KATA OMED

PLBN Aruk, Perbatasan Indonesia dan Malaysia yang Bikin Bangga

Published · Updated

PLBN Aruk – Ini Adalah Hari Ke 30 Saya Meninggalkan Jakarta Dan Di Tahun 2020 Ini Tepat 1 Bulan Saya Kembali Eksplore Indonesia Atau Keliling Negara Tercinta.

Hampir 20 Hari Saya Masih Berada Di Provinsi Paling Barat Kalimantan. Rasanya Enggan Meninggalkan Provinsi Yang Memilki Banyak Cerita Dan Banyak Keberagaman Budayanya.

Salah Satu Tempat Yang Ingin Saya Kunjungi Adalah Kawasan Aruk Yang Merupakan Kawasan Perbatasan Indonesia Dengan Malaysia.

Baca juga : inilah Daftar Perbatasan Indonesia PLBN Dengan Negara Lainnya

selamat datang di PLBN Aruk

selamat datang di PLBN Aruk

PLBN Aruk, Di Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat Yang Berbatasan Dengan Malaysia Ini Menjadi Perbatasan Kesekian Yang Saya Kunjungi Karena Saya Sendiri Hampir Lupa Sudah Banyak Sekali Perbatasan Yang Saya Datangi Di Indonesia.

Sama Halnya Dengan  Perbatasan Lain Yang Saya Kunjungi, Perbatasan Aruk Ini Menjadi Gerbang Utama Yang Bisa Dilintasi Kendaraan Baik Roda Dua Maupun Roda Empat Bagi Kedua Warga Negara.

Tak Heran Jika Kawasan Perbatasan Ini Sudah Sangat Ramai Apalagi Setelah Diperbaiki Dan Direnovasi Membuat Perbatasan Ini Semakin Terlihat Menjadi Sebuah Kawasan Ekonomi Baru Yang Hidup.

PLBN Aruk

PLBN Aruk

Seperti Yang Kita Tahu Jika Di Provinsi Kalimantan Barat Ini Ada 4 Perbatasan Langsung Dengan Negara Malaysia Seperti Badau Di Kapus Hulu, Entikong Di Sanggau, Jagoi Di Bengkayang Dan Terkahir Perbatasan Aruk Di Sambas.

Saya Merasa Sangat Bangga Saat Berada Diperbatasan Aruk Ini. Memang Perbatasan Aruk Baru Saja Dibangun Diperbaiki Dan Diresmikan Oleh Presiden Kita tahun 2017 Lalu.

Tapi Yang Membuat Kita Berbangga Hati Adalah Kemegahan, Kemodernan, Kelengkapan Fasilitas Hingga Akses Dan Jalan Yang Mudah Dan Mulus Untuk Dilalui Menjadi Nilai Plus Buat Perbatasan Ini.

PLBN Aruk di sambas

PLBN Aruk di sambas

Oh Ya Perbatasan Aruk Ini Memisahkan Kawasan Kabupaten Sambas Di Kalimantan Barat Indonesia Dengan Serawak Di Malaysia.

Kini Semakin Banyaknya Aktifitas Diperlintasan Ini, Kota Aruk Terus Semakin Ramai Dan Semakin Tumbuh Perekonomian Barunya.

Kini Dikawasan Ini  Mulai Banyak Toko Baru, Pasar Baru, Penginapan Baru, Perumahan Baru Dan Kantor2 Lainnya Mulai Dibuka Dikawasan Ini.

kawasan PLBN Aruk

kawasan PLBN Aruk

Cara Menuju Perbatasan Aruk

Untuk Bisa Sampai Ke Perbatasan Aruk Bisa Ditempuh Dari Kota Pontianak Dan Kota2 Lainnya Di Kalimantan Barat Seperti Dari Kota Singkawang Atau Kota Terdekatnya Yakni Kota Sambas Baik Dengan Bus Atau Kendaraan Pribadi.

Namun Terlebih Dahulu Kita Harus Menuju Kota Sambas Sebagai Kota Utama Sebelum Kita Menuju Perbatasan Aruk Ini.

Jika Datang Dari Pontianak Kalian Bisa Naik Damri Yang Beroperasi Setia Hari Dengan Rute Sambas. Tapi Dari Pontianak Cukup Jauh Yakni 10 Jam Lebih.

