Timor Leste) dan Laut Timor
  • Selatan Laut Timor
  • Barat Kabupaten Timor Tengah Utara dan Kabupaten Timor Tengah Selatan

Banyak ragam upacara adat yang dilaksanakan oleh masyarakat Kabupaten Malaka yang sebagian besar berasal dari Suku Tetun. Salah satunya adalah Hamis Batar no Hatama Mamaik yang merupakan upacara adat sebagai tanda syukur dimulainya musim panen jagung.

Selain itu rumah serta perkampungan adat khas juga masih bisa dapat dijumpai, diantaranya perkampungan adat Tuaninu Taisuni, Wekumu dan rumah adat Loro Dirma di Kecamatan Malaka Timur, serta perkampungan adar Kamanasa di Kecamatan Malaka Tengah.

Pada tanggal 9 Januari 2018 Presiden Joko Widodo meresmikan proyek infrastruktur Bendungan Raknamo yang berada di Desa Raknamo, Kecamatan Amabi Oefeto, Kabupaten Kupang, serta dua Pos Lintas Batas Negara (PLBN), yaitu PLBN Wini di Kabupaten Timor Tengah Utara dan PLBN Motamasin di Kabupaten Malaka

9. Kabupaten Pulau Taliabu –  Maluku Utara (2012)

Kabupaten Pulau Taliabu adalah salah satu kabupaten di provinsi Maluku Utara, Indonesia. Pulau Taliabu merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Kepulauan Sula yang disahkan dalam sidang paripurna DPR RI pada 14 Desember 2012 di gedung DPR RI tentang Rancangan UU Daerah Otonomi Baru (DOB). Kabupaten ini berpenduduk 59.330 jiwa ditahun 2019.

Saat ini Kabupaten Pulau Taliabu dibagi menjadi 8 kecamatan, antara lain:

  • Taliabu Barat Ibukota Kecamatan Bobong
  • Taliabu Barat Laut Ibukota Kecamatan Nggele
  • Taliabu Timur Ibukota Kecamatan Samuya
  • Taliabu Timur Selatan Ibukota Kecamatan Losseng
  • Taliabu Selatan Ibukota Kecamatan Pancadu
  • Taliabu Utara Ibukota Kecamatan Gela
  • Lede Ibukota Kecamatan Lede
  • Tabona Ibukota Kecamatan Tabona

Ibu Kota Kabupaten Pulau Taliabu berada di Bobong. Secara geografis, luas wilayah Kabupaten Pulau Taliabu mencapai sekitar 15.078,05 km2.

10. Kabupaten Manokwari Selatan – Papua Barat (2012)

Nah satu lagi kabupaten terbaru di Indonesia yakni Kabupaten Manokwari Selatan. Kabupaten Manokwari Selatan adalah salah satu kabupaten di provinsi Papua Barat, Indonesia. Ibukota kabupaten ini terletak di Ransiki. Kabupaten Manokwari Selatan merupakan pemekaran dari Kabupaten Manokwari, yang secara resmi dimekarkan pada 17 November 2012, bersamaan dengan pemekaran Kabupaten Pegunungan Arfak.

Batas-batas wilayah Kabupaten Manokwari Selatan adalah sebagai berikut:

  • Utara Kabupaten Manokwari
  • Timur Kabupaten Teluk Wondama dan Teluk Cendrawasih
  • Selatan Kabupaten Teluk Bintuni dan Kabupaten Teluk Wondama
  • Barat Kabupaten Pegunungan Arfak dan Kabupaten Teluk Bintuni

Saat ini Jumlah Penduduk Manokwari Selatan pada tahun 2018 berjumlah 23.617 jiwa, laki-laki sebanyak 12.279 jiwa dan perempuan 11.338 jiwa. Secara geografis, Kabupaten Manokwari Selatan terletak pada 1°5′ – 2°5′ Lintang Selatan dan 133°45′ – 134°25′ Bujur Timur. Kabupaten ini berada di bagian timur Papua Barat yang berjarak sekitar 109 km dari kota Manokwari ke arah selatan. Luas wilayahnya 2.812,44 km² atau 2,82 persen dari total wilayah Papua Barat.

Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of