KATA OMED

Jadwal kapal Pelni dari Sorong ke Kaimana dan ke Timika

Kota Sorong sangatlah strategis karena merupakan pintu keluar masuk dan transit ke Provinsi Papua Barat. Kota Sorong juga merupakan kota industri, perdagangan dan jasa, karena Kota Sorong dikelilingi oleh kabupaten lain yang mempunyai sumber daya alam yang sangat potensial.

Salah satu pelabuhan besarnya yakni pelabuhan kapal Ferry Sorong juga banyak melayani rute-rute penyebrangan kapal kekota dan kepulau lainnya seperti rute Ke kota kaimana,Tual Hingga Timika. Berikut ini info lengkapnya.

Baca jugaJadwal lengkap kapal pelni dari Sorong ke Fakfak

Pelabuhan Kota Sorong – foto Liputan Medan Satu

Kabupaten Kaimana adalah salah satu kabupaten di provinsi Papua Barat, Indonesia. Kabupaten Kaimana berdiri berdasarkan Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2002 tentang Pembentukan Kabupaten Sarmi, Kabupaten Keerom, Kabupaten Sorong Selatan, Kabupaten Radja Ampat, Kabupaten Pegunungan Bintang, Kabupaten Yahukimo, Kabupaten Tolikara, Kabupaten Waropen, Kabupaten Kaimana, Kabupaten Boven Digoel, Kabupaten Mappi, Kabupaten Asmat, Kabupaten Teluk Bintuni, Kabupaten Wondama di Provinsi Papua.

Pelabuhan kaimana Papua – foto @garudainfrastructure

Rute kapal Pelni dari Sorong – Kaimana

Ibukota kabupaten ini terletak di Distrik Kaimana. Luas wilayah darat dan laut Kabupaten Kaimana adalah 36.000 km2, terdiri atas luas daratan mencapai 18.500 km2 dan Luas lautan/perairan ± 17.500 km2.

Saat ini untuk mencapai Kaimana, dapat dilakukan melalui jalur laut dan udara. Jika menggunakan Kapal laut biasanya menggunakan kapal Pelni dengan kapasitas 1500 penumpang berlayar dari Tanjung Priok (Jakarta), Tanjung Perak (Surabaya), Soekarno Hatta (Makassar), Baubau, Ambon, Banda, Tual, Kaimana, Fakfak dan dari Sorong akan berangkat dua kali dalam sebulan.

Baca JugaJadwal keberangkatan kapal pelni dari jakarta – Makasar – Ambon – Sorong hingga Jayapura

Kapal pelni dipelabuhan Kaimana papua – foto @fahmirisdan

1. Sorong Kaimana via kapal Pelni Km Tatamailau

Rute : SORONG – FAK-FAK – KAIMANA
Kapal : KM.TATAMAILAU
Berangkat : 15-06-2019 pukul 16:00
Tiba : 16-06-2019 pukul 22:00
Tarif : Dewasa Rp 240.000 dan Anak2 Rp 28.000

2. Kapal pelni Sorong ke Kaimana via Km Tidar

Rute : SORONG – FAK-FAK – KAIMANA
Kapal : KM.TIDAR
Berangkat dari Sorong : 25-06-2019 pukul 08:00
Tiba di Kaimana : 26-06-2019 pukul 09:00
Tarif penumpang : Dewasa Rp 240.000 dan Anak2 Rp 28.000

Selain ke Kaimana, Kapal pelni dari Sotong juga akan singgah di Timika. Timika adalah sebuah kota di Papua, Indonesia yang merupakan ibu kota Kabupaten Mimika. Timika merupakan kota yang berorientasi pada bidang industri dan jasa sebab di kota ini terdapat berbagai perusahaan berskala nasional akibat kehadiran PT. Freeport Indonesia.

Rute kapal pelni dari Sorong – Timika

Mayoritas penduduknya adalah pendatang dari berbagai wilayah Indonesia. Timika juga merupakan konsentrasi Warga Negara Asing (WNA) yang sedang berada di Papua. Rata-rata mereka bekerja di areal PT Freeport Indonesia. Kurang lebih 2.000 orang yang berasal dari negara Amerika Serikat, sisanya merupakan WNA dari Jepang, Kanada, Australia dan Jerman (wikipedia).

Baca JugaJadwal keberangkatan kapal pelni dari Merauke ke Timika dan Sorong

Timika Papua – foto ismyalmira

Jadwal kapal : 2 kali sebulan
Rute : SORONG – FAK-FAK – KAIMANA – TUAL – TIMIKA
Nama Kapal : KM.TATAMAILAU
Berangkat dari Sorong : 15-06-2019 pukul 16:00
Tiba di Timika : 18-06-2019 pukul 10:00
Tarif : Dewasa Rp 423.000 dan Anak2 Rp 46.000

CATATAN PENTING

1. Harga, Jadwal Kapal dapat berubah sewaktu2 disesuaikan Keadaan dan waktu.
2. Jika kalian tahu ada update atau perubahan terbaru baik harga tiket maupun Jadwal kapal, silahlan komen dibawah ini agar bisa segera saya update juga.
3. Tetap hati-hati dan selalu waspada selama diperjalanan. Jangan gampang terbujuk rayu oleh orang yang menawarkan bantuan Apalagi menerima ajakan dan tawaran orang gak dikenal.
4. Biar hemat bawa makanan atau minuman saja dari luar dan bisa kalian makan saat sudah berada diatas kapal. Dikapal Pelni ada air panas gratis kok jadi bisa nyeduh kopi atau mie instan.
5. Jadwal kapal diatas hanya contoh Sebagian saja. Untuk Jadwal lengkap dan realnya silahkan dicek disitus pelni.co.id

Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

Omed

Bapaknya komunitas Backpacker Jakarta yang hanya ingin menceritakan pengalaman saya berkeliling Indonesia selama 360 Hari ke 34 Provinsi dan lebih dari 380 Kabupaten atau kota se Indonesia. Jangan lupa Follow Instagram @kataomed untuk melihat aktivitas dan keseharian saya

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of