Mau Kepulau Semau, Ini Info Rute dan Transportasinya

Pulau Semau merupakan sebuah Pulau kecil yang berada diwilayah Kabupaten Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pulau ini hanya dihuni oleh 1 kecamatan saja. Mayoritas warga dipulau ini adalah Bertani, Nelayan, Berkebun, Berternak hingga mencari Kerang.

pulau Semau di Kupang

Biasanya banyak warga Kupang yang datang ke Pulau semau untuk liburan. Sebab dipulau Semau ada beberapa destinasi keren yang wajib dikunjungi seperti Pantai Liman dan pantai-pantai lainnya.

Baca JugaLokasi terbaik Melihat Sunset di Kupang

Sementara Warga pulau semau yang akan menyebrang ke Kupang biasanya selain hanya untuk berbelanja kebutuhan pokok juga untuk menjual hasil perkebunanya.

Cara Menuju Pulau Semau

Kapal penyebrangan Kayu ke Pulau Semau

Ada 2 cara menuju Pulau semau. Keduanya hanya melalui jalur laut saja alias menggunakan kapal. Namun ada 2 pilihan penyebrangan yang bisa kalian pilih yakni menggunakan Kapal angkutan Barang dan orang seperti kapal Fery atau menggunakan Kapal Kayu milik warga.

Kapal Fery dari Bolok ke Pulau Semau

Jika kalian menggunakan Kapal Fery maka kalian harus pergi ke Pelabuhan Bolok Kupang. Dari sana kalian naik kapal dengan harga Rp 8000 menuju pulau Semau. Sedangkan jika kalian membawa motor akan dikenakan biaya Rp 25.000 termasuk maksimal 2 penumpangnya.

Pelabuhan Bolok Kupang

Sayangnya Keberangkatan kapal dari Pelabuhan Bolok ke Pulau Semau ini hanya berlayar setiap 3 kali seminggu yakni Rabu, Sabtu dan Minggu. Selama hampir 1 jam perjalanan, kalian akan tiba di pelabuhan Fery pulau Semau. Dari sanalah perjalanan kalian bisa dilanjutkan dengan motor yang kalian sewa dari Kupang atau bisa menyewa Motor dari pulau Semau.

Naik Kapal Kayu Dari Tenau ke Pelabuhan Hansisi Pulau Semau

Seperti yang sudah diinfokan sebelumnya, Selain menggunakan Fery kita juga bisa menggunakan Kapal Kayu milik nelayan. Namun ukuran kapalnya jauh lebih kecil dan muatanya terbatas dibandingkan dengan kapal Fery.

Jalan perkampungan di Pulau Semau

Untuk Kebarangkatan Menuju Pulau Semau menggunakan Kapal Kayu hanya dilakukan di Pelabuhan Tenau Kupang. Nah dari Pelabuhan Tenau inah kita bisa naik naik kapal nelayan menuju Pelabuhan Hansisi yang ada di Pulau semau. Lokasinya tepat berada disamping loket Kapal atau ruang Tunggu kapal Pelni.

Baca Juga : Berkunjung ke Desa Adat Alor yang Unik

Pelabuhan Hansisi Pulau Semau

Biasanya Kapal akan mulai jalan atau menyebrang ke Pulau Semau saat penumpangnya sudah penuh. Jika tidak ya siap-siap aja menunggu berjam-jam hingga datang penumpang lainnya.

Tapi jika kalian punya uang, mendingan sewa saja kapalnya. Biaya sewa kapal untuk langsung menyebrang ke Semau adalah Rp 100.000 tapi dengan syarat maksimal 2 penumpang atau 1 motor saja.

Kapal yang biasa mengangkut Motor dan Warga dari Tenau ke Pulau Semau

Lama penyebrangan dari pulau Semau ke Tenau Kupang maupun Sebaliknya adalah 30 menit. Tapi jika cuaca kurang mendukung penyebranganya bisa lebih dari 30 menit. Kapal juga biasanya akan singgah di pelabuhan Ferry yang berada tak jauh dari pelabuhan Hansisi baik untuk menurunkan penumpang ataupun barang titipan.

Baca Juga : Wow Ada Patung Bunda Maria di Maumere di Atas Bukit

Oh ya satu lagi, jangan berharap ada pelampung saat menyebrang ya karena kapal yang berlalu lalang disini adalah kapal kecil biasa dan warga disana tidak terbiasa dengan pelampung. Tapi tenang, kapalnya jalan pelan jadi cukup amalah.

Dermaga Pelabuhan Hansisi Pulau Semau

Dari Pelabuhan Hansisi ini kalian tinggal melanjutkan perjalanan sesuai destinasi yang ingin kalian Tuju. Jika kalian tidak menyewa motor dari kupang maka mau tidak mau kalian meyewa ojek untuk mengantarkan kalian keliling.

Biasanya cukup mahal yakni Rp 250.000 termasuk abangnya juga ikut dan akan menjadi guide kalian. Tapi kalo kalian mau membawa sendiri bisa juga kok. Harga sewanya hanya Rp 100.000 saja per motor.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of