KATA OMED

Info Lengkap Tentang Pulau Bawean dan Wisatanya

Pulau Bawean adalah sebuah pulau yang terletak di utara pulau Jawa atau berada di Laut Jawa, sekitar 120 kilometer sebelah utara Gresik. Secara administratif, pulau Bawean termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Gresik provinsi Jawa Timur.

Pulau Bawean Gersik Jawa Timur

Pulau Bawean Gersik Jawa Timur

Sekilas Tentang Pulau Bawean

Saat ini Pulau Bawean dibagi kedalam dua kecamatan, yaitu Kecamatan Sangkapura dan Kecamatan Tambak. Jumlah Penduduk pulau Bawean berjumlah sekitar 107.000 jiwa dengan mayoritas suku Bawean serta perpaduan beberapa suku dari Jawa, Madura, Kalimantan, Sulawesi, dan Sumatra .

Alun Alun Bawean

Alun Alun Bawean

Mata pencaharian warga Bawean adalah nelayan dan petani serta pekerja rantauan di negara Malaysia dan Singapura. Banyak anak muda di Bawean yang menjadi TKI dinegara tersebut, mungkin itu sebabnya saat saya ke sana jarang sekali melihat anak2 muda yang nongkrong di Cafe atau didepan rumah.

Cara Menuju Pulau Bawean

Saat ini ada banyak akses dan cara menuju pulau Bawean. Kalian bisa menggunakan Pesawat Atr kecil sejenis Susi Air dan juga menggunakan Kapal laut baik kapal Fery Asdp maupun kapal Cepat. Jika menggunakan pesawat, rute penerbanganya hanya ada dari bandara Juanda Surabaya dan juga dari Sumenep Madura.

Dermaga Pelabuhan Pulau Bawean

Dermaga Pelabuhan Pulau Bawean

Bandara Harun Thohir adalah nama bandara yang ada di Bawean. Untuk informasi detail mengenai Jadwal penerbangan Pesawat dari Surabaya ke Bawean dan rute lainnya yakni penerbangan dari Bawean ke Sumenep maupun sebaliknya, silahkan klink link diatas.

Kapal Fery Roro Asdp dari Gersik ke Bawean

Kapal Fery Roro Asdp dari Gersik ke Bawean

Jika kalian menggunakan kapal Fery milik asdp yang bisa mengangkut barang2, kendaraan serta penumpang harga tiketnya jauh lebih murah dibandingkan menggunakan kapal cepat seperti Bahari Express. Namun lajunya cukup lambat dan lama tempuhnya sangat lama yakni lebih dari 9 jam. Bayangkan jika menggunakan kapal cepat yang hanya butuh waktu 3 jaman saja.

Kapal Cepat Bahari Express dari Gersik ke Bawean

Kapal Cepat Bahari Express dari Gersik ke Bawean

Untuk informasi detail mengenai Jadwal keberangkatan Kapal Fery Asdp dari Gersik ke pulau Bawean kalian bisa melihatnya dilink ini. Saat ini tercatat ada 2 pelabuhan yang melayani rute kapal Fery menuju bawean yakni melalui Paciran Lamongan dan melalui Gersik. Namub bagi teman2 yang ingin menggunakan kapal Cepat Bahari Express atau kapal lainnya dan ingin tau harga tiketnya maupun Jadwal kapal cepat dari Gersik ke Bawean atau sebaliknya, kalian juga bisa dilihat dilink tersebut.

Yang Unik Dari Pulau Bawean

Sebelum kalian berkunjung ke Bawean, ada beberapa hal yang mungkin perlu kamu tahu dan perlu kamu catat agar memudahkan perjalananmu ke sana.

1. Bawean Punya Bahasa Sendiri

Begitu saya tiba di Bawean, agak sedikit terkejut karena apa yang mereka katakan satupun saya tidak mengerti. Awalnya saya mengira jika di Bawean orang2 akan berbahasa Jawa karena bagian dari wilayah Jawa Timur. Namun sekilas bahasa orang Bawean mirip dengan bahasa Madura dan saya mengira mereka ini menggunakan Bahasa Madura.

