KATA OMED

Backpackeran Ke Pulau Sabang Aceh, Ini Biaya, Transportasi, Itinerary Dan Caranya

Published · Updated

Dari Sabang Sampai Merauke, Dari Miangas Sampai Pulau Rote. Kata-Kata Tersebut Sering Kali Disebutkan Dan Mencerminkan Lokasi Paling Barat Indonesia Hingga Paling Timur Indonesia Dan Utara Sampai Selatan Indonesia.

Banyak Yang DM Ig Atau Menanyakan Langsung Bagaimana Cara Ke Sabang Jika Sendirian Backpackeran.

Atau Gimana Caranya Ke Sabang Bareng Temen-Temen Tapi Belum Ada Yang Pernah Kesana, Lalu  Bagaimana Penyebrangan Ke Pulaunya, Biaya Disana, Cara Kepulau Rubiah Hingga Penginapan Disana Berapaan Dan Kota Sabang Itu Seperti Apa.

Tugu Nol Kilometer Sabang

Tugu Nol Kilometer Sabang

Sebagai Gambaran Singkat Saja Saya Mencoba Sharing Siapa Tau Berguna Buat Kalian Yang Mau Kesana.

Sekilas Tentang Kota Sabang

Kota Sabang Salah Satu Kota Administratif Di Provinsi Aceh Yang Berlokasi Di Pulau Weh.

Kota Sabang Merupakan Zona Ekonomi Bebas Indonesia Yang Sering Disinggahi Berbagai Kapal Dari Seluruh Dunia Yang Melintas Di Pulau Sabang. Jumlah Penduduk Kota Sabang Berkisar Diatas 35 Ribu Jiwa.

Kota Sabang Ini Kecil Jadi Kalian Gak Perlu Khawatir Pasti Aman Karena Kejahatan Kecil Bisa Terdengar Sampai Kepelosok Kota Sabang.

Kota Sabang Pulau Weh Aceh

Kota Sabang Pulau Weh Aceh

Kota Sabang Kalo Dikelilingi Juga Gak Akan Sampe 30 Menitan Sudah Selesai. Kecuali Kalo Menuju Tempat Wisatanya Yah Banyak Yang Cukup Jauh-Jauh.

Dikota Sabang Juga Sudah Tersedia Banyak Sekali Fasilitas Umum Mulai Masjid Agung Yang Megah, Pelabuhan Internasional, Ruko-Ruko Yang Menjual Berbagai Kebutuhan, Hotel Dan Penginapan Beragam Harga, Taman Bermain Hingga Kantor Polisi Dan Rumah Sakit.

Intinya Jangan Takut Kekurangan Atau Takut Tersesat Di Kota Sabang Karena Sinyalnya Sudah Bagus Dan Google Maps Sudah Tersedia Mengarahkan Kemanapun Kalian Ingin Pergi.

Info Penyebrangan Ke Pulau Sabang

Pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh, Pelabuhan Penyebrangan Ke Sabang

Pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh, Pelabuhan Penyebrangan Ke Sabang

Buat Kalian Yang Mau Melihat Tugu 0 Km Indonesia Artinya Kalian Harus Menyebrang Ke Pulau Weh Tempat Dimana Kota Sabang Berada.

Nah Untuk Menyebrang Ke Pulau Weh Atau Ke Kota Sabang Kalian Harus Terlebih Dahulu Menuju Pelabuhan Ulee Lheue Di Banda Aceh.

Cara Ke Pelabuhan Ulee Lheue Ini Gampang Kok Tinggal Naik Ojek Online Ari Tempat Kalian Menginap Sudah Sampai. Apalagi Lokasi Pelabuhan Ulee Lheue Ini Jaraknya Cukup Dekat Dan Berada Dipusat Kota Banda Aceh Juga.

Ada 2 Jenis Kapal Yang Melayani Penyebrangan Dari Pelabuhan Ulee Lheue Kota Banda Aceh Menuju Pelabuhan Balohan Kota Sabang Yakni Kapal Express Bahari Dan Kapal Fery.

1. Ke Pulau Sabang Naik Kapal Fery

Kapal Fery Penyebrangan Kapal lambat dari Banda Aceh ke Sabang

Bedanya Naik Kapal Fery Dan Kapal Bahari Express Adalah Kapal Fery Itu Bisa Mengangkut Kendaraan & Barang2 Menuju Pulau Weh Kota Sabang. Nah Jika Kalian Mau Bawa Motor Atau Mobil Dari Banda Aceh Maka Naiknya Kapal Fery Ini.

