Uniknya Tuti Adagai, Air Panas yang menyembur Keatas

Jika kalian berkunjung ke Pulau Alor, jangan lupa untuk mampir ke kawasan Alor Timur Laut. Disana, kalian akan bertemu dengan sebuah tempat wisata yang cukup unik bernama Tuti Adagai. Dari namanya saja pasti kita sudah berfikir keras. Sekilas namanya mirip dengan nama orang ya.

Welcome di Alor

Awal Terbentuknya Tuti Adagai

Tuti Adagai merupakan sumber mata air panas yang bisa menyeburkan airnya keudara. Atau dalam bahasa ilmiahnya disebut Geitser dimana air dari bawah tanah akan menyembur ke atas seperti air mancur.

Air Panas Tuti Adagai di Alor

Keunikan lainnya tidak hanya sebatas air panasnya saja tetapi juga dari bentuknya yang menurut saya sangat unik. Pernah melihat sarang semut tanah ? Nah kurang lebih seperti itulah.

Baca JugaMencoba Pakaian Adat Alor di Desa Takpala

Gundukan yang berada diantara air panas ini bukanlah sarang semut dari tanah melainkan sebuah tumpukan batu yang disusun menumpuk keatas oleh warga dan para pengunjung yang datang. Satu persatu batu ditumpuk keatas mengikuti arah air dan lama kelamaan batu tersebut mengeras.

Air Panas yang menyebur keatas di Alor

Karna bebatuan yang menumpuk sering terkena air dan uap panas maka lama kelamaan akan membentuk seperti sebuah lem atau cristal. Itulah yang menyatukan tumpukan bebatuan tadi sehingga terbentuk seperti sarang semut.

Cara menuju Air Panas Tuti Adagai

Objek wisata Tuti Adagai terletak di kecamatan Alor Timur Laut, Kabupaten Alor. Untuk menuju tempat ini dibutuhkan waktu sekitar 1 jam lebih perjalanan darat dengan motor atau mobil dari pusat kota Kalabahi.

Kawasan wisata Air Panas Tuti Adagai

Dengan Jarak tempuh sekitar 50 km kita akan melewati pesisir Timur pulau Alor hingga bertemu sebuah desa tempat dimana Air Panas Tuti Adagai berada. Dari jalan raya hingga menuju lokasi dibutuhkan sekitar 15 menitan. Tapi ingat jalan disana cukup sulit karna berbatu krikil dan campuran tanah yang terkadang cukup licin.

Baca JugaMelihat Sunset Terbaik di Kupang, Ini Tempatnya

Yang bisa dilakukan di Air Panas Tuti Adagai adalah merebus Telur dalam waktu 4 menit saja
Sumber air panas di Tuti Adagai ini berasal dari bawah tanah sebab tidak ada gunung aktif

Jangan lupa, Bawa makanan dan minuman ya karna dilokasi tidak ada penjual makanan. Satu lagi, bawa telur untuk direbus. Hanya perlu 5 menitan saja untuk membuat telur rebusmu matang. Cepat bukan.!

One Reply to “Uniknya Tuti Adagai, Air Panas yang menyembur Keatas”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *