KATA OMED

Inilah Daftar Nama Kapal Pelni Dengan Tujuan Makassar

Ternyata saat ini tercatat ada lebih dari 10 kapal pelni yang singgah dipelabuhan Sukarno Makassar. Kapal-kapal pelni ini tentunya memiliki rute atau tujuan tersendiri keberbagai pelabuhan di seluruh Indonesia. Nah sebagai salah satu kota besar dan Pusat Ekonomi yang dilintasi berbagai jenis kapal laut maupun pesawat, Kota Makassar tentunya memiliki peranan penting dalam menghubungkan satu kawasan dengan kawasan lainnya.

Pelabuhan Kota Makassar – foto Celebes Online

Kota Makassar adalah Ibu Kota Provinsi Sulawesi Selatan. Makassar merupakan kota terbesar di Kawasan Indonesia Timur dan pada masa lalu pernah menjadi Ibu Kota Negara Indonesia Timur Provinsi Sulawesi. Makassar terletak di pesisir barat daya Pulau Sulawesi dan berbatasan dengan Selat Makassar di sebelah barat, Kabupaten Kepulauan Pangkajene di sebelah utara, Kabupaten Maros di sebelah timur dan Kabupaten Gowa di sebelah selatan.

Pelabuhan Soekarno-Hatta yang terketak di tengah Kota Makassar adalah pelabuhan yang dikelola oleh PT Pelindo IV (Persero) dan diperuntukkan bagi kapal-kapal penumpang dan barang. Pada musim liburan atau high season seperti libur Lebaran, Natal dan Tahun Baru, pelabuhan ini selalu dipadati penumpang yang akan berlibur ke berbagai wilayah di Indonesia, menggunakan kapal-kapal milik Pelni.

kapal pelni km sirimau

kapal pelni km sirimau – foto Kumparan

Dari aspek pembangunan dan infrastruktur, Kota Makassar tergolong salah satu kota metropolitan di Indonesia, yaitu urutan kedua terbesar di luar pulau Jawa setelah Kota Medan. Dengan luas wilayah 199,26 km persegi dan jumlah penduduk lebih dari 1,6 juta jiwa, kota ini berada di urutan kelima berpenduduk terbesar di Indonesia setelah Jakarta, Surabaya, Bandung dan Medan. Secara demografis, kota ini tergolong tipe multi etnik atau multi kultur dengan beragam suku bangsa yang menetap di dalamnya, di antaranya yang signifikan jumlahnya adalah Bugis, Toraja, Mandar, Buton, Jawa dan Tionghoa.

Nah berikut ini kapal-kapal pelni yang berlayar dilautan Indonesia dan akan singgah dipelabuhan kota Makassar sesuai masing-masing rutenya.

NAMA KAPAL PELNI

RUTE PELAYARAN

KM Awu

Denpasar – Ende – Kalabahi – Kupang – Larantuka – Lembar – Lewoleba – Makassar – Maumere – Nunukan – Pare-Pare – Tarakan – Waingapu

KM Bukit Siguntang

Ambon – Banda – Bau-Bau – Fak-Fak – Kupang – Makassar – Sorong – Surabaya – Tg Priok – Tual

KM Ciremai

Ambon – Banda – Bau-Bau – Fak-Fak – Kaimana – Kijang – Makassar – Surabaya – Tg Priok – Tual

KM Dobonsolo

Balikpapan – Kijang – Makassar – Nunukan – Pantoloan – Pare-Pare – Surabaya – Tarakan – Tg Priok – Toli-Toli

KM Dorolonda

Ambon – Bau-Bau – Fak-Fak – Jayapura – Makassar – Manokwari – Nabire – Serui – Sorong – Surabaya

KM Fudi

MV Fudi routes – Balikpapan – Makassar – Tg Priok

KM Ganda Dewata

MV Ganda Dewata routes – Makassar – Tg Priok

KM Kelimutu

Ambon – Babang – Balikpapan – Bau-Bau – Bitung – Dobo – Fak-Fak – Kaimana – Makassar – Merauke – Saumlaki – Sorong – Timika – Tual – Wanci

KM Kelud

Batam – Belawan – Tg Balai – Tg Priok

KM Laborar

Batam – Jayapura – Makassar – Manokwari – Nabire – Sorong – Surabaya – Tg Priok

KM Sinabung

Banggai – Bau-Bau – Biak – Bitung – Jayapura – Makassar – Manokwari – Semarang – Serui – Sorong – Ternate – TG Priok

KM Sirimau

Batulicin – Blinyu – Kalabahi – Kijang – Kupang – Larantuka – Makassar – Semarang -TG Priok

KM Tatamailau

Denpasar – Dobo – Fak-Fak – Kaimana – Kalabahi – Kupang – Maumere – Merauke – Saumlaki – Sorong – Surabaya – Timika – Tual

KM Tidar

Balikpapan – Makassar – Nunukan – Pantoloan – Pare-Pare – Surabaya – Tarakan

KM TilongKabila

Bau-Bau – Bima – Bitung – Denpasar – Gorontalo – Kendari – Kolonedale – Labuanbajo – Lembar – Luwuk – Makassar -Rah

KM Umsini

Balikpapan – Bau-Bau – Makassar – Nunukan – Pantoloan – Pare-Pare – Tarakan – Toli-Toli

 

Untuk mengetahui detail harganya, masing-masing Kapal memiliki harga yang berbeda-beda namun tetap disubsidi oleh pemerintah. Sementara jadwal keberangkatan kapal masing-masing diatas juga berbeda-beda sesuai lintasnya. Detail jadwal kapal pelni dan harga tiketnya bisa dicek langsung disitusnya pelni.co.id.

Omed

Bapaknya komunitas Backpacker Jakarta yang hanya ingin menceritakan pengalaman saya berkeliling Indonesia selama 360 Hari ke 34 Provinsi dan lebih dari 380 Kabupaten atau kota se Indonesia. Jangan lupa Follow Instagram @kataomed untuk melihat aktivitas dan keseharian saya

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of