KATA OMED

Megahnya Masjid Raya Baitul Izzah Kota Bengkulu

Masjid Raya Baitul Izzah Kota Bengkulu adalah salah satu masjid termegah yang ada di kota bengkulu dengan beragam kemewahanya.

Masjid Raya Baitul Izzah in terletak dipersimpangan jalan Asahan Raya dan jalan Pembangunan, Kecamatan Padang Harapan Padang Harapan, Kecamatan. Gading Cempaka, Kota Bengkulu, Bengkulu 38225.

Masjid Raya Baitul Izzah ini menjadi masjid terbesar ke-2 di Kota Bengkulu setelah Masjid Agung At-Taqwa yang ada di Kelurahan Anggut Atas kta bengkulu.

Masjid Raya Baitul Izzah bengkulu

Masjid Raya Baitul Izzah Bengkulu – foto ig @desyariani28

Sejarah Masjid Raya Baitul Izzah

Pembangunan Masjid Raya Baitul Izzah Pertama Kali Dimulai Pada Tahun 1976, Semasa Pemerintahan Gubernur Bengkulu Kala Itu, Drs. A. Chalik.

Pembangunan Dilakukan Di Atas Tanah Seluas 1.225 Meter Persegi, Dengan Nama Awal Masjid Raya Bengkulu.

Masjid Raya Baitul Izzah

Masjid Raya Baitul Izzah – foto ig @shintiaveronica

Dalam Proses Pembangunannya Sendiri Ketika Itu, Memerlukan Waktu Hingga 3 Tahun, Selesai Dan Diresmikan Penggunaannya Pertama Kali Pada Tahun 1979 Oleh Wakil Presiden RI Saat Itu, H. Adam Malik.

Pada Tahun 1995 Pemugaran Dilakukan Atas Perintah Drs. Aziz Ahmad, Dengan Memperluas Lahan Bangunannya Menjadi 1.600 Meter Persegi, Sekaligus Merubah Namanya Menjadi “Masjid Raya Baitul Izzah.”

Masjid Raya Baitul Izzah Kota Bengkulu

Masjid Raya Baitul Izzah Kota Bengkulu – foto ig @fianbkl

Kemudian Mantan Wagub Iskandar Ramis Juga Pernah Memberikan Masukan Bahwa Telah Terjadi Renovasi Yang Besar-Besaran Di Bangunan Masjid Raya.

Dimana Pada Gempa Tahun 2000, Masjid Raya Mengalami Rusak Total, Sehingga Dilakukan Perbaikan Pada Zaman Almarhum Gubernur Adjis Ahmad.

Untuk Pembangunan Sendiri Mendapat Bantuan Dana Dari Negara Luar, Dan Bantuan Material Dari Jepang, Termasuk Menata Halaman Masjid Raya Agar Sejuk Dan Indah.

Arsitektur Masjid Raya Baitul Izzah

Masjid Raya Baitul Izzah yang megah

Masjid Raya Baitul Izzah yang megah – foto ig @anek_anriani98

Secara Keseluruhan Arsitektural Masjid Raya Baitul Izzah, Terlihat Sangat Megah Dengan Balutan Warna Warni Di Hampir Keseluruhan Bangunannya.

Fasilitas Inti Yang Dimiliki Oleh Masjid Raya Baitul Izzah Adalah Gedung Islamic Centre Yang Mampu Menampung Hingga 2.000 Jamaah.

Bahkan Bangunan Ini Juga Digunakan Sebagai Ruang Serbaguna Untuk Pertemuan, Seminar, Pengajian Dan Lain Sebagainya.

Kemudian Kubah Masjid Diganti Dari Kubah Biasa Menjadi Kubah Yang Megah Tanpa Menggunakan Tiang Tengah.

alquran raksasa di Masjid Raya Baitul Izzah

alquran raksasa di Masjid Raya Baitul Izzah – foto ig @diyha_feb

Lalu Dinding Dalam Bagian Atas Masjid Raya Baitul Izzah Dilukis Ornamen Yang Bertuliskan Asmaul Husna Atau 99 Nama Allah SWT.

Bahkan Kedua Dinding Masjid Sengaja Terbuka, Agar Terasa Sejuk, Karena Kota Bengkulu Cuacanya Cukup Panas.

Selain Itu, Masjid Raya Baitul Izzah Mempunyai Tiang Bulat Dan Persegi Empat Serta Pagar Setinggi 1 Meter Dari Kaca Dengan Corak Perpaduan Timur Tengah Dan Indonesia.

Baca juga :

bagian dalam Masjid Raya Baitul Izzah

bagian dalam Masjid Raya Baitul Izzah – foto ig @mulyaputriandri

Didalam Masjid Raya Baitul Izzah Ini Telah Dibangun Lembaga Pendidikan, Taman, Tempat Parkir, Sekaligus Destinasi Wisata Yang Nyaman.

Kawasan Sekeliling Masjid Baik Yang Depan Ataupun Di Samping-Samping Sudah Ada Taman Yang Indah.

Untuk Kendaraan, Parkirnya Di Bawah Sehingga Kini Kawasan Masjid Raya Baitul Izzah Menjadi Pusat Islamic Center Di Provinsi Bengkulu Yang Megah Dan Mewah.

sumber : rri.co.id

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of