KATA OMED

Lokasi dan Rute ke Air Terjun 1000 Aceh Tamiang

Air Terjun 1000 Aceh Tamiang – Aceh merupakan salah satu kota yang wajib dikunjungi oleh para pencinta travelling. Salah satu destinasi wisata yang menarik yaitu Air Terjun 1000  atau Air Terjun Tangga 1000.

Mendengar namanya yang unik ini pasti akan menimbulkan tanda tanya?

Padahal, nama tempat wisata ini disebut air terjun 1000 tangga karena jumlah tingkatan-tingkatan airnya yang mengalir dari atas gunung berjumlah ribuan.

Wah, sudah pasti bisa terbayangkan betapa indahnya kawasan air terjun yang terbilang populer dan unik dan di Aceh ini.

Lokasi Air terjun seribu Aceh Tamiang

Air Terjun 1000, Kampung Selamat, Tenggulun

Air Terjun 1000, Kampung Selamat, Tenggulun_- Foto IG @@sheilaviona_

Lokasi tempat wisata Air Terjun 1000 ini berada di Kampung Selamat, Kecamatan Tenggulun, Kabupaten Aceh Tamiang.

Objek wisata ini berjarak tempuh 60 KM dan dapat ditempuh menggunakan kendaraan roda dua dari Ibukota Kabupaten Aceh Tamiang.

Lokasi Air Terjun 1000 bisa dicek melalui google maps dibawah ini ;

Rute Menuju ke Air Terjun Tangga 1000 Aceh Tamiang

Air terjun tangga seribu

Rute wisata air terjun tangga 1000 Tamiang-sumber: tamiangtraveller.com

Untuk bisa mencapai ke lokawisata air terjun tangga 1000 ini rute yang dilalui memang cukup berliku karena fasilitas infrastruktur yang konon kurang memadai.

Apabila pengunjung ingin bisa langsung menuju ke lokasi air terjun tangga 1000 tanpa berjalan kaki, harus menggunakan fasilitas motor trail.

Hanya saja, kalian harus berhati-hati apabila kondisi cuaca gerimis atau hujan deras datang. Sebab, air sungai akan cepat naik ke permukaan dan sepeda motor kalian tidak bisa keluar dari tempat wisata ini.

Selain menggunakan motor trail, kalian juga bisa menggunakan fasilitas kendaraan motor biasa. Waktu yang ditempuh kurang lebih 1 jam perjalanan melalui pintu wisata air terjun Kuari. Ini sudah termasuk perjalanan keluar-masuk melewati pintu wisata air terjun tersebut.

baca juga :

Air terjun tangga seribu aceh tamiang

Air terjun tangga seribu aceh tamiang – foto ig @mry.05

Namun, untuk rute selanjutnya yang harus dilalui medannya cukup berat dan melelahkan. Disamping itu, perjalanan hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki kurang lebih setengah jam hingga menyusuri sungai agar bisa sampai di tempat wisata air terjun tangga 1000 yang indah ini.

Saat kalian sudah sampai di spot air terjun ini rasa lelah di perjalanan akan hilang begitu saja. Di tempat wisata air terjun ini kalian bisa puas bermain air yang jernih masih alami.

Lalu, kalian juga akan disuguhi dengan pemandangan hutan lebat dan suasana alam yang masih asri, membuat relaks dan tentunya menyejukkan mata.

Jumlah tingkatan air terjun ini memang banyak hingga mencapai 1000 buah. Terus, kalian pun juga bisa menaiki setiap tanjakannya juga loh hingga sampai ke puncak, kalau tidak lelah.

Jalan yang akan kalian lalui menuju ke tanjakan memang naik turun, tetapi tidak begitu licin karena bebatuannya yang agak kasar. Yang terpenting tetap berhati-hati saat melewati bebatuan tersebut agar tidak terpeleset dan jatuh.

Yang tak kalah seru di lokawisata air terjun tangga 1000 ini adalah di setiap air terjunnya ada kolam kecil, sehingga kalian bisa berenang sepuas hati. Pokoknya kalian bisa sepuas hati main air hingga lupa waktu.

Memang bisa dibilang, tempat wisata air terjun tangga 1000 ini masih alami dan mungkin belum dikelola dengan infrastruktur yang baik oleh pemerintah setempat.

Air Terjun 1000, Kampung Selamat Tenggulun

Air Terjun 1000, Kampung Selamat Tenggulun foto ig @novamiranda20

Oleh karena itu jika kalian ingin berwisata alam menikmati eksotisme air terjun 1000 yang ada di kota Aceh. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  1. Di tempat wisata air terjun tangga 1000 ini tidak ada penjaga parkir atau area tempat parkir yang aman. Oleh karena itu, kalian harus berhati-hati dan jangan lengah terhadapat kendaraan bermotor yang dibawa. Kalau perlu, bawa juga kunci ganda atau kunci cadangan.
  2. Sebab tempat wisata air terjunnya masih alami sekali, jika kalian berkunjung jangan lupa membawa bekal makanan dan juga minuman yang cukup. Pasalnya, di sana kalian tidak akan menemukan pedagang yang menjual makanan atau pun minuman. Pasti tidak mau kan kelaparan di tengah hutan.
  3. Apabila kondisi cuaca berubah, misalnya mendung datang dan kemudian turun hujan gerimis. Bergegaslah turun dari lokasi air terjun tangga 1000 ini. Sebab, ditakutkan air sungai akan naik ke permukaan dan bisa membahayakan pengunjung.
  4. Jika ingin bisa menjangkau seluruh area lokasi wisata air terjun tangga 1000 yang menakjubkan ini. Kalian harus datang lebih awal atau pagi hari agar bisa menuju ke puncak 1000 area terjun.

 

Rerensi : tamiangtraveller.com, kanalaceh.com

Nama wisata : Air Terjun 1000 Aceh Tamiang

Lokasi : kabupaten Aceh Tamiang, provinsi Aceh

Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of