KATA OMED

Harga Tiket Wisata Kali Talang klaten

Wisata Kali Talang – Jika kamu hanya ingin menyaksikan keindahan kawah gunung merapi, tidak perlu susah payah untuk mendakinya.

Cukup hanya dengan berkunjung ke objek wisata Kali Talang Balerante di klaten, suasananya sudah menyerupai kawah gunung tersebut.

Umumnya, banyak pengunjung yang lebih menyukai datang di waktu Sunrise, maupun saat cuaca sedang cerah. Maksudnya agar dapat melihat latar Gunung Merapi dengan lebih jelas, daripada biasanya.

Kawasannya sendiri, berlokasi sekitar 4 km dari puncak Merapi.

Kali Talang, Klaten

Kali Talang, Klaten – foto ig @citrayuand

Sebutan Kali Talang diberikan, karena sungai yang berhulu di puncak Merapi tersebut, bentuknya menyerupai talang atau saluran air. Selain itu, juga ada bebatuan yang bentuknya seperti talang sepanjang 100 meter, di sungai tersebut.

Kali Talang mulai beroperasi secara resmi, pada September 2016, dan dikelola oleh penduduk desa, yang bekerja sama dengan Taman Nasional Gunung Merapi.

Baca Juga:

Aktivitas Wisata Kali Talang

Panorama Kali Talang

Panorama Kali Talang – Photo by Pinterest

Lokasi wisata ini terletak pada ketinggian 1.160 meter di atas permukaan laut. Oleh karena itu, puncak dari kawah pegunungan merapi, dapat terlihat sangat jelas dari ketinggian. Apalagi  jika melihatnya dari teropong, maupun kamera jarak jauh.

Bagi kamu yang menyukai aktivitas berselfie ria, wisata Kali Talang memiliki spot foto unik yang Instagramable. Contohnya seperti jembatan gantung kayu, dengan background kawah gunung merapi yang sensasional!

Spot unik lainnya yang terdapat disana, diantaranya adalah ayunan, tangga kayu, kursi-kursi di sekitar taman, serta gubug-gubug yang menyerupai  rumah.

Selain itu, kamu juga dapat melakukan berbagai aktivitas lainnya, seperti berkemah, atau hanya sekedar  menikmati kopi dari atas puncak. Namun saat ini, aktivitas berkemah hanya dapat dilakukan setiap weekend saja.

Kemah di Kali Talang

Kemah di Kali Talang – Photo by Asedino

Tidak hanya itu, kawasan Kali Talang pernah menjadi lokasi olahraga downhill. Selain menjadi kawasan wisata, tempat ini juga menjadi lokasi untuk mencari rumput pakan ternak, bagi penduduk Balerante.

Oleh karena itu, tidak heran jika sering terlihat banyak warga, yang membawa tumpukan rumput di  kawasan tersebut untuk ternak mereka.

Harga Tiket Masuk Wisata Kali Talang

Harga tiket untuk masuk ke Kali Talang tidaklah mahal, yaitu Rp. 5.000 rupiah saja per orangnya. Jika ingin berkemah, tarif tambahannya adalah Rp 10.000 per orang.

Sedangkan tarif parkirnya adalah Rp. 2.000 untuk kendaraan roda dua, dan Rp. 5.000 untuk kendaraan roda empat.

Jam Operasional

Waktu untuk jam operasional Kali Talang, adalah dari jam 07:00 – 17:00 WIB, dan buka setiap hari, baik weekdays maupun weekend.

Namun untuk lebih pastinya, sebaiknya tetap menghubungi pihak pengelola taman wisata. Pasalnya, waktu dapat berubah sewaktu-waktu.

Lokasi Wisata Kali Talang

Gardu Pandang Kali Talang

Gardu pandang Kali Talang – Photo by @bodemwijanarko

Alamat Taman wisata Kali Talang adalah:

Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Jarak Wisata Kali Talang dari Kota Yogyakarta, yaitu sekitar 35 km. Apabila ditempuh dengan menggunakan motor, akan  memakan waktu sekitar 1 jam 20 menit.

Sedangkan dari Kota Klaten, jaraknya sekitar 27 km. Apabila ditempuh dengan menggunakan motor, akan memakan waktu sekitar 40 menitan.

Rute Menuju Wisata Kali Talang

rute menuju Kali Talang,

rute menuju Kali Talang, – foto ig @anggarawepe

Untuk dapat menuju ke objek wisata ini, dapat mengikuti arahan dari rute yang akan dijelaskan berikut ini.

Jika perjalanan dimulai dari arah timur, rute termudah adalah melalui Kecamatan Manisrenggo. Dari sana, teruskan perjalanan ke arah barat melalui Jalan Raya Manisrenggo, hingga sampai

di perempatan perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Kemudian belok kanan, atau menuju ke arah utara dari perempatan tersebut. Lurus terus, hingga sepanjang 10,5 kilometer, dan kemudian belok kanan memasuki jalan kampung yang lebih sempit.

Dari sana cukup ikuti saja penunjuk arah, hingga tiba di  lokasi Kali Talang.

Baca Juga:

Nah, Sobat!. Demikianlah ulasan tentang Wisata Kali Talang, beserta keterangan harga tiketnya.

Semoga dapat bermanfaat, dan menjadi referensi tujuan wisata kamu selanjutnya.

Selamat berlibur!

 

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of