Kekurangan Kalo Naik Kapal Fery Ini Lajunya Atau Jalanya Lambat. Dari Banda Aceh Sampe Ke Sabang Butuh Waktu Sekitar 3 Jam.

Untuk Harga Tiketnya Jauh Lebih Murah Sekitar 25- 30 Ribuan Kalo Belum Naik / Orang Yah. Kalo Harga Mobil Atau Mobil Saya Gak Begitu Hafal, Kalian Bisa Cek Disini : Jadwal Kapal Fery Dari Banda Aceh Ke Sabang

Jadwal Keberangkatan Kapal Fery Ini Setiap 2 Kali Sehari Pagi Hari Sekitar Pukul 08.00 Pagi Dan Siang Pukul 13.00.

Ingat Mobil Kalian Harus Sudah Antri Lebih Awal Jika Mau Ke Sabang Karena Natrian Mobil Ke Sabang Itu Banyak Banget Terutama Mobil Wisatawan Dan Angkutan Barang.

2. Ke Pulau Sabang Naik Kapal Bahari Express

Ke Pulau Sabang Naik Kapal Bahari Express

Ke Pulau Sabang Naik Kapal Bahari Express

Nah Pilihan Utama Wisatawan Ke Pulau Weh Sabang Adalah Naik Kapal Cepat Bahari Express. Meski Kapal Bahari Atau Kapal Cepat Ini Dikhususkan Buat Penumpang Saja Tapi Jalanya Cepat .

Penyebrangan Hanya 1 Jam Saja Dari Pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh Menuju Pelabuhan Balohan Sabang.

Untuk Harga Tiketnya 80k/ Orang Masih Cukup Murah Dan Terjangkau Bagi Semua Wisatawa. Jadwal Keberangkatan Kapal Bahari Express Ini Hanya 11 X Sehari Yakni Tiap Pagi Jam 08.00.

Pelabuhan Balohan Sabang

Pelabuhan Balohan Sabang

Ingat Ya Jika Naik Kapal Bahari Express Ini Kalian Gak Bisa Bawa Kendaraan Motor Apalagi Mobil Karena Ukuranya Kecil. Kalo Bawa Barang-Barang Masih Bisa Tapi Dikenakan Biaya Jika Barang Yang Kalian Bawa Segunung Heee.

**

Karna Sabang Adalah Perkotaan Jadi Ada Banyak Sewa Kendaraan & Penginapan Di Kota Paling Ujung Barat Ini.

Penginapan Paling Favorit Adaah Penginapan Di Pantai Iboh Karna Langsung Depan Pantai N Pulau Rubiah. Berikut Ini Info Lengkapnya.

Penginapan Di Sabang

Penginapan Di Pantai Iboh Sabang

Penginapan Di Pantai Iboh Sabang

Soal Penginapan, Dikota Sabang Ada Banyak Banget Mulai Dari Harga 100 Ribuan Sekelas Redorz Sampe Villa Jutaan Yang Ada Ditepi Pantai.

Kalian Tak Perlu Khwatir Soal Penginapan Karena Diaplikasi Booking Online Pun Sudah Banyak Yang Menawarkan Beragam Paket Hotel Disabang.

Penginapan Di Sabang

Penginapan Di Sabang

Pilihanya Bisa Di Pusat Kota Sabangnya Atau Disepanjang Pesisir Pantai Sumur Tiga Dan Sekitarnya. Penginaanya Juga Bagus-Bagus Loh Karena Sabang Kota Wisata Jadi Emang Udah Dipersiapkan Penginapan Sekala Nasional Sampe Internasional.

Tarif Penginapan Di Pantai Iboh Juga Beragam Mulai Dari 200 Hingga Jutaan Dimana Fasilitas Kamarnya Juga Beragam Dari Hanya Kipas Hingga Kamar AC.

