KATA OMED

Jadwal Kapal Dari Jayapura ke Sarmi, Teba, Trimuris dan Kasonaweja Mamberamo Raya Via Km Cantika Lestari 77

Published · Updated

Kapal KM Cantika Lestari 77 adalah salah satu kapal Fery Express atau kapal Cepat milik PT Pelayaran Dharma Indah yang melayani lintasan perairan dikawasan Maluku dan juga Papua. Untuk wilayah perairan di Maluku, Kapal KM Cantika Lestari 77 melayani rute Ambon ke kawasan kabupaten Seram Bagian Timur. Sedangkan untuk wilayah di Papua, Kapal KM Cantika Lestari 77 melayani rute dari Jayapura ke kabupaten Mamberamo Raya dan Jayapura ke Kabupaten Sarmi.

Kabupaten Mamberamo Raya adalah salah satu kabupaten di provinsi Papua, Indonesia. Ibukota kabupaten ini terletak di Burmeso. Kabupaten ini merupakan pemekaran dari Kabupaten Sarmi dan Kabupaten Waropen, berdasarkan UU No. 19 Tahun 2007 yang disahkan pada tanggal 15 Maret 2007. Menurut data BPS provinsi Papua, jumlah penduduk kabupaten Mamberamo Raya pada tahun 2017 berjumlah 22.313 jiwa dengan kepadatan 0,94 jiwa/km².

Baca juga ya :

Kabupaten Mamberamo Raya

Kabupaten Mamberamo Raya – foto yaa.com

Kabupaten Mamberamo Raya mempunyai batas-batas wilayah seperti bagian Utara berbatasan dengan Samudera Pasifik, kemudian wilayah Timur berbatasan dengan Kabupaten Sarmi, wilayah Selatan berbatasan dengan Kabupaten Puncak Jaya dan Kabupaten Tolikara serta di sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Waropen dan Kabupaten Kepulauan Yapen.

Untuk rute KM Cantika Lestari 77 dari Jayapura ke Kabupaten Sarmi dilayani dengan 1 kapal yang sama dengan rute kapal dengan tujuan ke kabupaten Mamberamo  Raya. Hal ini dikarenakan posisi kabupaten Sarmi dan kabupaten Mamberamo Raya sangat berdekatan jadi yah sekali angkut 2 kabupaten terlampaui.

Peta lokasi Kabupaten Sarmi

Peta lokasi Kabupaten Sarmi – foto persakmi.com

Kabupaten Sarmi adalah salah satu kabupaten di provinsi Papua, Indonesia. Ibu kota kabupaten ini terletak di Kota Sarmi. Kabupaten Sarmi terletak di bagian utara Pulau Papua, dengan jumlah penduduk 38.210 jiwa. Kabupaten Sarmi terdiri atas 10 distrik, 2 kelurahan, dan 92 kampung.

Sebagian besar penduduk Sarmi menggantungkan kebutuhan hidup mereka pada kemurahan alam dari hutan dan laut. Sagu sebagai makanan pokok penduduk tumbuh subur di hampir semua wilayah kabupaten ini. Nama Sarmi adalah singkatan dari nama suku-suku besar yang terdapat di wilayah ini, yakni Sobey, Armati, Rumbuai, Manirem, dan Isirawa.

Kapal KM Cantika Lestari 77

Kapal KM Cantika Lestari 77 merupakan kapal penumpang berbendera Indonesia yang dibangun tahun 2014 dengan konstruksi dasar baja di galangan kapal PT. Cipta Marina Ilmi, Bitung, Sulawesi Utara. Kapal dimiliki dan dioperasikan oleh
PT. Pelayaran Dharma Indah, Ambon.  Kapal KM Cantika Lestari 77 mampu mengngkut hingga 500 penumpang sekaligus.

KM  Cantika Lestari 77

KM  Cantika Lestari 77 – foto nokenlive.com

Kapal KM Cantika Lestari 77 memiliki Panjang Keseluruhan (Length Overall) sebesar 64,65 m, Panjang (Length Between Perpendicular) sebesar 59.54 m, Lebar keseluruhan (Breadth) sebesar 9.20 m, Dalam (Depth) sebesar 2.90 m dan sarat (draft) sebesar 2.50 m. Tonase Kotor sebesar 963 GT dan Tonase Bersih sebesar 358 NT.

Selain melayani kawasan di Papua yakni kabupaten Sarmi dan kabupaten Mamberamo Raya, Kapal KM Cantika Lestari 77 juga melayani rute di wilayah maluku lainnya yakni di kabupaten SBT atau Seram bagain timur seperti pelabuhan Bula, Gesar dan Gorom. Rute ini juga sudah dilayari oleh Kapal KM Cantika Lestari 77.

Rute Kapal KM Cantika Lestari 77

Salah satu pelabuhan yang dilintasi oleh Kapal KM Cantika Lestari 77 adalah Pelabuhan Teba. Pelabuhan Teba adalah sebuha pelabuhan rakyat yang berada di Tamakuri, Sawai, Kabupaten Mamberamo Raya, provinsi Papua. Pelabuhan Teba adalah pintu masuk kapal-kapal ini di muara sungai Mamberamo Raya menuju kota-kota yang ada disepanjang sungai Mamberamo.

Baca Juga :

Kapal Cantika Lestari 88

Kapal Cantika Lestari 88

Pelabuhan lainnya yang dilintasi oleh Kapal KM Cantika Lestari 77 adalah pelabuhan Kasonaweja. Pelabuhan Kasonaweja adalah pelabuhan sungai yang ada di Distrik Mamberamo Tengah Kabupaten Mamberamo Raya.  Nah dari pelabuhan  Kasonaweja ini kita artinya sudah dipenghujung lintas perkotaan atau rute terakhi Kapal KM Cantika Lestari 77 di Mamberamo raya.

Saat ini jadwal rute Kapal KM Cantika Lestari 77 adalah dari pelabuhan Jayapura menuju pelabuhan diwilayah Sarmi dan Mamberamo Raya. Dari kota Jayapura ke Sarmi, Teba, Trimuris dan ke pelabuhan Kasonaweja Mamberamo Raya. Dari rute tersebut bisa disimpulkan jika Kapal KM Cantika Lestari 77 akan singgah di pelabuhan :

  • Pelabuhan Jayapura
  • Pelabuhan Sarmi
  • Pelabuhan Teba
  • Pelabuhan Trimuris
  • Pelabuhan Kasonaweja

Jadwal Kapal KM Cantika Lestari 77

Saat ini jadwal keberangkatan Kapal KM Cantika Lestari 77 dari pelabuhan Jayapura menuju pelabuhan Sarmi, Teba, Trimuris dan ke pelabuhan Kasonaweja Mamberamo Raya adalah seminggu 1-2 kali. Dan Berikut ini adalah jadwal detail Kapal KM Cantika Lestari 77 dari Jayapura:

Hari Selasa / Hari Rabu

**

CATATAN PENTING

  1. Datang 1-2 jam sebelum jam keberangkatan agar mendapat tempat yang nyaman dan tidak ketinggalan kapal
  2. Tiket bisa dibeli diloket pelabuhan terdekat atau hari H saat akan naik kapal
  3. Jaga sellau barang2 bawaan karena dikapal banyak sekali orang yang naik dan berlalu lalang.
  4. Bawa Makanan,  minuman dan cemilan sendiri untuk bekal selama di kapal
  5. Bawa sesuatu yang bikin nyaman karena perjalanan cukup panjang
  6. Bawa Identitas diri yang lengkap

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of