KATA OMED

Lokasi Tugu Khatulistiwa Kinali Pasaman Barat

Apabila kalian berkunjung ke daerah Pasaman Barat di tempat ini terdapat sebuah Tugu Khatulistiwa atau Tugu Ekuator.

Namanya adalah Tugu Khatulistiwa atau Tugu Ekuator Kinali yang merupakan sebuah objek wisata geografi berupa monument.

Dimana berdirinya Tugu ini sebagai penanda garis lintasan Khatulistiwa yang terletak dibilangan Kinali Pasaman Barat.

Lokasi Tugu Khatulistiwa Kinali Pasaman Barat

Lokasi Tugu Khatulistiwa Kinali Pasaman Barat – foto g maps Bung Pramono

Lokasinya sendiri berada di daerah Jorong Padang Rajo, Nagari Kinali dan lebih tepatnya kurang lebih 161 KM dari kota Padang.

Kemudian, lokasi Tugu Khatulistiwa Kinali ini juga berada dekat dengan Kantor Wali Nagari Koto Baru, Mountain View Water Zone dan Pabrik Kelapa Sawit PTPN VI.

Daya Tarik Tugu Khatulistiwa Kinali

Tugu Khatulistiwa Kanali ini juga merupakan salah satu dari tiga monument penanda lintasan jalur Khatulistiwa di Provinsi Sumatera Barat dan diresmikan pada tanggal 5 April tahun 2018 silam.

Dua monument Tugu lainnya yang berada di Provinsi Sumatera Barat ini selain Tugu Kanali yaitu Tugu Khatulistiwa Koto Alam terletak di Kabupaten Lima Puluh Kota dan juga Tugu Khatulistiwa Bonjol di Kabupaten Pasaman.

Memang tidak bisa dipungkiri negara kita ini banyak dilewati oleh garis lintasan Khatulistiwa sehingga, sebagai penanda maka dibangunlah Tugu atau monument Khatulistiwa ini.

1. Lokasinya yang Strategis

Tugu Khatulistiwa Kinali Pasaman Barat

Tugu Khatulistiwa Kinali Pasaman Barat, Foto: samohrita

Letak Tugu Khatulistiwa atau Tugu Ekuator ini berada di kawasan pinggir jalan lalu lintas, tepatnya di sebelah kanan dari arah kota Padang.

Namun sungguh sayang, di lokasi Tugu Khatulistiwa Kanali ini tidak diberi penanda apapun seperti papan nama atau sejenisnya.

Akibatnya, Tugu Ekuator Kinali ini seolah terabaikan dan tidak menjadi perhatian dari masyarakat yang melewati jalan lintas Padang-Pasaman Barat.

Padahal Tugu Khatulistiwa ini juga bisa menjadi objek wisata bersejarah yang potensial.

Seperti yang terjadi dan dirasakan oleh seorang Pengacara bernama Jonaidi berusia 54 tahun yang terlewat saat hendak melintasi Tugu Khatulistiwa Kinali ini karena tidak adanya papan nama apapun di pinggir jalan.

2. Kondisi Tugu Khatulistiwa Kinali Kurang Terawat

Tugu Khatulistiwa Kinali Pasaman Barat

Tugu Khatulistiwa Kanali Kurang Terawat, Foto: Pillarbangsanews.com

Seperti yang dicetuskan oleh Jonaidi tadi, bahwa keadaan Tugu Khatulistiwa Kinali ini agak memprihatinkan dan kurang terawat.

Dimana di lokasi Tugu ini terlihat banyak sekali sampah yang berserakan, rumput yang sudah tinggi menjulang dan tidak dipotong.

Kemudian, gambar bola dunia yang menjadi ikon dari Tugu Khatulistiwa Kinali ini juga sudah berlumut dan perlu dibersihkan serta dicat ulang kembali.

Meskipun, kondisi terakhir Tugu Khatulistiwa Kinali ini sudah mulai mengalami perbaikan.

Menurut Jonaidi (54 tahun) yang berprofesi sebagai Pengacara ini, seharusnya areal Tugu Khatulistiwa Kinali dapat ditata ulang dan ditanami dengan berbagai jenis bunga agar lebih menarik pengunjung.

Selain itu, mungkin juga dapat dilengkapi dengan pojok kuliner dan juga souvenir atau buah tangan yang bisa dijadikan oleh-oleh saat pengunjung datang ke objek wisata Tugu Khatulistiwa ini.

Lama setelah berkeliling ke Tugu Ekuator Kinali, Jonaidi juga menilai ada banyak lahan yang bisa dimaksimalkan dan potensial juga untuk menarik banyak wisatawan baik lokal maupun dari luar daerah.

Seperti misalnya dibuat beberapa spot  menarik contohnya “jembatan khatulistiwa” untuk spot foto sekaligus momentum melintasi garis khatulistiwa.

Bagi yang melewati jembatan ini diberikan sertifikat sebagai kenang-kenangan.

Tugu Khatulistiwa Kinali Pasaman Barat

Tugu Khatulistiwa Kinali Pasaman Barat – foto g maps m eko kurniawan

Pasalnya, di era sekarang ini banyak tempat wisata yang menyajikan spot-spot foto menarik untuk menarik perhatian para wisatawan dari mana saja.

Dengan banyaknya fasilitas dan juga spot foto yang menarik, maka para pengunjung akan tak segan untuk berlama-lama di sebuah tempat wisata.

Apabila, Tugu Ekuator Kinali ini dapat dikelola dengan baik dan juga maksimal, maka dapat menjadi objek wisata yang menghasilkan untuk pendapatan daerah .

Lokasi Menuju Tugu Khatulistiwa Kinali

Tugu Khatulistiwa Kanali ini berada di Jalan Raya Simpang Empat, Desa Kinali, Kecamatan Kinali, Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat.

Lebih tepatnya, lokasi Tugu Khatulistiwa Kinali ini ada di tepi jalan raya Simpang Empat yang menghubungkan kota Padang, Lubuk Basung dengan Simpang Ampek.

Sehingga rute menuju ke lokasi Tugu ini bisa dilalui oleh kedua kota ini dengan mudah.

 

Sumber: pilarbangsanews, irman-novriandi.com

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of