Cara Ke Pulau Papan Togean Dan Wisatanya

Ada yang pernah mendengar nama Pulau Togean? Bagi masyarakat yang tinggal di Indonesia bagian barat mungkin nama pulau ini memang terdengar asing di telinga, namun tidak untuk masyarakat yang tinggal di Indonesia bagian Timur.

Pulau Togean adalah pulau yang sangat terkenal bahkan wisatawan yang berkunjung pun sudah banyak yang berasal dari luar negeri.

Pernahkah kamu membayangkan bahwa di Indonesia ini memiliki sebuah pulau yang unik dan sangat indah seperti di luar negeri?

Yap, bayanganmu tentu adalah kenyataan. Jika kita menengok ke  Sulawesi, ada sebuah Kepulauan yang sangat indah dan masih alami karena jaraknya yang jauh dari kota dan juga suasananya benar-benar sangat nyaman.

Sulawesi memang tempat yang sangat bagus dan cocok untuk dijadikan tempat wisata.

Terlebih lagi alamnya yang masih sangat asri dan hijau membuat para wisatawan tertarik untuk mengunjunginya.

Wisata di Taman Nasional Kepulauan Togean

Taman Nasional Kepulauan Togean

Taman Nasional Kepulauan Togean

Pulau Papan Togean merupakan pulau yang termasuk kedalam kawasan Taman Nasional Kepulauan Togean.

Kepulauan dengan luas daratan sekitar 755,4 km persegi  serta memiliki 66 pulau besar dan kecil dengan keindahan biota laut dan terumbu karang yang langka.

Kepulauan Togean sendiri dikelilingi dengan hutan mangrove dan hamparan lamun patai yaitu rumput pantai yang menjadi sumber makanan mamalia laut dugong.

Tercatat ada 33 jenis mangrove yang terdiri dari 19 jenis mangrove sejati dan 14 jenis mangrove ikutan.

Selain tanaman mangrove, ada juga penyu langka yang memang jarang ditemukan di tempat lain seperti penyu hijau dan penyu sisik.

Pantai ini selain indah ternyata juga mengandung hasil alam yang menjadi tempat untuk mencari makanan dan berkembang biak para penyu.

Baca : coba keseruan snorkling di california reef Togean

sumber gambar – tripzilla.id

Sudah tidak diragukan lagi keberagaman flora dan fauna yang ada di kepulauan Togean, wajar jika wisatawan tertarik untuk mengeksplor keindahan pulau ini.

Traveller dari Indonesia pun mulai untuk mengeksplor dan membantu untuk mempromosikan tempat wisata yang satu ini.

Pulau Togean terletak di Kabupaten Una-Una, Sulawesi Tengah. Tahukah kamu bahwa pulau ini adalah satu-satunya pulau di Taman Nasional Kepulauan Togean yang penduduknya mayoritas adalah Suku Bajo.

Mayoritas mereka tinggal di rumah yang dibangun diatas air dan biasanya Suku Bajo ini berpindah-pindah tempat tinggalnya alias nomaden.

Namun ada juga yang memilih menetap dan bermata pencaharian sebagai nelayan.

Rumah mereka juga terbuat dari papan kayu, oleh karena itulah pulau ini disebut Pulau Papan. Ada pula jembatan yang terbuat dari kayu dan membentang sepanjang 1 kilometer diatas laut.

Bahkan disetiap rumah, pasti terlihat sebuah perahu terbuat dari kayu papan yang digunakan untuk alat transportasi dan juga sumber mata pencaharian.

sumber gambar – wisatakita.com

Menurut sejarahnya, orang-orang Suku Bajo ini berasal dari Filipina Selatan yang hidup nomaden di lautan lepas.

Mereka memiliki keahlian melaut yang sangat luar biasa seperti salah satunya adalah memiliki kemampuan berenang sambil menahan nafas.

Biasanya mereka menyelam untuk mencari ikan ataupun gurita. Kemampuan tersebut membuat mereka bisa bertahan hidup sampai sekarang.

Mereka juga mudah untuk berbaur dengan suku-suku lain sehingga tak jarang orang suku Bajo yang menikah dengan orang local.

Orang-orang Suku Bajo juga mudah akrab dengan para wisatawan yang berkunjung, sehingga mereka terkenal ramah.

Akses Menuju Pulau Papan Togean

Pulau Papan Togean

Pulau Papan Togean

Beberapa pengunjung mengeluhkan sulitnya akses menuju ke Pulau Papan Togean ini.

Selain itu harganya pun cukup mahal karena sekarang sudah ada jalur dari Jakarta ke Ampana menggunakan pesawat dengan kisaran harga Rp 3,5 jt.