Daftar Harga Penginapan Di Sekitar Pantai Iboh Sabang

  • Kamar Ac 250k – 600k
  • Kamar Kipas Angin 150k – 200k
  • Ektra Bed 50k- 100k

Nomor Telpon Penginapan Di Pantai Iboh Sabang :

  • Iboh Bungalow : +62 823-7074-3430
  • Pak Rahmat : +62 812-6261-1969

Sewa Kendaraan Di Sabang

Sewa Kendaraan Di Sabang

Sewa Kendaraan Di Sabang

Soal Sewa Kendaraan Juga Kalian Gak Perlu Takut Karena Ada Begitu Banyak Penyewaan Kendaraan Di Kota Sabang.

Begitu Kalian Sampe Di Pelabuhan Balohan Sabang Pas Di Atas Kapal Lagi Menunggu Turun Kapal Pasti Sudah Banyak Warga Yg Menawarkan Penyewaan Motor & Mobil Sampe Rebutan.

Sewa Mtor Di Sabang Lebih Gampang Dan Lebih Enak Karena Serasa Di Bali. Tarif Sewa Motor Sehari Beragam Tergantung Jenis Motornya Mulai Dari 70an Sampe Ratusan Ribu.

Keliling Sabang Naik Motor Juga Enak Dan Seru Karena Jalanya Sudah Aspal Dan Bagus-Bagus. Bagi Solo Traveller Lebih Hemat Dan Lebih Murah Jika Sewa Motor Saja Buat Explore Sabang.

Kontak Atau Nomor Telpon Sewa Motor Disabang Bisa Hubungi  :

  • Isa :+62 852-8408-3213
  • Jool : 0852-7753-7448
  • Sewa Motor Sabang  : +62 813-6391-2032

Nah Sewa Mobil Di Sabang Juga Gampang. Banyak Penyewaan Kendaraan Mobil Beragam Harga Mulai 200 Ribuan Perhari Tanpa Supir Hingga Ratusa Ribu Dengan Supir.

Daftar Harga Sewa Mobil Di Sabang :

  • Harga lepas kunci Avanza 250
  • Inova biasa 300
  • Inova rebon 400
  • Harga sopir+BBM
  • Avanza 500
  • Inova biasa 600
  • Inova rebon 700

Kalo Kalian Mau Gampang Bisa Hub Bang Jufri  +62 813-6271-0045 Buat Sewa Mobil Yg Murah Dan Terpercaya Karena Kalo Sewa Mobil Saya Pake Abang Ini. Atau Nomor Telpon Sewa Mobil Sabang Lainnya Bisa Hubungi Dibawah Ini :

  • Jufri  : 081362710045
  • Khalid : 085277903700
  • Rizki : 0811 9621 2449
  • Deny : 085260345325
  • Ikhsan : 085206788668
  • Hari : 081196212450

Destinasi Wisata Di Sabang

Tempat Wisata Di Sabang Ulau Weh Aceh

Tempat Wisata Di Sabang Ulau Weh Aceh

Di Pulau Weh Kota Sabang Ada Banyak Destinasi Wisata Yang Bisa Kalian Explore. Gak Perlu Waktu Lama Explore Pulau Sabang, Saya Sendiri Cukup 2-3 Harian Explore Semua Wisata Di Pulau Weh Sabang Ini.

Tempat Wisata Di Sabang Yang Paling Terkenal Ada Tugu 0 Km Indonesia, Pantai Iboh, Pulau Rubiah, Goa Jepang, Goa Sarang, Pantai Sumur 3,  Danau Aneuk Laot.

Kawasan Senorkling Dan Wisata Bahari Ada Di Pantai Iboh, Disana Kalian Bisa Snorkling Hingga Diving Atau Sekedar Hanya Bermain Air Laut Dan Berkeliing Pulau Rubiah Dengan Memilh Paket Yang Tersedia Dan Dijual Disepanjang Pantai Iboh.

Pulau Rubiah Sabang Aceh

Snorkling Di Pulau Rubiah

Snorkling Di Pulau Rubiah

Untuk Lebih Jelasnya Dan Detailnya Tetang Wisata Di Sabang Apa Saja Kalian Bisa Cek Disini : Tempat Wisata Di Sabang

Selain Wisata Alam, Kalian Juga Bisa Mencobaba Kuliner Khas Sabang Seperti Mie Sedap Sabang, Mie Pingsun, Mie Jalak, Sate Gurta, Kopi Sabang, Rujak Sabang Dan Lain-Lain

Mie Sabang Rasanya Menurut Saya Cukup Enak Dan Rekomended. Lokasi Penjual Kuliner Mie Sabang Dan Sate Kerang Khas Sabang Ini Ada Di Pusat Kota Sabang Jadi Kalian Gak Perlu Jauh-Jauh Nyarri Tempat Kulineran Di Sabang.

