KATA OMED

Kisah Tragis Pembantaian 44 Orang Kaya Banda di Benteng Nasau

Perjalanan Saya Explore Banda Neira Masih Terus Berlanjut Kesalah Satu Benteng Yang Amat Bersejarah Bagi Masyarakat Banda Neira Yakni Benteng Nasau.

Benteng Nasau ini berbeda dengan benteng begica yang lokasinya tak jauh dari benteng nasau. Benteng Nasau Sendiri Adalah Benteng Pertama Yang Didirikan Di Kawasan Banda Neira.

Baca juga :

gerbang benteng nasau

gerbang benteng nasau

Karena Kesalahan Pembangunan Yang Lokasinya Terlalu Dekat Dengan Pemukiman Warga Dan Berlokasi Didataran Rendah Akhirnya Benteng Ini Sempat Dihentikan Pembangunanya.

Benteng Nasau Ini Menurut Saya Sangat Indah Karena Cukup Luas Dan Bangunanya Masih Terlihat Jelas Mengelilingi Area Sekitarnya Dengan Pemandangan Langsung Ke Gunung Api Banda.

bagian dalam benteng nasau

bagian dalam benteng nasau

Meski Hanya Tersisa Benteng Yang Mengelilingi Kawasan Dan Tidak Ada Lagi Artefak Atau Benda Bersejarah Yang Bisa Dilihat Dari Benteng Nasau Namunaura Magis Dan Mistis Masih Kental Terasa Terutama Saat Memasuki Kawasan Benteng.

Sejarah Singkat Benteng Nasau

Benteng Nasau

Benteng Nasau

Benteng Nassau Awalnya Dibangun Oleh Portugis Pada Pada Tahun 1529 Di Pesisir Pantai Pulau Neira.

Pembangunan Benteng Dilanjutkan Pada Masa Penjajahan Belanda Setelah Portugis Kalah Dan Terusir Di Bawah Pimpinan Laksamana Pieterzoon Verhoeven Di Tahun 1608.

Benteng Nasau banda neira

Benteng Nasau banda neira

Pembangunan Benteng Pun Mendapatkan Perlawan Dari Rakyat Banda. Rakyat Merasa Terancam Dengan Gelagat Belanda Yang Ingin Memonopoli Perdagangan Pala.

Para Tokoh Masyarakat Yang Digelari Orang Kaya Banda (Kaya Ilmu, Berpendidikan Dan Berani) Mengatur Siasat Untuk Menggagalkan Rencana Pembangunan Benteng Nasau Ini.

Pembantaian 44 Orang Kaya Banda

pembantaian orang kaya banda di benteng nasau

pembantaian orang kaya banda di benteng nasau

Sebuah Sejarah Mencatat Jika Ada Pembantaian 44 Orang Kaya Banda Di Benteng Nasau Yang Bersejarah Ini.

Hal Ini Terjadi Saat Rakyat Banda Berupaya Menghentikan Pembangunan Benteng Nassau Dan Juga Melakukan Pemberontakan Terhadap Tentara Belanda.

Masyarakat Yang Digelari Orang Kaya Banda dengan artian orang banda yang Kaya Ilmu, Berpendidikan Dan Berani akhirnya berani melakukan perlawanan kepada belanda.

Para Orang Kaya Mengundang Belanda Untuk Melakukan Perundingan Dan Mereka Dijebak Hingga Nasib Naas Menimpa Verhoeven Dan 40 Anak Buahnya Tewas Di Tangan Penduduk Banda.

arsitektur benteng nasau

arsitektur benteng nasau

Pembantaian In Disaksikan Langsung Oleh Juru Tulis Verhoeven, Jan Pieterzoon Coen. Akhirnya Dia Berhasil Kabur Ke Batavia Dan Kembali Keeropa Hingga Bertahun-Tahun Lamanya Sampai Akhirnya Dia Berhasil Menjadi Gubernur Baru Di Kawasan Banda Neira.

Karena Dia Masih Menyimpan Dendam, Akhirnya Dia Kembali Ke Banda Neira Dengan Membawa Pasukan Armada Yang Lebih Banyak Dan Kembali Melanjutkan Pembangunan Benteng Nassau.

Setelah Benteng Berdiri, Pada 8 Mei 1612 Dia Kembali Menangkap 44 Orang Kaya Banda. Lalu Dia Memerintahkan 6 Algojo Untuk Membantai Dengan Sadis Disaksikan Tahanan & Masyarakat Lainnya.

Baca juga :

sumur bersejarah lokasi pembantaian orang banda

sumur bersejarah lokasi pembantaian orang banda

Mereka Diikat Dan Dihukum Sesuai Dengan Kejahatan Yang Mereka Pernah Lakukan Kepada Kelompok Verhoeven Dan 40 Anak Buahnya Dulu.

Bahkan Pembunuhan Sadis Itu Membuat Beberapa Tahanan Dipotong Menjadi 4 Bagian Dan Sebagian Lainnya Dipenggal Di Kepala. Kemudian Kepala Dan Potongan Tubuh 44 Orang Tersebut Dibuang Ke Dalam Sumur.

Nah Untuk Mengenang Para Tokoh Banda Yang Dibantai Dengan Sadis Tersebut Maka Dibangunlah Sebuah Monumen Yang Tertulis Nama-Nama Tokoh Yang Dibantai Oleh Belanda.

Kejam Sekali..

Harga Tiket Masuk Benteng Nasau

gerbang masuk benteng nasau

gerbang masuk benteng nasau

Untuk Kalian Yang Tertarik Masuk Dan Mengunjungi Benteng Nasau Ini, Kalian Tak Perlu Membayar Tiket Masuk Apapun Karena Semuanya Gratis Dan Bisa Dikunjungi Siapa Saja.

Benteng Nasau Juga Gerbangnya Selalu Terbuka Jadi Kapanpun Masuk Pagi Siang Sore Dan Malam Kalo Berani Kita Bisa Mengunjunginya.

Apalagi Lokasi Benteng Nasau Ini Berada Ditengah Pemukiman Warga Dan Tepi Jalan Utama Hingga Membuatnya Mudah Dikunjungi Oleh Wisatawan.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of