5 Rumah Adat di Kalimantan Yang Paling Terkenal

Rumah Adat Kalimantan – Kalimantan merupakan pulau yang sangat kaya dengan berbagai macam kebudayaannya. Dan salah satu dari kebudayaan tersebut, berbentuk rumah adat yang sangat khas dan unik.

Sisi lain dari keunikan rumah adat Kalimantan, terlihat dari bangunannya yang kokoh dan memanjang. Desain bangunan tersebut memang menyesuaikan dengan letak geografis, dan hutan alamnya yang masih asli.

Untuk dapat terlindung dari cuaca ekstrim dan hewan buas, semua bangunannya juga terbuat dari kayu kokoh berbentuk panggung.

Berikut ini adalah beberapa rumah adat Kalimantan, dengan rancangan bangunanya yang sangat indah, dan memiliki estetika.

Baca Juga:

1. Rumah Betang – Rumah Adat Kalimantan Tengah

Rumah Betang Olo Lio Muara Mea terletak di Gunung Purei, Kalimantan Tengah

Rumah Betang Olo Lio Muara Mea terletak di Gunung Purei, Kalimantan Tengah foto ig @primaep77soeloeng

Rumah Betang adalah salah satu dari rumah adat khas kalimantan, yang juga merupakan tempat tinggal Suku dayak. Lokasinya banyak tersebar di daerah hulu sungai, karena berdekatan dengan jalur transportasi suku asli tersebut.

Selain itu, Suku Dayak juga memanfaatkan sungai sebagai tempat untuk berdagang, dan melakukan aktivitas lainnya.

Keunikan dari Rumah Betang adalah bentuknya yang memanjang. Beberapa bangunan  bahkan dapat mencapai hingga  150 meter, dengan lebar 30 meter. Ketinggian panggungnya, berukuran setinggi 3-5 meter, agar terhindar dari banjir saat musim hujan.

Ukurannya yang cukup besar, dapat menampung beberapa keluarga sekaligus. Oleh sebab itu, tidak heran jika bentuk dalamnya memiliki banyak bilik bersekat.

2. Rumah Panjang – Rumah Adat Kalimantan Barat

Rumah Panjang dari Kalimantan Barat

Panjang – Rumah Adat Kalimantan Barat, Photo by Pariwisata Indonesia

Seperti umumnya rumah adat di Kalimantan, Rumah Panjang juga memiliki kapasitas besar, yang memiliki 50 ruangan. Setiap ruangan bahkan memiliki beberapa dapur, untuk dapat  menampung setiap keluarga.

Bangunan ini berdiri di atas tanah, hingga ketinggian 5-8 meter, seperti layaknya rumah panggung, Untuk dapat memasukinya, harus melewati anak tangga atau “tangka”, dalam bahasa daerahnya. R

Rumah adat ini juga memiliki lebar bangunan sekitar 6 meter, dan panjang yang hampir mencapai 186 meter.

3. Rumah Lamin – Rumah Adat Kalimantan Timur

rumah adat lamin

rumah adat lamin

Rumah Lamin juga merupakan rumah adat bagi Suku Dayak, yang berada di Kalimantan Timur. Bentuknya yang memanjang, dapat mencapai ukuran 200 meter, dan juga memiliki kolong seluas 3 meter.

Selain memiliki banyak ruangan bersekat, bagian teras rumah juga berfungsi sebagai ruang penerima tamu dan upacara adat. Sedangkan pada bagian belakangnya, merupakan kamar-kamar dengan ukuran yang luas.

Ciri khas dari bangunan ini adalah, memiliki tiang-tiang besar dengan ukiran khas Suku Dayak, yang berisi mantra untuk mengusir roh jahat. Lantai rumah ini terdiri dari deretan balok kayu yang tersusun rapi.

Uniknya lagi, pintu masuknya bukan dari depan, melainkan  dari bagian samping rumah, yang memiliki banyak pintu dan anak tangga.

4. Rumah Banjar, Rumah Bubungan Tinggi –  Rumah Adat Kalimantan Selatan

Rumah Bubungan Tinggi, rumah adat banjar

Rumah Bubungan Tinggi, rumah adat banjar – foto ig @deviretnoprihandiniofficiall__

Bentuk dari Rumah Banjar atau yang lebih dikenal Rumah Bubungan Tinggi ini memiliki langit-langit yang cukup tinggi, dengan atap berbentuk lancip, dan bersudut 45 derajat.

Selain itu, bangunannya telah berdiri sejak abad ke-16, atau   saat masih berada dalam kekuasaan pangeran samudra.

Pada awalnya, rumah adat ini memiliki konstruksi berbentuk segi empat  yang memanjang ke depan. Namun seiring dengan perkembangannya, bentuk tersebut kemudian mengalami penambahan luasan pada samping dan belakang bangunan.

5. Rumah Baloy – Rumah Adat Kalimantan Utara

Rumah Baloy dari Kalimantan Utara

Baloy – Rumah Adat Kalimantan Utara, Photo by Borneo 24

Rumah adat ini menggunakan Kayu Ulin pada struktur bangunannya. Sifat Kayu Ulin yang sangat keras, membuatnya menjadi pilihan utama masyarakat setempat, saat membangun rumah adat di Kalimantan.

Selain berbentuk panggung, rumah ini juga memiliki ciri khas berupa ukiran, dengan motif pesisir pantai. Rumah Suku Tidung ini juga tergolong unik, karena selalu menghadap utara, namun dengan pintu utama yang harus menghadap ke selatan.

Baca Juga:

Okay Guys, demikian ulasan kita kali ini, mengenai rumah adat khas Kalimantan yang paling terkenal. Semoga dapat menambah wawasan, dan berguna bagi kamu semua!.

You may also like...

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of