KATA OMED

Jadwal kapal Pelni dari Tual ke Banda Neira dan Tual ke Saumlaki

Kota Tual adalah sebuah kota di Provinsi Maluku, Indonesia. Kota Tual pernah menjadi bagian dari Kabupaten Maluku Tenggara  sebelum akhirnya memisahkan diri menjadi kota Sendiri. Kota Tual yang merupakan daerah kepulauan, keadaan ini menuntut adanya sarana transportasi laut yang memadai. Trayek-trayek pelayaran umum yang ada di Kota Tual Antara lain:

1. Trayek Kapal PELNI (KM Tidar, KM Kelimutu, KM Tatamelau)
2. Trayek Kapal Perintis (KM Tanjung Tungkor, KM Lestari, KM Alken, KM Abadi Permai, KM Banda Naira, KM maloli )
3. Trayek Feri
4. Trayek Pelayarn Lokal/Rakyat.

Pelabuhan Tual – foto @sandalbusuJumlah penduduk Kota Tual hingga juni 2010 berdasarkan data dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Tual adalah sebesar 70.367 jiwa dan tingkat kepadatan penduduk sebesar 15 jiwa/Km2 dengan perincian sebaran penduduk terbesar berada di Kecamatan Pulau Dullah Selatan dan sebaran penduduk terkecil berada di Kecamatan Pp. Kur. Penduduk asli Kabupaten ini adalah suku Kei, disamping orang-orang asal daerah lain yang menetap di kabupaten ini, misalnya orang asal Jawa, Bugis dan Makasar serta Buton dan Ambon yang menetap sebagai pedagang (wikopedia).

Kota Tual Maluku – foto TravellersID

Berikut ini jadwal keberangkatan kapal Pelni dan harga tiket maupun rutenya dari Pelabuhan Tual  ke Banda Neira dan juga Tual ke Saumlaki.

TUAL – BANDA NAIRA

Tau dong lagu Banda Neira, apalagi kamu penggiat alam pasti tau dan pernah denger lagunya maupun filmnya. Nah Kota Banda Naira adalah salah satu pulau di Kepulauan Banda, dan merupakan pusat administratif Kecamatan Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku, Indonesia. Secara administratif, Banda Neira terbagi dalam 6 desa, yakni Dwiwarna, Kampung Baru, Merdeka, Nusantara, Rajawali, dan Tanah Rata.

Baca juga :

Banda Neira Maluku – foto pegipegimulu

Pulau Banda Neira memiliki kantor pemerintahan, toko, dermaga, dan bandara. Penduduk pulau ini berjumlah 14.000. Banda Neira pernah menjadi pusat perdagangan pala dan fuli (bunga pala) dunia, karena Kep. Banda adalah satu-satunya sumber rempah-rempah yang bernilai tinggi itu hingga pertengahan abad ke-19. Kota modernnya didirikan oleh anggota VOC (wikipedia).

Berikut ini adalah jadwal keberangkatan kapal pelni KM Nggapulu yang berlayar dari Kota Tual menuju kota Banda Neira Maluku :

Rute lintasan pelayaran : TUAL – BANDA NAIRA
Kapal pelni : KM.NGGAPULU
Berangkat Dari Tual : 11-07-2019 | 23:59
Tiba dipelabuhan Banda Neira : 12-07-2019 | 12:00
Tarif penumpang kapal km nggapulu dari Tual ke Banda Neira: Rp 146.500 Rp 21.000

TUAL – SAUMLAKI

Saumlaki adalah ibu kota Kabupaten Kepulauan Tanimbar yang mencakup seluruh Kepulauan Tanimbar. Kabupaten ini tergolong baru berdiri, setelah berpisah dengan Kabupaten Maluku Tenggara pada tahun 2002. Saumlaki juga merupakan kelurahan yang berada di Kecamatan Tanimbar Selatan, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku, Indonesia.

Pelabuhan Saumlaki kepulauan Yamdena Maluku – foto adheb.blog

Letak Saumlaki tepatnya berada di Pulau Yamdena yang merupakan bagian dari Kepulauan Tanimbar dengan pengaruh kental misionaris Katolik yang hadir sejak tahun 1629.

Baca Juga ya :

Pelabuhan di Saumlaki sering disandari oleh kapal-kapal dari Australia. Terutama pada kegiatan Sail Darwin-Saumlaki yang diadakan setiap setahun sekali. Biasanya para peserta acara tersebut turun dan menyinggahi pantai dan desa-desa di sekitar Saumlaki. Salah satu desa yang menjadi tujuan adalah desa Tumbur. Desa ini terkenal akan kerajinan patung kayunya (wikipedia).

Berikut ini adalah jadwal keberangkatan kapal pelni KM Sirimau dan Km Leuser yang berlayar dari Kota Tual menuju kota Saumlaki Yamdena kepulauan Tanimbar Maluku.

1. Tual ke Saumlaki naik kapal pelni km. Sirimau

Rute pelayaran : TUAL – SAUMLAKI
Kapal pelni : KM.SIRIMAU
Berangkat dari Tual : 05-07-2019 | 21:00
Tiba di Saumlaki Yamdena : 06-07-2019 | 16:00
Tarif penumpang kapal sirimau dari Tual ke Saumlaki : Rp 135.500 Rp 19.000

2. Dari Tual ke Saumlaki naik Kapal Pelni km Leuser

Rute lintasan : TUAL – SAUMLAKI
Nama Kapal pelni : KM.LEUSER
Berangkat dari pelabuhan Tual : 13-07-2019 | 06:00
Tiba di Saumlaki kepulauan Tanimbar: 14-07-2019 | 01:00
Tarif penumpabg dari Tual ke Saumlaki : Rp 135.500 Rp 19.000

Baca juga :

Peta Saumlaki Yamdena – Foto maluku

CATATAN PENTING

1. Harga, Jadwal Kapal dapat berubah sewaktu2 disesuaikan Keadaan dan waktu.
2. Jika kalian tahu ada update atau perubahan terbaru baik harga tiket maupun Jadwal kapal, silahlan komen dibawah ini agar bisa segera saya update juga.
3. Tetap hati-hati dan selalu waspada selama diperjalanan. Jangan gampang terbujuk rayu oleh orang yang menawarkan bantuan Apalagi menerima ajakan dan tawaran orang gak dikenal.
4. Biar hemat bawa makanan atau minuman saja dari luar dan bisa kalian makan saat sudah berada diatas kapal. Dikapal Pelni ada air panas gratis kok jadi bisa nyeduh kopi atau mie instan.
5. Jadwal kapal diatas hanya contoh Sebagian saja. Untuk Jadwal lengkap dan realnya silahkan dicek disitus pelni.co.id
6. Jika ingin menanyakan jadwal dan rute lebih lanjut, silahkan tulis dikolom komentar nanti saya balas.

Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of