Pelabuhan Tanjung Api-api, Pelabuhan Baru di Sumatera Selatan

Satu lagi pelabuhan Baru yang selesai dibangun dan mulai digunakan pada Akhir April 2018 lalu adalah Pelabuhan Tanjung Api-api. Pelabuhan ini merupakan pelabuhan internasional yang terletak di Kabupaten Banyuasin, 80 Km dari Kota Palembang, Sumatra selatan.

Dermaga Penyebrangan Pelabuhan Fery Tanjung Api api – foto @272roadventure

Gerbang pintu Masuk Pelabuhan Fery Tanjung Api api – foto @272roadventure

Pelabuhan Tanjung Api-api adalah salah satu pelabuhan besar di Indonesia karena pelabuhan ini terintegerasi dengan kawasan ekonomi ekslusif (KEK) Tanjung Api-api. Selain itu juga pelabuhan ini direncanakan teritegerasi dengan jalur kereta api batu bara dari kawasan Tanjung Enim ke Tanjung Api-api. Terintegrasi dengan Jalur Tol dari Kota Palembang hingga menuju kawasan industri baru.

Baca JugaMegahnya Masjid Lubuk Linggau di Sumatera Selatan ini

Pelabuhan Tanjung Api Api sumsel – foto @budisoedjarwo

Melayani Penyebrangan Fery dari Palembang ke Muntok Bangka

Penyebrangan Angkutan Kendaraan menggunakan kapal Fery dari Tanjung Api api – foto @blekatze

Pelabuhan yang dibangun di atas lahan 8 hektare ini resmi ujicoba sejak 5 Desember 2018 selama hampir 3 bulan. Dan kini aktivitasnya sudah mulai normal melayani berbagai penyebrangan seperti menuju Muntok Bangka dan pelabuhan Lainnya. Aktivitas Bongkar muat barang dari pendistribusian kebutuhan logistik juga sudah mulai dilakukan di pelabuhan ini.

Baca JugaInilah Goa Putri yang dikutuk sipahit Lidah menjadi Batu

Foto @blekatze

Kapal Fery Palembang ke Buntok Bangka

Selain memiliki Dermaga Kapal Feri, Dermaga peti kemas, Dan Lapangan Container, pelabuhan Tanjung api Api juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas lainnya seperti ruang tunggu penumpang, Masjid, toilet umum, ruang pengelola dan lain-lain. Dipastikan jika pelabuhan besar ini akan terus berkembang lagi mengingat aktivitas pendistribusian barang mulai meningkat dari pelabuhan ini.

Omed

Bapaknya komunitas Backpacker Jakarta yang hanya ingin menceritakan pengalaman saya berkeliling Indonesia selama 360 Hari ke 34 Provinsi dan lebih dari 380 Kabupaten atau kota se Indonesia. Jangan lupa Follow Instagram @kataomed untuk melihat aktivitas dan keseharian saya

You may also like...

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of