Pulau Bawean

Pulau Bawean

Setelah bertanya akhirnya saya jadi tahu jika Bahasa Bawean berbeda dengan bahasa Madura namun beberapa katanya memang ada yang berasal dari kata Bahasa Madura. Banyak kata2 asing yang saya dengar ditempat ini hal itu memang berkaitan dengan bahasa campuran yang melatar belakangi bahasa Bawean seperti Bahasa Madura, bahasa melayu, bahasa Jawa serta bahasa Inggris. Oh ya, Bahasa Bawean juga memiliki beragam dialek, biasanya setiap kawasan atau kampung mempunyai dialek bahasa sendiri2.

2. Atung Sang Maskot Asean Games ternyata Rusa Bawean

Atung Maskot Asean Games sang Rusa Bawean

Atung Maskot Asean Games sang Rusa Bawean

Pernah liat Acara Asean Games yang dihelat beberapa Waktu lalu di Jakarta dan Palembang? Nah dalam ajang pertandingan Olahraga Internasional tersebut ada banyak Maskot atau Icon yang diresmikan oleh penyelenggara yakni :

Bhin Bhin : Burung Cendrawasih khas Papua
Atung : Rusa Khas Pulau Bawean Jawa Timur
Kaka : Badak Bercula Satu dari Ujung Kulon Banten

Rusa Bawean Binatang Endemik Khas Pulau Bawean

Rusa Bawean Binatang Endemik Khas Pulau Bawean

Nah Atung alias icon Rusa ini memang diangkat dan dijadikan Maskot Asean Games untuk memperkenalkan Hewan endemik khas Pulau Bawean yang hampir Punah. Rusa di Pulau Bawean ini adalah spesies rusa yang hanya ditemukan di Bawean, yaitu Axis kuhli. Saat ini sudah dibangun banyak penangkaran rusa yang bisa melindungi dan menjaga kepunahanya terlebih masih banyaknya masyarakat yang gemar berburu rusa.

3. Bawean adalah Pulau Yang Sangat Luas

Banyak yang mengira jika bawean itu pulau Kecil dan sepi penduduk. Tapi kenyataanya Pulau Bawean itu salah satu pulau besar dan sangat luas. Jika kalian tau Pulau Karimun Jawa, nah konturnya kurang lebih seperti itu dimana banyak bukit2 dan lembah serta area perbukitan yang terjal dan hutan yang lebat.

Persawahan dan pegunungan di pulau Bawean

Persawahan dan pegunungan di pulau Bawean

Sangkit luasnya, ada 2 kecamatan besar yang ada di Bawean seperti yang dijelaskan diatas yakni kecamatan Sangkapura dan kecamatan Tambak. Total penduduknya saja lebih dari 100.000 orang yang bisa dibilang setara dengan jumlah penduduk 1 kabupaten di Papua sana.

Salah satu sudut pusat kota Bawean

Salah satu sudut pusat kota Bawean

4. Pulau Bawean Lengkap Dengan Fasilitas dan Jalanan yang Unik

Selama 3 jam saya mengelilingi pulau bawean dari ujung ke ujung, saya menjumpai banyak desa2 yang cukup ramai dengan berbagai fasilitas umumnya. Banyak pom bensin, apotek, penginapan, pasar, ruko2 hingga pukesmas dan kantor pemerintahan disepanjang jalan pulau Bawean.

Pulau Bawean

Kota Bawean

Kota Bawean

Soal Akses dan Jalan jangan khawatir karena semua jalanya sudah bagus dan dibuat dari Paving Blok berkilo2 dan bahkan yang diaspal hanya sebagian saja. Mungkin penggunaan paving blok bisa membuat awet jalanan di pulau ini. Saya hanya membayangkan betapa lama dan lelahnya pembangunan jalanan dipulau ini yang menggunakan paving blok. Banyak jalanan berbukit2 dan menurun yang menggunakan paving blok, kebayangkan nyusunya satu persatu heee.

Welcome Pulau Bawean

Welcome Pulau Bawean

Penginapan di Pulau Bawean

Karena Pulau Bawean akan menjadi kawasan Wisata baru yang dikembangkan pemerintah, banyak hotel dan penginapan yang sudah berdiri dipulau ini. Penginapanya beragam loh ada yang sekelas penginapan sederhana, motel dan hotel.

