KATA OMED

Jadwal Kapal Pelni KM Lawit dari Pontianak ke Tanjung Pandan Belitung

Bagi warga Pontianak, jika kalian mau liburan ke Belitung dan kalian juga punya banyak waktu atau sedang tidak terburu-buru, cobalah pelayaran kapal pelni dari Pontianak ke Belitung. Saat ini ada kapal pelni yang melayani rute penyebrangan dari pelabuhan Dwikora Pontianak menuju pelabuhan Tanjung pandan di Pulau Belitung. Kapal pelni yang melayani rute ini adalah kapal pelni KM Lawit.

Kapal pelni KM Lawit – foto kapalpenumpangpelni

Kapal Pelni KM lawit melayani rute penyebrangan dari Pontianak ke Belitung saja tanpa singgah dimana-mana dulu. Selain melayani Rute ke Belitung, kapal pelni Km lawit juga meklyani rute lainnya yakni ke kota Pontianak yanga da diprovinsi kalimantan Barat. Nantinya kapal dari pontianak menuju Jakarta atau kapal dari Jakarta menuju Pontianak akan singgah di pelabuhan Tanjung Pandang Belitung ini.

Baca Juga 

Namun sayangnya saat ini jadwal keberangkatanya hanya ada 2 kali sebulan. Dan itupun jadwalnya tidak pasti setiap tanggal berapa sebab pelayaran kapal pelni disesuaikan dengan waktu dan kondisi serta disesuaikan cdengan pelayaran lainnya. Namun yang pasti pelayaran dari jakarta ke belitung ada setiap 2 kali sebulan.

TENTANG PELABUHAN TANJUNG PANDAN BELITUNG

Pulau Belitung memang menjadi salah satu pulau wisata terbaik saat ini mengingat banyak sekali wisatawan yang datang ke pulau yang terkenal karena Film Laskar pelangi. Biasanya wisatawan yang datang ke Belitung datang menggunakan Pesawat melalui Bandara Tanjungpandan. Namun tak ada salahnya jika kalian mencoba lalu lintas lainnya ke Belitung yakni melalui pelabuhan kapal Laut.

Pelabuhan Tanjung Pendam Belitung I foto belitungsite.com

Pulau Belitung yang masuk kedalam wilayah provinsi kepulauan Bangka Belitung memiliki sebuah pelabuahn besar yag tak hanya digunakan untuk pelabuhan barang dan jasa saja namun juga tempat singgah kapal-kapal besar lainnya yang melintasi jalur atau kawasan Internasional selat Malaka. Namanya adalah pelabuhan Tanjung Pandan.

Pelabuahn Tanjung Pandan adalah sebuah pelabuhan kapal laut yang ada di kecamatan Tanjungpandan bagian dari Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Indonesia. Kota Tanjungpandan sendiri menjadi pusat pemerintahan atau ibu kota dari Kabupaten Belitung. Lokasi Pelabuhan Tanjungpandan Belitung berada di sisi Selatan Kota Tanjungpandan atau tepatnya berada di daerah muara Sungai Cerucuk yang hanya berjarak sekitar 700 m dari Tugu Batu Satam yang menjadi icon kota Belitung.

Pelabuhan tanjung pandan belitung – foto Sewa Mobil Belitung Transport

Baca Juga :

TENTANG PONTIANAK

Kota Pontianak adalah ibu kota provinsi Kalimantan Barat, Indonesia. Kota ini dikenal sebagai Kota Khatulistiwa karena dilalui garis khatulistiwa. Di utara kota Pontianak, tepatnya Siantan, terdapat Tugu Khatulistiwa yang dibangun pada tempat yang dilalui garis khatulistiwa.

Kota Pontianak – foto pegipegi

Selain itu, Kota Pontianak dilalui oleh Sungai Kapuas dan Sungai Landak. Kedua sungai itu diabadaikan dalam lambang Kota Pontianak. Kota ini memiliki luas wilayah 107,82 kilometer persegi. Penduduk kota Pontianak didominasi etnis Melayu dan Tionghoa. Selain itu terdapat pula etnis Dayak, Jawa, Bugis, Madura, Arab, Sunda, Banjar, Batak, Minangkabau dan lain-lain (wikipedia).

Baca Juga ya :

Salah satu pelabuhan utama di kota Pontianak adalah Pelabuhan Dwikora. Pelabuhan ini berbeda dari pelabuhan biasanya karena berada ditepi sungai Kapuas dan menjadi nadi utama jalur penghubung Kota Pontianak dengan kota-kota lainny adiluar kalimantan terutama dipulau Jawa seperti ke Semarang, Surabaya dan Jakarta.

pelabuhan dwikora pontianak – foto Tribun Pontianak

Pelabuhan Utama Pontianak terletak di tepi Sungai Kapuas di daerah pusat Pontianak. Lokasinya juga dekat dengan Kantor Walikota Pontianak. Nah jika kalian melewati jalan dekat kawasan perkatoran disana dan melihat banyak sekali peti kemas atau kapal-kapal besar lalu lalang, disanalah lokasi pelabuhan Dwikora berada. Okelah berikut ini adalah jadwal keberangkatan Kapal Pelni KM Lawit yang berangkat dari kota Pontianak menuju Kota Tanjung Pandan Belitung.

Pelni KM Lawit dari Pontianak ke Tanjung Pandan Belitung – dialihkan ke Belinyu Bangka 

Rute pelayaran : PONTIANAK – TANJUNG PANDAN (BELITUNG) dialihkan ke Belinyu Bangka
Nama Kapal Pelni : KM.LAWIT

Berangkat dari Pontianak: 03-07-2019 pukul 19:00 Tiba : 04-07-2019 pukul 20:00

Berangkat dari Pontianak : 17-07-2019 pukul 19:00 Tiba : 18-07-2019 pukul 19:00

Tarif penumpang atau harga tiket kapal pelni KM lawit dari Pontianak ke Belitung : Rp 179.000 Rp 23.000

 

Baca Juga

peta Bangka Belitung I foto dianakusuma

CATATAN PENTING

1. Harga, Jadwal Kapal dapat berubah sewaktu2 disesuaikan Keadaan dan waktu.
2. Jika kalian tahu ada update atau perubahan terbaru baik harga tiket maupun Jadwal kapal, silahlan komen dibawah ini agar bisa segera saya update juga.
3. Tetap hati-hati dan selalu waspada selama diperjalanan. Jangan gampang terbujuk rayu oleh orang yang menawarkan bantuan Apalagi menerima ajakan dan tawaran orang gak dikenal.
4. Biar hemat bawa makanan atau minuman saja dari luar dan bisa kalian makan saat sudah berada diatas kapal. Dikapal Pelni ada air panas gratis kok jadi bisa nyeduh kopi atau mie instan.
5. Jadwal kapal diatas hanya contoh Sebagian saja. Untuk Jadwal lengkap dan realnya silahkan dicek disitus pelni.co.id

Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

Omed

Bapaknya komunitas Backpacker Jakarta yang hanya ingin menceritakan pengalaman saya berkeliling Indonesia selama 360 Hari ke 34 Provinsi dan lebih dari 380 Kabupaten atau kota se Indonesia. Jangan lupa Follow Instagram @kataomed untuk melihat aktivitas dan keseharian saya

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of