KATA OMED

Mengenal Benteng Bersejarah Nieuw Zeelandia di Pulau Haruku

Published · Updated

Berbulan-bulan mengexplore kawasan Indonesia Timur akhirnya saya mulai menyukai sejarah. Terlebih di Provinsi Maluku, banyak sekali sisa peninggalan sejarah Bangsa dan Dunia maupun Peradaban yang masih bertahan hingga sekarang.

Pada saat saya berkunjung kepulau Haruku di Maluku yakni sebuah Pulau kecil tang berada diantara Pulau Seram dan Ambon, mata saya tertuju pada sebuah benteng yang sudah nampa tak Terawat dengan Baik.

Benteng Nieuw Zeelandia

Setelah saya membaca papan nama yang tertera, ternyata benteng usang tersebut bernama Benteng Nieuw Zeelandia. Benteng ini merupakan sebuah benteng pertahanan Belanda yang dibangun oleh Arnold de Vlaming van Oudshorn pada tauhun 1655.

Benteng di Haruku ini Hanya Berupa Tembok

Benteng Nieuw Zeelandia pernah mencatat sejarah saat benteng kecil ini diserang oleh 100 pemuda dalam perang Pattimura tahun 1817. Namun, sejak 1862, Benteng ini sudah tidak lagi berfungsi sebagai basis pertahanan militer tetapi menjadi gudang cengkeh di Haruku.

Lokasi Benteng Nieuw Zeelandia dan Cara Menuju Lokasi Benteng

Untuk Menuju benteng Nieuw Zeelandia di Pulau Haruku bisa dibilang cukup Mudah. Lokasi Benteng Nieuw Zeelandia juga tidak terlalu jauh dari perkampungan karena berada diarea kawasan pemukiman warga tepat ditepi pantai.

Lokasi Benteng New Zeelandia Haruku Berada ditepi Jalan dan pantai Perkampungan warga Haruku

Benteng Nieuw Zeelandia juga gratis dan terbuka untuk umum. Benteng ini memang tidak dikelola atau dijaga, hanya dibiarkan terbengkalai begitu saja. Bentengnya juga hanya sebuah tembok yang mengelilingi are tanpa ada ruangan atau gedung informasi yang menjelaskan tentang sejarah Nieuw Zeelandia.

Welcome di pulau Haruku

Cara menuju ke Nieuw Zeelandia juga gampang. Kalian naik angkutan kota menuju pelabuhan penyebrangan ke pulau Haruku. Dengan Tiket per orang RP 50.000, kalian akan melewati sebuah teluk selama 30 menit.

Nah setibanya kalian didermaga kampung haruku, tanyakan saja ke warga dimana lokasi Benteng Zeelandia ini. Dari dermaga ke Benteng cukup dekat yakni hanya berjarak 300 meter saja dan tinggal berjalan kaki.

Omed

Bapaknya komunitas Backpacker Jakarta yang hanya ingin menceritakan pengalaman saya berkeliling Indonesia selama 360 Hari ke 34 Provinsi dan lebih dari 380 Kabupaten atau kota se Indonesia. Jangan lupa Follow Instagram @kataomed untuk melihat aktivitas dan keseharian saya

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of