Jadwal Penyebrangan Kapal Fery Dari Sibolga ke Nias

Kalian Mau Ke Nias ? Tapi mau jalur laut alias Naik Kapal Fery.  Nah, berikut ini saya mencoba mencatat dan berbagi info  mengenai Harga Tiket, Jadwal Kapal dan Lama perjalananya setelah sebelumnya saya melakukan Solo Backpacker kesana.

Berfoto didepan Lokasi Loncat Batu

Untuk pergi ke Nias kita bisa melalui 2 jalur yakni jalur Udara alias menggunakan Pesawat dan Jalur Laut dengan menggunakan Kapal penyebrangan. Selain karena Nias Merupakan sebuah Kepualauan, Nias juga berada cukup jauh dari pusat pemerintahan Provinsi Sumatera Utara. Maka dari itu, aktivitas penyebrangan kapal dari dan ke Nias menjadi moda Transportasi utama.

Pelabuhan Gunung Sitoli dan Pelabuhan Teluk Dalam Nias

Oh ya jangan lupa, ada 2 Pelabuhan besar di Pulau Nias. Yang pertama adalah Melalui pelabuhan Kota Gunung Sitoli. Yang kedua adalah Pelabuhan Teluk Dalam di Nias Selatan. Tapi untuk jadwal keberangkatan Kapal dari Sibolga ke Teluk Dalam sendiri hanya ada diwaktu tertentu saja. Namun jika kita melalui penyebrangan Sibolga – Gunung Sitoli, maka jadwalnya ada setiap hari.

Baca JugaPantai Saroke, Pantai Terbaik untuk Surfing si Nias

Pelabuhan Teluk Dalam Nias Selatan

Satu lagi, Jika kalian ingin langsung kepusat Wisata Nias seperti Lokasi Lompat Batu atau kawasan Pantai surfing seperti Sorake dan Lagundri maka kalian harus Pilih rute yang paling terdekat yaitu melalui Jalur Sibolga – Teluk Dalam ibu kota Kabupaten Nias Selatan.

Pelabuhan Penyebrangan Sibolga

Karena penyebrangan Kapal ke Nias yang paling banyak dari kota Sibolga, Maka Setibanya kalian dipusat Kota Sibolga, kita tinggal menuju ke pelabuhan Penyebrangan Fery saja. Di Sibolga ada banyak pelabuhan. Mulai dari pelabuhan Lama Sibolga, Pelabuhan Baru Sibolga dan pelabuhan lainnya. Jadi pastikan kalian naik dari pelabuhan Fery yang akan menuju ke Nias.

Baca JugaJadwal Kapal Ke Tugu Nol Kilometer Sabang Aceh

Jadwal Kapal ke Nias dan Harga Tiketnya

Untuk jadwal keberangkatan kapal fery Dari Sibolga ke pulau Nias biasanya Malam hari sekitar pukul 21.00 dan akan tiba di Kota Gunung sitoli Nias sekitar pukul 07.30 pagi, namun terkadang bisa sampai pukul 09.00. Hati2 guys jika mau membeli Tiketnya karena disana banyak sekali Calo2 tiket kapal yang berkeliaran.

Pelabuhan Gunung Sitoli Nias

Jadwal Kapal Fery yang melayani Rute Sibolga – Nias ada setiap hari. Selain menggunakan kapal Fery, sebenarnya ada banyak jenis kapal yang bisa digunakan untuk sampai ke Nias. Ada kapal Cepat, Kapal Pelni atau kapal Barang. Nah tinggal kalian pilih saja mau naik apa, sesuaikan saja dengan jadwal kalian.

Untuk harga tiket penyebrangan Kapal dari Sibolga ke Nias atau sebaliknya adalah Rp 65.000 / Pengunjung (2019) plus 4000 biaya masuk pelabuhan . Biasanya jika kita naik kapal Fery harga tersebut sudah termasuk kasur atau ranjang untuk Beristirahat. Namun jika dirasa ingin lebih nyaman pakai Ac, kalian tinggal upgrade ke kelas bisnis aja.

Sementara harga Penyebrangan untuk kendaraan jenis Motor atau Mobil beragam disesuaikan dengan jenis kendaraanya, bobotnya dan muatanya. Kepastian harganya bisa kalian lihat langsung saat kalian tiba di pelabuhan. Yang jelas, harga penyebrangan untuk mobil udah mengcover biaya tiket 1 supirnya.

Baca JugaJadwal kapal penyebrangan kewisata Pulau Banyak

Enaknya pasang Hammock sambil Bersantai di atas kapal

Berikut ini Detail Jadwal Keberangkatan Kapal dari Sibolga ke Nias (April 2019) :

1. Jadwal Kapal Fery Km Belanak dari Sibolga Ke Gunung Sitoli Nias

Senin : Mulai Pukul 19.00
Selasa : Mulai Pukul 20.00
Rabu : Mulai Pukul 20.30
Kamis : Mulai Pukul 19.00
Jumat : Mulai Pukul 19.30
Sabtu : Mulai Pukul 19.00
Minggu : Mulai Pukul 19.00

Pantai Saroke Nias Selatan

2. Jadwal Kapal Fery Km Simelue dari Sibolga Ke Teluk Dalam Nias

Senin : Mulai Pukul 18.00

Catatan : Jadwal Kapal Fery bisa berubah sewaktu-waktu. Dan Kapal Fery dari Nias ke Sibga tidak akan berlayar di Hari Minggu. Jadi jangan sampai salah jadwal ya.

Omed

Bapaknya komunitas Backpacker Jakarta yang hanya ingin menceritakan pengalaman saya berkeliling Indonesia selama 360 Hari ke 34 Provinsi dan lebih dari 380 Kabupaten atau kota se Indonesia. Jangan lupa Follow Instagram @kataomed untuk melihat aktivitas dan keseharian saya

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of