Info Lengkap Pantai Nguyahan dan Cara Pergi Kesana

Pantai Nguyahan – Kalau ngomongin gunungkidul, pasti yang terlintas di kepala pertama kali adalah Pantai. Ya, kabupaten Gunung Kidul memiliki banyak pantai yang mempesona.Spot pantai yang terkenal tentu saja pantai Baron, pantai Ngobaran, pantai Sepanjang, pantai Drini, dan pantai Wedi Ombo.

Nah, disamping pantai pantai itu masih ada banyak pantai lain yang masih minim pengunjung dan nggak kalah cantiknya, salah satunya adalah pantai nguyahan.

Sekilas Tentang Pantai Nguyahan

Pantai Nguyahan

Pantai Nguyahan – foto ig @niningsyamsir

Nama pantai nguyahan diambil dari kata uyah yang dalam Bahasa jawa berarti garam. Konon pada jaman penjajahan Belanda di Indonesia, daerah pantai ini merupakan penghasil garam.

Penduduk di daerah ini diharuskan memberi upeti pada pemerintah Belanda dalam bentuk garam. Oleh karena itu, pantai ini diberi nama nguyahan yang berarti membuat garam.

Hingga kini, aktivitas membuat garam masih tampak di pantai nguyahan sehingga pengunjung dapat melihat proses pembuatan garam oleh para petani garam.

baca juga :

pantai nguyahan gunungkidul

pantai nguyahan gunungkidul – sumber foto klik disini

Selain petani garam, pada hari biasa yang tidak banyak pengunjung, penduduk sekitar akan memanen rumput laut di pinggiran pantai hingga agak ke tengah laut.

Hasil panen tersebut akan digunakan untuk bahan konsumsi. Pengunjung pantai biasananya dapat membeli oleh-oleh rumput laut yang digoreng dengan adonan peyek.

Harga yang diberikan umumnya sekitar sepuluh hingga dua puluh ribu tergantung berat peyek rumput laut yang dijual. Rasa makanan renyah dan gurih, pokoknya recommended banget deh.

Nah, untuk pantai ini seperti pantai pada umumnya, kalian bisa menikmati pemandangan yang cantik terutama saat sunset dan juga sunrise.

keindahan Pantai Nguyahan

Pantai Nguyahan Gunungkidul yogyakarta

Pantai Nguyahan Gunungkidul yogyakarta – foto ig @dewi_rhmd

Pantai ini menyajikan pemandangan laut dengan langit biru yang bersih, juga pantai pasir putih. Pengunjung juga bsa menikmati pemandangan di gazebo sederhana yang tersedia di pinggir pantai.

Saat air laut surut, pengunjung juga bisa melihat karang yang dipenuhi biota laut dan rumput laut.

Yang berbeda adalah kebersihan pantai ini masih terjaga. Kalau kalian berkunjung ke pantai ini jangan lupa jaga kebersihan ya!

Selain meikmati pemandangan pantai pengunjung dapat bermain pasir, bersantai, dan mengamati biota laut. Pantai ini memiliki pinggiran karang yang tidak tertutup pasir.

Saat pasang air akan menutupi karang ini dan saat surut beberapa ikan kecil akan terperangkap di cekungan karang. Kalau beruntung kalian dapat mengamati ikan, bintang ular, siput laut, dan bulu babi.

Pantai Nguyahan

Pantai Nguyahan sumber foto backpackerjakarta.com

Oleh karena itu, hari-hati ketika melangkah di karang ya! Saat air laut surut, lantai karang ini biasanya juga banyak dimanfaatkan untuk memancing. Siap-siap pancing ya kalau mau main lama! Siapa tahu kalian datang saat air laut surut.

Kegiatan lain yang biasa dilakukan traveler di pantai ini adalah camping. Para camper biasanya mendirikan di tenda di pinggiran pantai yang masi ada pepohonannya.

Kalau mau camping jangan takut, pantai ini difasilitasi dengan tempat parkir, toilet, warung makan, dan warung-warung kecil milik warga sekitar.

Gimana? Cocok banget kan masuk ke itinerary wisata kalian?

Lokasi Pantai Nguyahan dan cara menuju kesana

Pantai Nguyahan Gunungkidul

Pantai Nguyahan Gunungkidul – foto ig @reza_ayka

Pantai Nguyahan terletak di desa Kanigoro, kecamatan Saptosari, kabupaten Gunung kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jarak yang harus di tempuh untuk mengunjungi pantai ini dari kota Yogyakarta kurang lebih 90 km, atau dua jam waktu tempuh dengan menggunakan motor dan tiga jam perjalanan dengan menggunakan mobil.

Lama perjalanan masih ditentukan oleh keadaan jalan juga karena pada hari libur biasanya jalan menuju gunung kidul dari kota Yogyakarta macet.

Maklum lah banyak tempat wisata terutama pantai yang terletak di Gunung Kidul.

Untuk mencapai pantai ini para pelancong perlu membawa kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan karena belum ada kendaraan umum yang mencapai area pantai ini di gunungkidul.

Kendaraan umum seperti bus hanya dapat mencapai kota wonosari dimana kalian masih perlu menempuh sekitar 30 km perjalanan lagi.

Pantai Nguyahan di gunung kidul

Pantai Nguyahan di gunung kidul – foto ig @nauvbbma

Selain minimnya transportasi umum untuk mengunjungi daerah ini, tidak ada hotel atau pun penginapan di area sekitar pantai dan jarang sekali menemui penginapan di kota Wonosari.

Kalau kalian mau menginap karena akan mengunjungi pantai lain mungkin kalian perlu mempertimbangkan opsi untuk camping di pantai ini.

oha ya, untuk lokasi google maps pantai nguyahan, kalian bisa ikuti google maps dibawah ini saja :

Pantai Nguyahan
Pantai ngobaran, Gebang, Kanigoro, Sapto Sari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55871.

Haga tiket masuk Pantai Nguyahan

Untuk mengunjungi pantai nguyahan kalian tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam cukup membayar retribusi sebesar sepuluh ribu rupiah di loket retribusi.

Selain itu kalian harus membayar parkir yang umumnya sekitar dua ribu rupiah untur motor dan 5 ribu rupiah untuk parkir mobil. Harga ini dapat sewaktu-waktu berubah seperti saat weekend atau  hari libur besar dan tanggal merah.

 

You may also like...

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of