KATA OMED

Pantai Army Dock, Pantai Bersejarah di Morotai

Berkunjung ke Morotai akan membawa kita pada kenangan masa lalu dimana dipulau Morotai inilah banyak sejarah besar terukir seperti Meletusnya Perang Dunia ke Dua yang melibatkan Tentara Jepang Melawan Tentara Sekutu yakni Amerika.

Tempat Pertama Kali Sekutu Mendarat di Morotai

Salah satu lokasi yang menjadi saksi bisu betapa hebatnya perang dunia tersebut adalah Pantai Army Dock. Pada 1944-1945, Army Dock dan Navy Base menjadi lokasi atau kawasan yang sangat penting. Hal ini dikarenakan banyak aktivitas besar terpusat dipantai ini khususnya aktivitas militer, administrasi, dan medis dipantai ini.

Pantai Army Dock Morotai

Pantai Army Dock juga menjadi lokasi pertama pendaratan tentara Perang Sekutu Amerika dan membawa semua amunisinya mulai dari tang baja, meriam, peluru, bom hingga obat-obatan. Bahkan Pantai Army juga menjadi basis utama Amerika melancarkan serangan sporadisnya kepada Jepang hingga akhirnya Jepang Mengalami kekalahan.

Sunset dipantai Army Dock Morotai

Pertempuran sengit yang terjadi di Morotai adalah saat Pertempuran yang terjadi pada tanggal 15 September 1944. Pertempuran tersebut dimulai ketika tentara Amerika Serikat dan Australia mendarat di Morotai bagian barat daya.

Salah satu alasan mengapa Sekutu memilih Morotai sebagai lokasi utama pendaratan dan melawan Jepang adalah karna Morotai merupakan pulau startegis yang berdekatan dengan Filipina dimana pada saat itu Sekutu ingin membebaskan Filipina dari tangan Jepang.

Lokasi Pantai Army Dock dan Harga Tiket Masuk

Pantai Army Dock berada disebalah sisi Barat Pulau Morotai. Pantai yang memilki pasir putih ini hanya berjarak sekira lima- 10 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor dari pusat Kota Daruba yakni Ibu Kota Kabupaten Morotai. Saya sendiri datang ke pantai Army Dock hanya naik Bentor ( Becak Ojek Motor) dengan biaya Rp 5000 saja.

Pantai Army Dock, Pantai bersejarah di Morotai

Pantai Army Dock terbentang cukup luas dan memanjang dari Desa L.O.C sampai Desa Juanga. Disepanjang Pinggir Pantai banyak pohon kelapa dan beberapa gazebo tempat bersantainya para wisatawan yang datang dari berbagai negara khususnya wisatawan yang negaranya pernah terlibat pada masa Perang Dunia Kedua.

Keindahan Senja di Pantai Army Dock

Untuk Masuk ke Pantai Army Dock, tidak ada biaya masuk kepantai Army Dock, semuanya gratis jadi silahkan datang kapan saja. Pantainya bersih, rapi dan masih sepi. Tidak ada aktifitas nelayan dipantai ini yang ada hanya saung-saung penjual makanan saja.

Saung tempat bersantai di Pantai Army Dock

Dipantai Army Dock ini juga masih bisa kita lihat bekas pelabuhan yang hancur, dan masih terlihat puing-puingnya. Konon Dari tepi Pantai ini, sekutu membangun jembatan Apung Menuju Pulau Zum March Arthur yang ada di Sebrang Morotai.

Buat kalian yang ingin menikmati senja Sore pulau Morotai, Pantai Army Dock ini menjadi salah satu tempat Terindah menikmati Mataha Hari Terbenam. Bahkan bila kalian ingin camping dan mendirikan tenda ditepi pantai ini, lokasinya sangat Strategis loh.

Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

Omed

Bapaknya komunitas Backpacker Jakarta yang hanya ingin menceritakan pengalaman saya berkeliling Indonesia selama 360 Hari ke 34 Provinsi dan lebih dari 380 Kabupaten atau kota se Indonesia. Jangan lupa Follow Instagram @kataomed untuk melihat aktivitas dan keseharian saya

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of