KATA OMED

Inilah 26 Daftar Kapal Pelni dan Rute Lintasanya di Seluruh Indonesia

Published · Updated

Sering naik Kapal Pelni ?

Atau mungkin ini baru pertama kalinya kamu naik kapal penyebrangan antar pulau milik pemerintah ini. Sekedar informasi saja jika saat ini ada 26 Kapal pelni atau kapal penyebrangan antar Pulau yang dimiliki oleh pemerintah Indonesia.

Semua kapal pelni memiliki rute atau lintasanya sendiri dan jadwal keberangkatan yang berbeda-beda. Nah itulah kendalanya, jadwal keberangkatan yang tidak tetap ini membuat kita harus lebih sering update kapan kapal datang dan berangkat.

Baca juga ya :

Rute lengkap Kapal Pelni Indonesia

Rute lengkap Kapal Pelni Indonesia – foto wikipedia

DAFTAR KAPAL PELNI DAN RUTE LINTASANYA

Berikut ini adalah daftar nama 26 kapal pelni yang masih beroperasi dan berlayar diperaiaran laut Indonesia plus Rute lintasan kapalnya kemana saja dan melewati kota apa saja ( Klik nama Kapal untuk melihat jadwalnya).

1. KM AWU

Salah satu kapal pelni yang dimilik oleh PT Pelayaran Nasional Indonesia adalah Kapal Pelni KM Awu yang memiliki rute pelayaran dari Kalimantan hingga ke Nusa Tenggara.

Rute lengkap kapal pelni awu adalah dari pelabuhan : Kumai – Surabaya – Benoa – Bima – Waingapu – Ende – Kupang – Kalabahi (PP).

2. KM TILONGKABILA

Kapal pelni KM Tilongkabila yang mempunyai kapasitas 1000 penumpang memiliki rute pelayaran dariKawasan Bali dan Nusa tenggara hingga ke ujung utara Sulawesi.

Kapal pelni tilongkabila ini memiliki rute dari pelabuhan : Benoa – Lembar – Bima – Labuan Bajo – Makassar – Bau-bau – Raha – Kendari – Luwuk – Gorontalo – Bitung (PP)

3. KM SIRIMAU

Salah satu kapal yang mempunya rute pelayaran cukup jauh dan panjang adalah Kapal Sirimau yakni dari kawasan Papua hingga ke Nusa Tenggara timur dan ke kawasan Kepulauan Maluku Barat Daya.

Untuk kapal pelni KM Sirimau yang mempunyai kapasitas 1000 penumpang ini rutenya adalah dari : Manokwari – Sorong – Ambon – Wanci – Bau-bau – Maumere – Lewoleba – Kupang – Kalabahi – Saumlaki – Tual – Dobo – Timika – Agats – Merauke (PP)

4. KM BINAIYA

Sementara itu kapal pelni KM Binaiya memiliki rute yang cukup singkat yakni dari pelabuhan : Benoa – Bima – Labuan Bajo – Makassar – Awerange – Bontang(PP).

5. KM TATAMAILAU

Selanjutnya ada kapal pelni KM Tatamailau yang juga mempunyai kapasitas 1000 penumpang memiliki rute yang juga cukup jauh yakni dari kawasan Bitung di Sulawesi Utara hingga ke Merauke Papua.

Rute lengkap pelayaran kapal tatamailau adalah dari pelabuhan : Bitung – Tidore – Sorong – Fak-fak – Kaimana – Tual – Timika -Agats – Merauke (PP)

Kapal Pelni KM Tatamailau

Kapal Pelni KM Tatamailau – foto : youtube

6. KM LAWIT

Salah satu kapal yang melayani pelayaran pulau Jawa dan pulau Kalimantan adalah kapal pelni KM Lawit.

Kapal yang mempunyai kapasitas 1000 penumpang ini memiliki rute pelayaran dari pelabuhan : Tanjung Priok – Tanjung Pandan – Pontianak – Semarang – Kumai – Karimun Jawa (PP)

7. KM LEUSER

Kapal pelni milik Pelayaran Nasional Indonesia selanjutnya adalah kapal pelni KM Leuser yang juga mempunyai kapasitas 1000 penumpang dan rute pelayaran yang sangat panjang.

