KATA OMED

7 Potret Kemegahan Samarinda, Kota Terbesar di Kalimantan

Published · Updated

Sebagai Kota Terbesar di Kalimantan berdasarkan Jumlah Penduduknya, Kota Samarinda tentunya memiliki banyak sekali kemajuan dan perkembangan Kota yang terus meningkat setiap Tahunya. Kota Samarinda selain sebagai kota Muslim Terbesar di Kalimantan Timur  juga merupakan ibu kota provinsi Kalimantan Timur, Indonesia.

Kota Samarinda, Kota dengan Jumlah Penduduk Terbesar di Kalimantan

Kota Samarinda, kota terpadat di Kalimantan

Kota Samarinda, kota terpadat di Kalimantan – foto ig @symsdn

Kota Samarinda adalah kota dengan penduduk terbesar di seluruh Pulau Kalimantan yakni mencapai jumlah penduduk 812,597 jiwa. Kota Samarinda terdiri dari 10 kecamatan yang terbagi atas 59 kelurahan.

Kecamatan Samarinda Utara merupakan kecamatan dengan luas wilayah terbesar dengan luas wilayah lebih dari 31 persen luas Kota Samarinda, sedangkan Kecamatan Samarinda Kota merupakan kecamatan dengan luas wilayah terkecil.

Kota Samarinda memiliki wilayah seluas 718 km² dengan kondisi geografi daerah berbukit dengan ketinggian bervariasi dari 10 sampai 200 meter dari permukaan laut. Kota Samarinda dibelah oleh Sungai Mahakam dan menjadi gerbang menuju pedalaman Kalimantan Timur melalui jalur sungai, darat maupun udara.

Batas Wilayah & Luas Kota Samarinda

Kota Samarinda saat Malam Hari

Kota Samarinda saat Malam Hari – foto ig @symsdn

Dengan luas wilayah yang hanya sebesar 0,56 persen dari luas Provinsi Kalimantan Timur, Kota Samarinda merupakan wilayah terkecil ketiga setelah Kota Bontang dan Kota Balikpapan.

Ditinjau berdasarkan batas wilayahnya, Kota Samarinda seluruhnya dikelilingi oleh Kabupaten Kutai Kartanegara. Dengan luas wilayah 718 km², Samarinda terletak di wilayah khatulistiwa dengan koordinat di antara 0°21’81″–1°09’16” LS dan 116°15’16″–117°24’16” BT.

Kota Samarinda memiliki batas-batas wilayah sebagai berikut:

  • Sebelah Utara Samarinda berbatasan dengan Kecamatan Muara Badak, Kutai Kartanegara
  • Sebelah Timur Samarinda berbatasan Kecamatan Muara Badak, Anggana, dan Sanga-Sanga di Kabupaten Kutai Kartanegara.
  • Sebelah Selatan Samarinda berbatasan Kecamatan Loa Janan, Kutai Kartanegara
  • Sebelah Barat Samarinda berbatasan Kecamatan Tenggarong Seberang dan Muara Badak di Kabupaten Kutai Kartanegara.

Banyak Sungai di Samarinda

Kota Samarinda di tepi sungai mahakam

Kota Samarinda di tepi sungai mahakam – foto ig @symsdn

Kota Samarinda memiliki banyak sungai. Ada 27 sungai alam yang mengalir di dalam Kota Samarinda dan tersebar di beberapa Kecamatan dan Kelurahan. Sebagai kota yang dibelah Sungai Mahakam, dalam sejarahnya sebagai kota sungai Samarinda memiliki transportasi air tradisional sejak dahulu, yakni Tambangan dan Ketinting.

Tambangan biasa digunakan sebagai alat transportasi menyeberang sungai dari daerah Samarinda Seberang ke kawasan Pasar Pagi. Ketinting menjadi moda transportasi sungai utama untuk menyeberangi sungai maupun menuju wilayah tertentu yang hanya bisa dinaiki oleh manusia dan barang.

Jembatan Mahkota 2, Jembatan Terindah di Samarinda

Jembatan Mahkota 2 Samarinda

Jembatan Mahkota 2 Samarinda – foto @symsdn

Kota Samarinda juga punya Banyak Jembatan indah. Hal ini tentuny atak lepas dari letak Kota Samarinda yang banyak dilalui oleh sungai-sungai besar. Salah satu jembatan yang menurut saya sangat indah dan berada di kota Samarinda adalah Jembatan Mahkota 2.

Jembatan Mahkota II adalah jembatan yang menghubungkan Sungai Kapih, kecamatan Sambutan dengan kelurahan Simpang Pasir, Palaran di kota Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia. Jembatan yang memiliki panjang sekitar 1.428 meter ini menjadi jembatan terpanjang di Kalimantan Timur.

Jembatan Mahkota 2 Saat Malam hari di Kota Samarinda

Jembatan Mahkota 2 Saat Malam hari di Kota Samarinda – foto ig @symsdn

Jembatan ini dinamakan Mahkota II (Mahakam Kota II) karena merupakan jembatan kedua yang dibangun di wilayah Kota Samarinda setelah Jembatan Mahakam (atau Mahkota I). Dengan berbagai pertimbangan serta proses uji keamanan Jembatan Mahkota II akhirnya baru dapat dibuka untuk umum sebagai bagian dari uji coba selama tiga pekan sejak 21 Juni 2017.