Salah satu penginapan Murah di Bawean

Salah satu penginapan Murah di Bawean

Untuk Rate harganya sendiri cukup bervariasi mulai dari 100.000an hingga diatas 250.000an permalam. Kalian tak perlu kebingungan mencari hotel sebab begitu kalian keluar pelabuhan Bawean, disepanjang jalan yang kalian lewati menuju pusat kota atau Alun-alun akan menjumpai banyak penginapan.

Penginapan murah di Bawean

Penginapan murah di Bawean

Saran saya, buat kamu yang backpackeran sendiri ke Bawean, kamu bisa menginap dihotel ini. Lokasinya tak jauh dari pelabuhan kapal cepat jadi kalian tinggal berjalanan kaki sebentar saja ke hotel ini. Pemandangan dari hotel ini juga laut dan lokasinya dekat dengan yang berjualan makanan atau penyewaan sepeda motor atau mobil.

Penyewaan Motor dan Mobil di PulauĀ Bawean

Sebagai seorang solo Backpacker seperti saya, info mengenai penyewaan motor untuk mengelilingi dan explore pulau sangat penting. Nah saat saya kemarin ke Bawean saya mencatat beberapa nomor penyewaan motor yang bisa kalian sewa.

Sewa motor atau rental Mobil di Bawean

Sewa motor atau rental Mobil di Bawean

Untuk rate harganya juga sangat murah yakni Rp 50.000 saja per motor selama 1 harian. Kita hanya perlu menitipkan KTP saja sebagai jaminanya. Oh ya mayoritas penduduk dipulau Bawean menggunakan motor untuk aktivitas mereka apalagi jalanan yang dilalui cukup sempit.

Keliling bawean enaknya naik motor

Keliling bawean enaknya naik motor

Saran saya, kalian cukup sewa motor saja untuk berkeliling pulau Bawean dan juga menuju spot-spot wisata. Jika kalian menggunakan mobil maka hanya bisa sebatas dijalan utama saja tidak bisa menjangkau spot2 wisata sehingga kalian harus berjalan kaki lagi. Nah Enakan bawa sepeda motor sendiri jadi kita bisa langusng keparkiran wisatanya.

Masjid besar dipulau Bawean

Masjid besar dipulau Bawean

Daftar Wisata di pulau Bawean

Sebagai pulau wisata yang akan menjadi dalah satu destinasi wisata Internasional, pulau Bawean tentunya memilki banyak sekali Destinasi Wisata yang sangat indah baik wisata Baharinya seperti kawasan snorkling, wisata pulau, wisata Diving hingga wisata alam seperti Danau, air Terjun dan tentunya penangkaran Rusa Endemik Khas Bawean.

Wisata di pulau Bawean

Wisata di pulau Bawean

Berikut ini saya mencatat banyak destinasi Wisata di pulau Bawean yang bisa kalian kunjungi :

1. Gili Noko
2. Taka Selayar / Pasir Timbul
3. Spot Snorkling
4. Pulau Noko
5. Pulau Cina
6. Pantai Labuhan
7. Hutan Mangrove Hijau Daun
8. Danau Kastoba
9. Air Terjun Laccar
10. Tanjung Gaang
11. Penangkaran Rusan Bawean
12. Pantai Mayangkara
13. Pemandian Air Panas Kepuh Legundi
14. Pemandian Air Panas Sangkapura
15. Pantai Ria
16. Makam Putri Jujuk Cempa
17. Pantai Kuburan Panjang
18. Pulau Nusa
19. Gunung Sabu
20. Pantai Kerrong
21. Pantai Slayar Pulau Lalajer
22. Mangrove & Pantai Pasir Putih
23. Pantai Jerat Lanjeng
24. Kuliner Khas Bawean koncok2
25. Alun2 Bawean

***

Demikianlah sekilas info penting yang bisa saya bagikan kepada teman2 yang ingin backpackeran atau liburan ke pulau Bawean. Jangan lupa jaga selalu etika dan sampah kita. Selamat liburan.

Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of