Rute kapal pelni leuser adalah dari pelabuhan : Tanjung Perak Surabaya – Benoa – Bima – Labuanbajo – Makassar – Bau-Bau – Wanci – Namrole – Ambon – Saumlaki – Tual – Dobo – Timika – Agats – Merauke (PP)

8. KM WILIS

Saat ini kapal pelni KM WIlis yang mempunyai kapasitas 500 penumpang dibagi menjadi 2 Rute pelayaran yakni :

Rute A : Batulicin – Makassar – Bima – Labuan Bajo – Kalabahi – Kupang – Rote – Sabu (PP)

Rute B : Batulicin – Makassar – Labuan Bajo – Bima – Waikelo – Waingapu – Ende – Kupang (PP)

9. KM EGON

Kapal pelni selanjutnya adalah kapal pelni KM Egon yang mempunyai kapasitas hingga 500 penumpang.

Kapal pelni Egon memiliki rute pelayaran dari pelabuhan : Waingapu Sumba – Lembar Lombok – Surabaya – Batulicin – Pare-Pare – Bontang (PP)

10. KM KELIMUTU

Salah satu kapal pelni yang melayani pelayaran di Kalimantan adalah kapal pelni KM Kelimutu yang mempunyai kapasitas hingga 1000 penumpang dan rute pelayaran yang pendek.

Rute kapal pelni Kelimutu ini adalah dari pelabuhan : Surabaya – Kumai – Sampit – Semarang – Karimun Jawa (PP)

11. KM SANGIANG

Selanjutnya ada kapal pelni KM Sangiang yang mempunyai kapasitas 500 penumpang juga dengan 2 rute berbeda yakni :

Rute A : Bitung – Ternate – Sanana – Namlea – Ambon – Geser – Fak-Fak – Sorong (PP)

Rute B : Bitung – Kahikitang – Tahuna – Lirung – Karatung – Miangas – Gorontalo – P. Togian (Tongkabu) – Poso – Ternate – Sanana – Namlea – Ambon (PP)

12. KM PANGRANGO

Satu lagi Kapal pelni melayani rute pelayaran di Kawasan Kepulauan Maluku adalah Kapal pelni KM Pangrango.

Kapal ini mempunyai kapasitas hingg 500 penumpang dengan rute pelayaran dari : Ambon – Banda – Namrole – Saumlaki – Tepa – Moa – Kisar – Geser (PP)

kapal pelni km Pangrango – foto www.antarafoto.com

13. KFC JETLINER

Sebagai salah satu kapal pelni yang dikhususkan melayani pelayaran di kepulauan Sulawesi Tenggara, Kapal pelni KFC Jetliner rutin beroperasi hampir setiap hari.

Kapal ini mempunyai kapasitas 500 penumpang dengan rute tetapnya yakni dari : Wanci Wakatobi – Bau-Bau – Raha – Kendari (PP)

14. KM BUKIT RAYA

Melayani pelayaran dikawasan Kepulauan Riau, kapal pelni KM Bukit Raya mempunyai kapasitas yang cukup besar yakni 1000 penumpang.

Rute kapal pelni Bukit Raya adalah dari pelabuhan : Tanjung Priok – Belinyu – Kijang – Letung – Tarempa – Natuna – Midai – Serasan – Pontianak – Surabaya (PP)

15. KM KELUD

Satu lagi kapal pelni yang beroperasi dilintasan Sumatera dan sekitarnya yakni kapal pelni KM Kelud. Kapal pelni ini mempunyai kapasitas paling besar diantara kapal pelni lainnya yakni mencapai 2000 penumpang.

Ada 2 Rute tetap kapal pelni kelud saat ini yakni :

Rute A : Tanjung Priok – Pulau Batam – Tanjung Balai Karimun – Belawan (PP) dan

Rute B : Tanjung Priok – Kijang – Pulau Batam – Belawan (PP)

16. KM DOBONSOLO

Kapal pelni yang melayani lintasan dari Jakarta hingga ke Jayapura dalah kapal pelni KM Dobonsolo.

