KATA OMED

Mencoba Kuliner Ekstreem Swike di Pontianak

Bagi saya, Pontianak adalah salah satu Kota yang memilki Kuliner yang unik dan beragam. Di kota Pontianak ini saya mencoba berbagai jenis kuliner yang sedikit aneh-aneh mulai dari Bubur Sayur yang isinya lebih banyak sayurnya dibanding Nasinya, lalu ada Mie Sagu yang berbahan Sagu semua hingga kuliner Ekstreem seperti Swike atau Swikee yakni kuliner yang berbahan dasar kodok.

Swike adalah salah satu Masakan Tionghoa Indonesia yang terbuat dari paha kodok. Saat saya mencoba pertama kali rasa ayam dan ikan bercampur jadi satu. Oh ya saya memesan Swike Sop karena ingin tau rasa asli dari daging kodok itu sendiri. Sebenarnya selain Sop Swike, ada jenis rasa dan olahan lainya seperti Swike goreng, Asam Manis, Swike Tepung Bumbu, Pepes Swike, Swike Taucho dan swike dengan rasa lainya.

Sebenarnya Swike ini bukanlah masakan atau kuliner khas Pontianak sebab Swike sudah ada diberbagai kota lainya di Indonesia. Sebut saja di Kota Bandung, Jakarta, Surabaya dan Purwodadi. Menurut Google sih kota Purwodadilah yang memperkenalkan pertama kali kuliner ekstreem Swike. Saat saya bertanya kepada penjual Swike, daging kodok yang digunakan adalah bukan daging kodok sembarangan seperti daging kodok di got namun yang digunakan adalah daging Kodok Hijau yang biasa dijumpai dihutan liar dan yang dimakan adalah paha swike, sementara kulitnya dibuat kripik swike.

Salah satu warung makan yang menjual Swike di Pontinakan

Sop Swike yang saya makan ini selain berbahan Kodok juga dicampur dengan bahan lainya seperti bumbu bawang putih, jahe, dan tauco, garam, dan lada. Swike ini kemudian dihidangkan dengan taburan bawang putih goreng dan daun seledri di atasnya. Rasanya enak namun karena saya tidak terbiasa makan kodok maka bayangan kodok hijau yang cantik terus menghantui sehingga saya hanya mampu memakan satu ekor saja alias satu buah paha, sisanya dilanjutkan teman saya.

Oh ya, saya mencoba Kuliner Swike ini disalah satu tempat makan bernama Swike Pak Sapto yang berada tak jauh dari kantor Walikota atau Tepian sungai Kapuas. Warung makan ini menjual berbagai jenis olahan swike mulai dari swike Sop hingga pepes Swike. Warung ini juga sangat ramai oleh penggemar Swike di Pontianak terlebih saat malam sabtu atau malam minggu, banyak wisatawan dari luar Pontianak sengaja menikmati Swike ditempat ini.

Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

Omed

Bapaknya komunitas Backpacker Jakarta yang hanya ingin menceritakan pengalaman saya berkeliling Indonesia selama 360 Hari ke 34 Provinsi dan lebih dari 380 Kabupaten atau kota se Indonesia. Jangan lupa Follow Instagram @kataomed untuk melihat aktivitas dan keseharian saya

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of