Benarkah Di Sabang Harus Berhijab?

Tugu No Kilometer Indonesia Di Sabang

Tugu No Kilometer Indonesia Di Sabang

Kota Sabang Yang Berada Di Pulau Weh Ini Emang Berbeda Dari Kota-Kota Di Aceh Lainnya. Biasanya Aceh Terkenal Dengan Pakaian Yang Syari Dan Wajib Berhijab Atau Menutup Aurat Bagi Perempuan Terutama Saat Dikota Banda Aceh.

Nah Saat Di Kota Sabang Atau Kawasan Wisata Pulau Weh Sabang Kalian Gak Peru Pake Hijab Lagi Khususnya Perempuan.

Dan Kita Juga Gak Harus Pake Celana Dibawah Lutut Khusunya Bagi Kaum Pria Seperti Di Banda Aceh Karena Sabang Sudah Jadi Kota Wisata Internasional.

Tapi Tetap Yah Perlu Diingat Saat Liburan Ke Sabang Pakaian Kalian Harus Tetap Sopan Terutama Saat Berkeliling Pusat Kota Sabang.

Jika Kalian Mau Agak Sedikit Berpakaian Bebas Yah Saat Dipantai Atau Di Kawasan Penginapan Ditepi Pantai Iboh Karena Tu Bisa Dimaklumi.

Itinerary Trip Banda Aceh – Sabang

Kapal Lampulo banda Aceh

Nah Ini Sekilas Gambaran Biar Kalian Gak Pusing Bikin Itinerary Trip Banda Aceh – Sabang selama 4 Hari 3 Malam. Itin Ini Hanya Saran Atau Refrensi Semata Karena Kalian Bisa Ubah Sesuka Hati :

Hari Pertama

  • Dari Bandara Aceh  Pagi Langsung Ke Pelabuhan Ule Lheue
  • Nyeberang Ke Pulau Weh Sabang
  • Langsung Explore Benteng Jepang
  • Explore Pantai Anoi Hitam
  • Dan Wisata Lain Yang Sejalur
  • Menginap Disekitar Pantai Sumur / Kota Sabang

Hari Kedua

  • Pagi Menuju Titik Nol Km Sabang
  • Lanjut Menuju Kawasan Pantai Iboh
  • Bisa Snorkling Di Sekitar Pulau Rubiah
  • Explore Pulau Rubiah
  • Menikmati Senja Di Pantai Iboh
  • Menginap Di Kawasan Pantai Iboh

Hari Ketiga

  • Cekout Penginapan Dan Menuju Danau Aneuk Laot
  • Explore Danau Aneuk Laot
  • Explore Goa Sarang
  • Explorekota  Sabang
  • Siang Jam 12 Udah Dipelabuhan Balohan
  • Menyebrang Balik Ke Kota Banda Aceh

Hari Ke 4 

  • Penginapan Di Kota Banda Aceh
  • Sore – Malam Kulineran Di Banda Aceh
  • Pagi Explore Kota Anda Aceh
  • Museum Tsunami
  • Kapal Pltd Apung
  • Kapal Diatas Rumah Lampulo
  • Masjid Raya Baiturahman
  • Pantai Lampuuk
  • Dll Kalo Waktunya Cukup
  • Malam Balik Kepenginapan Abis Kulineran
  • Trip Berakhir

***

Jadi Bagaimana Setelah Membaca Refrensi Backpackeran Ke Sabang Diatas? Kalian Tak Perlu Khawatir Saat Harus Bolang Sendiri Ke Sabang Karena Selain Sabang Aman Juga Fasilitas Lengkap Dan Nyaman.

Perempuan Sendirian Liburan Ke Sabang Juga Bisa Loh Karena Saya Sering Banget Jumpa Wisatawa Cewe Sendirian Backpackeran Ke Kota Ini.

2
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
1 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
2 Comment authors
Kata OmedHeni Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Heni
Heni

Alhamdulillah, terima kasih banyak suhu atas informasi yg sgt jelas.. 👍🙏