Pulau Papan ini jauh dari kota, sehingga kamu butuh waktu yang lumayan lama untuk bisa sampai disana. Kamu bisa naik pesawat dengan tujuan kota Ampana.

Kemudian kamu bisa ambil rute perjalanan ke Wakai dengan menggunakan kapal cepat maupun kapal feri.

Dari Wakai, lanjutkan perjalanan dengan menyewa jasa perhau nelayan atau speedboat menuju Desa Pulau Malenge.

Lanjutkan perjalanan, dan setelah itu kamu akan sampai di Pulau Papan. Biasanya waktu yang diperlukan dari Desa Pulau Malenge ke Pulau Papan sekitar setengah jam.

Kapal Ke Pulau Papan Togean

Kapal Ke Pulau Papan Togean

Untuk harga naik speedboat Hercules, kapasitas maksimal 40 orang dnegan biaya Rp 130.000 per orang.

Sedangkan jika ingin menyewa speedboat kisaran biayanya Rp 270.000 per orang karena harus menanggung biaya bahan bakar dan jasa boat driver.

Untuk biaya jasa sewa boat drivernya selama seharian berkisar di angka Rp 600.000. Namun kapasitas penumpangnya maksimal 10 orang.

Meskipun menempuh perjalanan jauh dan butuh waktu yang lama untuk sampai di Pulau Papan, namun birunya air laut yang terlihat di depan mata sungguh membuat mata seakan terpana dan rasanya ingin cepat menyelam dan berendam.

Lelah pun hilang terbayarkan dengan keindahan pulau yang sangat jarang ditemui di daerah lain ini.

Ada Apa Di Pulau Papan

Banyak destinasi wisata menarik di pulau papan Togean yang bisa kalian eksplore.

Selain berbincang ramah dengan penduduk atau warga pulau papan togean, banyak hal seru lainnya yang bisa kalian lakukan seperti :

Jembatan panjang Pulau Papan

sumber gambar – phinemo.com

Jembatan panjang yang satu ini menghubungkan Pulau Papan dengan Pulau Malenge yang menjadi pusat kelurahan wilayah setempat.

Dibawah jembatan tersebut akan terlihat biota laut yang indah dan akan menjadi pengalaman tak terlupakan berjalan diatas jembatan dengan beragam biota laut dibwahnya.

Biota laut yang ada seperti kima raksasa, paus pilot, lola, ikan pari manta, hiu karang abu-abu, dan ikan trevally mata besar, serta warna warni kerang.

Tak lupa pula ada spesies ikan kupu-kupu yang jarang ditemukan di tempat lain.

Terumbu karang yang ada pun beragam macamnya, mulai dari karang penghalang, karang tompok, karang tepi, dan karang cincin.

Ketika berada disini pun menjadi spot terbaik untuk mengambil foto dan upload di media social. Sungguh, begitu kayanya Indonesia terlihat di pulau ini.

Puncak Batu Pulau Papan

sumber gambar – indonesiakaya.com

Di puncak batu Pulau Papan Togean, pengunjung bisa melihat keadaan sekitar pulau dari ketinggian secara langsung dan melihat air yang berwarna biru kehijauan.

Selain itu, akan telihat pula jembatan yang membentang antara Pulau Papan dengan Pulau Malenge.

Pengunjung juga akan bertemu  dengan anak-anak suku Bajo, karena memang puncak inilah tempat mereka bermain bersama.

Anak-anak disana sangat ramah, tekadang mereka mengajak para pengunjung berkeliling untuk menelusuri keindahan desa tempat tinggal mereka dan tak lupa mengajak pengunjung bermain sama bahkan berenang bersama.

Tentu saja dengan keramahan anak-anak disana membuat para pengunjung merasa betah dan akan menjadi kenangan yang tak terlupakan.

Snorkling Dibawah Jembatan Pulau Papan

Karena Laut di Togean semuanya bagus jadi kita bisa menikmati keindahan alam bawah lautnya dari mana saja.

Termasuk juga Snorkling Dibawah Jembatan Pulau Papan yang sering dilakukan banyak pengunjung yang datang maupun menginap di pulau kecil ini.

Nah dibawah dermaga atau dibawah jembatan papan, hamparan terumu karang alami dan biota lautnya sangat sayang untuk dilewatkan.

Omed

Bapaknya komunitas Backpacker Jakarta yang hanya ingin menceritakan pengalaman saya berkeliling Indonesia selama 360 Hari ke 34 Provinsi dan lebih dari 380 Kabupaten atau kota se Indonesia. Jangan lupa Follow Instagram @kataomed untuk melihat aktivitas dan keseharian saya

You may also like...

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of