Jika Kalian Bingung, Datang Saja Keloket Damri Yang Ada Dikota Pontianak Dan Tanyakan Langsung Jadwalnya.

Pos lintas Batas Negara Aruk

Pos lintas Batas Negara Aruk

Begitupun Jika Kalian Datang Dari Singkawang, Kalian Bisa Naik Bus Atau Kendaraan Menuju Sambas Langsung Dengan Damri Atau Kendaraan Lainya.

Dari Kota Sambas Kita Bisa Melanjutkan Perjalanan Yang Hanya 2 Jam Saja Menggunakan Kendaraan Damri Atau Kendaraan Travel Dari Terminal Sambas Atau Dijalan Keluar Kota Sambas Dengan Tujuan Aruk.

Kendaraan Tersebut Akan Bisa Langsung Membawa Kalian Menuju Area Perbatasan Aruk Langsung Dan Semua Bus Atau Kendaraanya Berhenti Terakhir Di Plbn Aruk Ini.

gerbang PLBN Aruk

gerbang PLBN Aruk

Setibanya Dikawasan Perbatasan Aruk Ini Kalian Bisa Berfoto-Foto Atau Melihat Keadaan Sekitarnya. Fasilitas Umum Disini Sangat Lengkap Sudah Seperti Kota Sendiri Jadi Kalian Tak Perlu Takut.

Nah Jika Ingin Menyebrang Ke Wilayah Malaysia Kalian Harus Menujukan Pasor Kalian Yang Masih Berlaku Dengan Maksimal 6 Bulan Sebelum Masa Kadaluarsa Atau Masa Berakhirnya.

Tapi Jika Hanya Ingin Sekedar Main Ke Area Perbatasan Dan Didalam Wilayah Perbatasan Kalian Tak Perlu Paspor Kok Hanya Menitipkan Ktp Kalian Saja Kepada Petugas Yang Berjaga.

Baca juga : indahnya dan megahnya Perbatasan Badau yang ada di kapuas hulu ini

gerbang kawasan PLBN Aruk

gerbang kawasan PLBN Aruk

Ada Hal Yang Menarik Yang Saya Dapatkan Disini Seperti Salah Satunya Informasi Baru Yakni Jika Warga Negara Malaysia Dari Negri Sebrang Seperti Kuala Lumpur, Penang, Johor Dan Lainnya Ingin Ke Serawak, Mereka Tetap Harus Menggunakan Passpor Loh.

Yah Meski Mereka Masih Dalam Satu Negara Sekalipun Tetapi Tetap Harus Menujukan Paspor Seperti Turis Lainnya. Saya Sendiri Tidak Tahu Alasanya Mengapa.

Jika Saya Lihat Peratasan Aruk Ini Banyak Dilintasi Oleh Masyarakat Indonesia Yang Ingin Ke Malaysia Melalui Jalur Darat Khsusnya Wilayah Sambas. Sementara Warga Malaysia Yang Masuk Keindnesia Terlihat Tidak Terlalu Banyak.

kawasan Pos batas negara di negara malaysia

kawasan Pos batas negara di negara malaysia

PLBN Aruk Ini Menjadi Buktikan Visi Yang Dipromosikan Oleh Presiden Joko Widodo Tentang Nawacita Membangun Di Perbatasan  Dan Garda Terdepan Bangsa Semakin Nyata.

Tercatat Ada Sekitar 17 Perbatasan Darat Dimana Diantaranya Baru 10 Diantaranya Sudah Selesai Direnovasi Dan Diperbaiki.

Pos Lintas Bangsa Negara Indonesia Tercatat Paling Banyak Berada Di Wilayah Kalimantan Yakni Perbatasan Antara Indonesia Dengan Malaysia Khsusnya Diwilayah Kalimantan Barat Dan Kalimantan Utara.

Next Saya Ingin Mengunjungi Perbatasan Baru Yang Ada Diwilayah Kalimantan Lainnya Yakni Di Kabupaten Malinau Kalimantan Utara.

Perbatasan Diwilayah Ini Masih Menjadi Perbatasan Indonesia Dengan Wilayah Sabah Malaysia.

 

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of