KATA OMED

Melihat Dermaga Eksekutif Bakauheni, Dermaga Pelabuhan Terkeren di Indonesia

Pelabuhan Bakauheni adalah sebuah pelabuhan penyeberangan yang terletak di Kecamatan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan provinsi Lampung. Pelabuhan Bakauheni terletak di ujung selatan dari Jalan Raya Lintas Sumatra yang menjadi jalur utama penghubung antara pulau Sumatra dengan Pulau Jawa melewati jalur laut. Pulau Sumatera dihubungkan dengan pelabuhan Bakauheni Lampung dan dipulau Jawa dihubungkan dengan Pelabuhan Merak di Banten.

Dermaga Eksekutif Pelabuhan Bakauheni

Dermaga Baru Dermaga Eksekutif Bakauheni

Saat ini tercatat ada Ratusan trip atau penyeberangan kapal setiap harinya baik dari Bakauheni Lampung maupun dari Merak Banten. Pelabuhan ini beroperasi selama 24 jam menyebrangkan berbagai jenis kebutuhan perlintasan seperti penyebrangan kendaraan bermotor, penyebrangan barang dan juga penyebrangan angkutan penumpang.

Baca Juga : Megahnya Dermaga Eksekutif Merak, hanya butuh 1 jam ke Bakauheni

Dermaga Eksekutif Bakauheni Lampung

Seiring dengan meningkatnya aktivitas pelayaran dan penyebrangan di Pelabuhan Bakauheni Lampung, kini pemerintah sudah membangun sebuah dermaga pelabuhan baru yang lebih besar dan lebih modern. Namanya adalah dermaga Eksekutif Bakauheni. Dermaga Baru Pelabuhan Bakauheni merupakan dermaga eksklusif yang terhubung dengan Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak. Dermaga Eksekutif Pelabuhan Bakauheni ini terletak di dermaga tujuh kawasan Pelabuhan Bakauheni Lampung, tak jauh dari lokasi pelabuhan Bakauheni yang lama.

Baca Juga yaJadwal lengkap dan harga tiket kapal pelni dari Jakarta ke Bangka Belitung, Batam hingga ke Medan

Dermaga baru pelabuhan Bakauheni Lampung, Designya modern

Dermaga yang mulai beroperasi pada akhir 2018 lalu ini kini menjadi salah satu dermaga pelabuhan termewah dan termegah di Indonesia khususnya untuk penumpang kapal Ferry Roro milik Asdp. Saat kita berada didermaga ini sudah seperti berada di Bandar Udara besar yang sangat megah, modern dan juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas umum yang canggih.

Fasilitas Dermaga Eksekutif Pelabuhan Bakauheni

Sebagai pelabuhan atau Dermaga Eksekutif baru, Dermaga Eksekutif Bakauheni tentunya sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai. Kini Dermaga Bakauheni sudah dilengkapi dengan fasilitas yang menunjang calon penumpang kapal roll on roll off (roro) seperti Eskalator yang menghubungkan setiap lantainya. Ruang tunggu yang luas dan nyaman hingga kawasan pertokoan, foodcourt maupun toko perbelanjaan hingga sauvenir ada disepanjang lorong Dermaga.

Baca JugaMegah dan bersejarah, inilah istana Melayu Siak yang masih bertahan hingga sekarang

Ruang Tunggu Penumpang Dermaga Eksekutif Bakauheni Lampung

Fasilitas Dermaga Premium Pelabuhan Bakauheni ini memang berbeda dengan fasilitas dermaga lainnya. Misalnya saja fasilitas hotel atau penginapan bagi penumpang yang akan beristirahat. Saat saya mencari petunjuk disekitar dermagapun sudah tak kebingungan lagi sebab kini sudah ada area Bagian pusat Informasi yang membantu penumpang jika ingin menanyakan sesuatu.

Eskalator diarea Pelabuhan Bakauheni Baru

Khusus Pelabuhan dermaga Eksekutif Bakauheni ini sudah beroperasi mobil Trans Lampung yang melayani Rute pelabuhan Lama menuju pelabuhan baru maupun sebaliknya secara gratis. Mobil Trans ini beroperasi setiap waktu terlebih saat ada penumpang yang akan berpindah pelabuhan. Bus Trans Lampung ini ada diarea penjemputan penumpang atau jika kalian bingung bisa bertanya kebagian informasi atau satpam yang berjaga disekitar dermaga.

Trans Lampung yang melayani dari Dermaga Baru Eksekutif Bakauheni ke Dermaga Pelabuhan Lama

Selain itu juga dipelabuhan Dermaga Eksekutif Bakauheni juga sudah tersedia bus langsung yang melayani rute Bakauheni – Terminal Rajabasa Bandar Lampung. Jadwalnya setiap 1 jam sekali dan harga Tiketnya cukup murah yakni Bakauheni – Rajabasa hanya Rp 40.000/ penumpang. Bus yang melayani rute bakauheni ke rajabasa ini berada didekat mobil trans lampung, jadi kalian tinggal tunggu saja disana.