Bandar Udara Internasional Aji Pangeran Tumenggung Pranoto, Bandara Kota Samarinda

Bandar Udara Internasional Pranoto Samarinda

Bandar Udara Internasional Pranoto Samarinda – foto wisatabisni

Bandar Udara Temindung (kode AAP) merupakan bandar udara yang menghubungkan Samarinda dengan kota-kota di pedalaman Kalimantan Timur serta Balikpapan. Namun, sejak hari Rabu, 23 Mei 2018 operasional Bandara Temindung ditutup dan dipindahkan ke Bandar Udara Internasional Aji Pangeran Tumenggung Pranoto pada hari Kamis, 24 Mei 2018.

Bandar Udara Internasional Aji Pangeran Tumenggung Pranoto berlokasi di Jl. Poros Samarinda-Bontang, Kelurahan Sungai Siring, Kecamatan Samarinda Utara, Kota Samarinda. Bandara ini berjarak sekitar 30 km dari pusat kota, yang kurang lebih dapat ditempuh dalam 1 jam perjalanan. Kini, Bandara APT Pranoto telah melayani penerbangan dari dan menuju beberapa kota besar besar di Indonesia

Banyak Masjid Megah di Kota Samarinda

Sebagai salah satu kota Muslim terbesar di Kalimantan Timur, Samarinda tentuny amemiliki banyak Masjid yang menjadi icon dan ciri kebanggan warga Samarinda. Salah satunya adalah Masjid Islamic Center yang berada dipusat kota Samarinda dan tepian sungai Mahakam.

Islamic Center Samarinda Kalimantan Timur

Islamic Center Samarinda Kalimantan Timur – foto ig @symsdn

Masjid Islamic Center Samarinda adalah masjid yang terletak di kelurahan Teluk Lerong Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia, yang merupakan masjid termegah dan terbesar kedua di Asia Tenggara setelah Masjid Istiqlal.[butuh rujukan] Dengan latar depan berupa tepian sungai Mahakam, masjid ini memiliki menara dan kubah besar yang berdiri tegak.

Masjid ini memiliki luas bangunan utama 43.500 meter persegi. Untuk luas bangunan penunjang adalah 7.115 meter persegi dan luas lantai basement 10.235 meter persegi. Sementara lantai dasar masjid seluas 10.270 meter persegi dan lantai utama seluas 8.185 meter persegi.

Masjid Al- Misbah Samarinda

Masjid Al- Misbah Samarinda, Masji megah lainnya di Samarinda – foto ig @symsdn

Sedangkan luas lantai mezanin (balkon) adalah 5.290 meter persegi. Lokasi ini sebelumnya merupakan lahan bekas areal penggergajian kayu milik PT Inhutani I yang kemudian dihibahkan kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.

Bangunan masjid ini memiliki sebanyak 7 menara di mana menara utama setinggi 99 meter yang bermakna asmaul husna atau nama-nama Allah yang jumlahnya 99. Menara utama itu terdiri atas bangunan 15 lantai masing-masing lantai setinggi rata-rata 6 meter.

Sementara itu, anak tangga dari lantai dasar menuju lantai utama masjid jumlahnya sebanyak 33 anak tangga. Jumlah ini sengaja disamakan dengan sepertiga jumlah biji tasbih.

Masjid Raya Darussalam Samarinda

Masjid Raya Darussalam Samarinda, salah satu masjid megah di Samarinda – foto ig @symsdn

Masjid Megah lainnya yang juga berada di Samarinda adalah Masjid Raya Darussalam Samarinda.  Masjid Raya Darrusalam adalah masjid terbesar kedua di provinsi Kalimantan Timur setelah Masjid Islamic Center Samarinda yang tepatnya berada di kelurahan Pasar Pagi, Samarinda Ilir, Samarinda.

Masjid ini berada di tengah-tengah Kota Samarinda. Ciri yang mudah dilihat adalah, masjid ini memiliki 1 kubah besar dan beberapa kubah kecil yang berdampingan dengan kubah besar yang berwarna hijau dan memiliki 4 buah menara. Masjid ini berada di sisi Sungai Mahakam.

Tempat wisata di Kota Samarinda

Kota Samarinda memiliki beberapa objek wisata yang menjadi andalan dan sering dikunjungi wisatawan lokal. Berikut ini daftar wisata yang ada di Kota Samarinda.

Wisata alam Kota Samarinda

Objek wisata alam yang ada di Samarinda antara lain Air terjun Tanah Merah, Air terjun Berambai, Air terjun Pinang Seribu, Gunung Steling Selili, dan Kebun Raya Unmul Samarinda yang terdapat atraksi danau alam, kebun binatang dan panggung hiburan.

Wisata budaya Kota Samarinda

Untuk menikmati wisata budaya, wisatawan bisa mengunjungi Desa Budaya Pampang yang berjarak sekitar 20 km dari pusat kota. Pampang akan menampilkan atraksi budayanya dari suku Dayak Kenyah pada hari minggu.

Produk budaya dari Samarinda berupa ukir-ukiran dan pernak-pernik lainnya yang bisa didapatkan di Citra Niaga. Samarinda juga mempunyai produk tekstil yang bernama Sarung Samarinda dan Batik Ampiek, batik yang bermotif ukiran Dayak.

Wisata religi Kota Samarinda

Islamic Center Samarinda City

Islamic Center Samarinda City – symsdn

Beberapa tempat ibadah juga menjadi wisata religi di Samarinda seperti Masjid Shiratal Mustaqiem, masjid tertua di Samarinda. Tedapat pula Masjid Islamic Center Samarinda yang merupakan Masjid terbesar kedua di Asia Tenggara setelah Masjid Istiqlal di Jakarta.

Objek wisata ziarah di kota ini adalah Makam La Mohang Daeng Mangkona, pendiri Kota Samarinda. Sekitar 10 km ke arah barat kota Samarinda, terdapat goa Maria di Rumah Retret Bukit Rahmat, Loa Janan.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of