Kapal pelni ini memiliki rute yaitu dari pelabuhan : Tanjung Priok – Surabaya – Makassar – Surabaya – Bau-bau – Ambon – Sorong – Serui – Jayapura (PP)

17. KM UMSINI

Kapal pelayaran Nasional Indonesia juga mengoperasikan kapal pelni KM Umsini yang melayani pelayaran dari NTT hingga ke Kepulauan Riau.

Kapal ini mempunyai kapasitas hingga 2000 penumpang dengan rute : Kijang Bintan – Tanjung Priok – Surabaya – Makassar – Maumere – Larantuka – Lewoleba – Kupang (PP)

18. KM LABOBAR

Untuk kapal yang melayani pelayaran dari Kalimantan hingga ke Papua dioperasikan oleh kapal pelni KM Labobar yang mempunyai kapasitas 3000 penumpang.

Kapal pelni ini memiliki rute pelayaran dari pelabuhan : Tanjung Perak Surabaya – Balikpapan – Pantoloan – Bitung – Ternate – Sorong – Manokwari – Nabire – Serui – Jayapura (PP)

19. KM BUKIT SIGUNTANG

Kapal pelni yang beroperasi dilintasan Kalimantan ke Sulawesi hingga ke Nusa Tenggara adalah kapal pelni KM Bukit Siguntang.

Kapal ini mempunyai kapasitas 2000 penumpang dengan rutenya adalah dari : Makassar – Pare-Pare – Balikpapan – Tarakan – Nunukan – Maumere – Lewoleba – Kupang (PP)

20. KM LAMBELU

Satu lagi kapal pelni yang beroperasi melayani lintasan Kalimantan hingga ke NTT yakni kapal pelni KM Lambelu yang juga mempunyai kapasitas hingga 2000 penumpang.

Rute kapal pelni Lambelu dibagi menjadi 2 rute yakni :

Rute A : Bau-Bau – Makassar – Pare-Pare – Balikpapan – Tarakan – Nunukan – Pantoloan – Balikpapan – Makassar (PP)

Rute B : Makassar – Baubau – Maumere – Larantuka (PP)

21. KM TIDAR

Untuk kapal pelni yang satu ini akan melayani pelayaran dikawasan tengah Indonesia hingga ke kawasan Timur yakni kapal pelni KM Tidar yang mempunyai kapasitas 2000 penumpang.

Rute lengkap kapal tidar adalah dari pelabuhan : Makassar – Bau-Bau – Namlea- Ambon – Tual – Dobo – Kaimana – Fak-Fak – Sorong – Manokwari – Nabire (PP)

22. KM SINABUNG

Selain kapal Labobar, kapal pelni lainnya yang juga melayani pelayaran dari Papua ke sulawesi hingga ke Kalimantan adalah kapal pelni KM Sinabung.

Kapal Pelni KM Sinabung mempunyai kapasitas hingga 2000 penumpang ini memiliki rute dari : Surabaya – Makassar – Bau-bau – Banggai – Bitung – Ternate – Bacan – Sorong – Manokwari – Biak – Jayapura (PP)

km ciremai

km ciremai dari Jakarta – Papua – foto Wikimedia Commons

23. KM CIREMAI

Ada satu kapal pelni lainnya yang juga melayani pelayaran dari Jakarta hingga ke Jayapura yakni kapal pelni KM Ciremai.

Kapal pelni ini mempunyai kapasitas mencapai 2000 penumpang dan memiliki rute dari pelabuhan: Tanjung Priok – Surabaya – Makassar – Bau-bau – Sorong – Manokwari – Biak – Jayapura (PP)

24. KM GUNUNG DEMPO

Untuk kapal pelni KM Gunung Dempo juga melayani pelayaran dari Jakarta ke Makassar hingga ke Sorong dan Jayapura.

Rute lengkap kapal pelni ini adalah dari  : Tanjung Priok Jakarta – Surabaya – Makassar – Sorong – Manokwari – Wasior – Nabire – Jayapura (PP).