Baca JugaWow ternyata Lubang terpanjang dan terdalam di Asia, ternyata ada di Indonesia

Fasilitas Garbarata Dermaga Baru Bakauheni

Ada hal yang menarik saat saya akan naik kekapal. Wow ternyata dermaga ini juga sudah dilengkapi Garbarata atau pintu masuk seperti halnya dibandara-bandara Internasional. Hal ini semakin menambah kesan modern dan canggih pada dermaga Eksekutif Bakauheni. Jalur penumpang pejalan kaki dengan yang membawa kendaraan juga sudah dipisahkan sehingga sangat membantu memperlancar arus keluar masuk barang dan kendaraan.

Jalur khusus penyebrangan pejalan kaki dipelabuhan Bakauheni khusus Dermaga baru Eksekutif

Harga Tiket Bakauheni ke Merak Yang Hanya butuh 1 Jam Penyebrangan

Saat ini dengan adanya dermaga yang baru, Waktu Tempuh Dermaga Premium Pelabuhan Bakauheni menjadi jauh lebih cepat. Biasanya kita butuh 2-3 jam penyebrangan, kini dengan adanya dermaga eksekutif Bakauheni plus Kapal Ferry khusus, jalur tempuh dari bakauheni Lampung hingga Merak Banten hanya butuh 1 jam saja. Sangat2 menghemat biaya penyebrangan kan.

Baca JugaTernyata inilah bentuk Goa Putri yang dikutuk menjadi Batu

Area Loket atau Tiketing pelabuhan Bakauheni Baru

Sebelum membeli tiket kapal, kita harus memiliki kartu Elektonik money seperti E Money yang biasa kita Tap saat akan naik KRL atau Busway. Tenang saja guys, jika kalian tidak punya kartunya, kalian bisa membelinya langsung diarea tiketing lantai 2 Dermaga Eksekutif pelabuhan Bakauheni. Pastikan juga saldo dikartu kalian sudah terisi agar tak perlu harus mengantri mengisi saldo lagi.

Untuk harga tiket perpenumpangnya Yaitu Dewasa Rp 50.000 dan Anak-anak Rp 38.000 setiap kali menyebrang baik dari Bakauheni ke Merak ataupun sebaliknyq dari Merak ke Bakauheni. Harga tiket ini adalah khusus untuk pengguna dermaga baru eksekutif Bakauheni maupun Merak.

Kapal Ferry Roro Portlink

Kapal Ferry yang lebih Nyaman dan Luas, Ada Bioskopnya loh

Ada empat unit kapal roro khusus yang akan beroperasi di dermaga premium Bakauheni Lampung melayani penumpang dari Merak ke Bakauheni maupun sebaliknya. Keempat kapal Ferry roro tersebut adalah :

1. KMP Portlink III
2. KMP Sebuku
3. KMP Batu Mandi
4. KMP Portlink 00

Satu hal yang perlu saya tekankan disini, Kalian pasti akan terkejut dengan kapal Ferry yang beroperasi melalui pelabuhan Eksekutif Merak maupun Bakauheni yang baru ini. Yap, kapalnya jauh lebih besar. Lebih cepat, lebih bersih dan lebih lengkap dengan berbagai fasilitas pendukung kapal untuk kenyamanan penumpang.

Ruangan dikapal Ferry yang lebih Nyaman,Luas dan bersih

Kini semua ruangan ber AC dengan kursi yang nyaman dab empuk. Tapi tetap dipertahankan kelas-kelas dikapalnya seperti kelas VVip untuk penumpang yang ingin privasi dan lebih nyaman lagi sampai area khusus penumpang yang ingin menikmati pemandangan Lautan selama diperjalanan. Kini yang lebih mengasikan lagi sudah ada ruang bioskop bagi pengunjung yang ingin mendapatkan hiburan plus ruang untuk bermain games sampai ruang untuk bersantai.

Baca juga : Tentang Nias dan cara pergi ke Nias via Kapal laut, Maupun Pesawat

Ada Bioskop dikapal Ferry

Yang lebih seru lagi, fasilitas carger gratis bagi penumpang hingga luasnya area penumpang karna ada 3 lantai membuat kita seperti bukan berada dikapal ferry yang selama ini biasa kita naiki. Pokoknya salut dan sangat bangga atas perubahan dan pencapaian pihak Ferry Asdp dalam memperbaiki dan meningkatkan kualitas layanan bagi penumpangnya. Tak lupa juga ada ruang sholat, toilet yang bersih dan banyak, kantin yang tersebar diberbagai sudut dan smoking area membuat jalur lintas Bakauheni ke Merak semakin Nyaman.

Tol lampung dari Bakauheni Ke Terbagi

Buat kalian yang ingin tahu jadwal Keberangkatan Kapal Ferry dari pelabuhan dermaga eksekutif Bakauheni menuju pelabuhan Dermaga Eksekutif Merak Banten, silahkan lihat info lengkapnya disini : Update Terbaru jadwal Kapal Ferry Roro dari Dermaga Eksekutif Bakauheni Lampung ke Merak Banten

Selamat mencoba dermaga ini guys.

Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

Omed

Bapaknya komunitas Backpacker Jakarta yang hanya ingin menceritakan pengalaman saya berkeliling Indonesia selama 360 Hari ke 34 Provinsi dan lebih dari 380 Kabupaten atau kota se Indonesia. Jangan lupa Follow Instagram @kataomed untuk melihat aktivitas dan keseharian saya

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of