25. KM NGGAPULU

Kapal pelni yang dioperasikan untuk melayani pelayaran dari Jakarta menuju kawasan kepulauan di Maluku hingga ke Papua Selatan adalah kapal pelni KM Nggapulu.

Rute Pelayaran kapal pelni nggapulu ini cukup jauh yakni dari pelabuhan  : Tanjung Priok – Surabaya – Makassar – Bau-Bau – Ambon – Banda – Tual – Dobo – Kaimana – Fak-Fak (PP)

26. KM DOROLONDA

Dan kapal pelni terakhir yang juga dimiliki oleh PT Pelayaran Nasional Indonesia adalah kapal pelni KM Dorolonda yang melayani pelayaran dari Jakarta hingga ke Bitung.

Kapal pelni Dorolonda memiliki rute pelayaran dari pelabuhan : Tanjung Priok Jakarta- Surabaya – Makassar – Bau-Bau – Namlea – Ambon – Ternate – Bitung (PP)

**

Itulah tadi daftar 26 kapal pelni yang saat ini masih beroperasi secara rutin melayani pelayaran sesuai lintasanya atau sesuai rutenya.

Salah satu alasan kalian harus naik kapal pelni adalah selain karena murah biayanya juga karena bisa bis amenjangkau banyak pelabuhan atau kota-kota yang susah digapai.

Fasilitas didalam kapal pelni saat ini juga sudah cukup baik dan bahkan kini kalian tak perlu khawatir tidak kebagian tempat tidur mengingat sistem kapal pelni yang baru mewajibkan 1 penumpang menempati tempat tidur sesuai nomor yang didapatkan ditiketnya.

Selamat Berlayar guys.

**

Baca Juga ya :

Alamt Kantor pelni Indonesia

Alamt Kantor pelni Indonesia – foto id near place

CATATAN PENTING

  • Harga, Jadwal Kapal dapat berubah sewaktu2 disesuaikan Keadaan dan waktu.
  • Jika kalian tahu ada update atau perubahan terbaru baik harga tiket maupun Jadwal kapal, silahlan komen dibawah ini agar bisa segera saya update juga.
  • Tetap hati-hati dan selalu waspada selama diperjalanan. Jangan gampang terbujuk rayu oleh orang yang menawarkan bantuan Apalagi menerima ajakan dan tawaran orang gak dikenal.
  • Biar hemat bawa makanan atau minuman saja dari luar dan bisa kalian makan saat sudah berada diatas kapal. Dikapal Pelni ada air panas gratis kok jadi bisa nyeduh kopi atau mie instan.
  • Jadwal kapal diatas hanya contoh Sebagian saja. Untuk Jadwal lengkap dan realnya silahkan dicek disitus pelni.co.id
  • Jika ada yang ingin ditanyakan mengenai rute, jadwal kapal dan lainnya silahkan tinggalkan komentar. 1×24 jam insyallah dibales

8
Leave a Reply

avatar
4 Comment threads
4 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
5 Comment authors
Kata OmedorangDidinKhaidirEko Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Eko
Eko

Jadwal keberangkatan dr kijang tujuan belinyu tangal bulan brp y awal tahun 2021 in

Khaidir
Khaidir

Tanggal berapakah pelni berangkat dari kijang ke balikpapan

Didin
Didin

Adakah ferry dari Priok ke Tarakan ?
Txs

orang
orang

pengin sekali2 ngerasain naek pelni dr jakarta ke papua tanpa tujuan (pp). btw, apakah disetiap pelabuhan kapal yg akan bersandar naik turunkan penumpang?? btw contoh saya dr jakarta ke papua, mampir ke surabaya. apakah boleh saya turun sejenak dr kapal untuk belanja kopi n mie instan n rokok n air mineral botolan 1 liter?? tiap bersandar butuh waktu berapa lama?? untuk tarip pp jakarta papua berapa n butuh berapa hari untuk sekali perjalanan.? jika saya sudah sampai papua, apakah bisa saya stay gk usah turun dr kapal agar bisa langsung ikut berangkat lagibke jakarta hingga hemat ongkos??? atau kapal itu… Read more »