KATA OMED

Jadwal Kapal Cepat Dari Pelabuhan Tulehu Ambon ke Amahai Masohi

Published · Updated

Jadwal Kapal Cepat Dari Pelabuhan Tulehu Ambon ke Amahai Masohi menggunakan 3 kapal express berbeda-beda diantara KM express Cantika Torpedo, Km Express Cantika 88 dan Km Express Priscilia 99. Salah satu transportasi yang sering digunakan oleh warga kota Masohi untuk berpergian ke Ambon adalah melalui kapal Cepat atau kapal Express yang berlayar dari pelabuhan Amahai menuju pelabuhan Tulehu kota Ambon.

Selain menuju kota Ambon, Pelabuhan Tulehu juga melayani rute-rute lainnya seperti  ke Pulau Saparua, ataupun ke kepulauan yang lainnya disekitaran Maluku. Bahkan banyaknya wisatawan yang ingin berkunjung ke kawasan wisata Ora Beach, Paperu Beach, dan kepulauan di sekitarnya, pelabuhan ini terus berkembang dan terus menambah jumlah armada penyebranganya.

Pelabuhan Tulehu Ambon

Pelabuhan Tulehu Ambon – foto americaindonesia

Sekilas Tentang Kota Masohi

Kota Masohi adalah Ibukota dari Kabupaten Maluku Tengah yang berada di Pulau Seram dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Seram bagian Barat serta Kabupaten Seram Bagian Timur. Seperti yang sudah dijelaskan diatas jika ingin menuju Kota Masohi dari Ambon kita harus menggunakan jalur laut yakni naik kapal cepat atau kapal ferry.

Jika menggunakan kapal cepat maka berangkat dari Pelabuhan Tulehu kota Ambon menuju pelabuhan Amahai Masohi dengan waktu tempuh sekitar 90 dan dilanjutkan berkendara kurang lebih 15 menit ke pusat kota Masohi.

Baca Juga ya :

Kota Masohi

Kota Masohi – foto indonesiakaya

Jika menggunakan kapal ferry berangkat dari pelabuhan Liang di Ambon ada dua alternatif yaitu melalui pelabuhan Kairatau tetapi butuh 2 jam menuju pelabuhan Kairatu dan dilanjutkan perjalanan darat kurang lebih 2-3 jam hingga tiba di kota Masohi.

Alternatif kedua yakni langsung ke pelabuhan Ina Marina di Masohi dengan jarak tempuh dua setengah jam. Untuk Fery ke pelabuhan Ina Marina dilayani sehari dua kali.

Jadwal Kapal Cepat Dari Pelabuhan Tulehu Ambon ke Amahai Masohi

Untuk Jadwal keberangkatan Kapal Cepat Dari Pelabuhan Tulehu Ambon ke Amahai Masohi biasanya dilakukan 2 kali dalam sehari. Tercatat Ada 3 Kapal Cepat atau kapal express yang melayani rute Pelabuhan Tulehu Ambon menuju pelabuhan  Amahai kota Masohi maupun rute sebaliknya yaitu:

  1. KM. Express Priscilia 99
  2. KM. Express Cantika 88 dan
  3. KM. Cantika Torpedo

Rute Ambon – Masohi

Untuk Jadwal kapal express dari Tulehu Ambon ke pelabuhan Amahai di Masohi,  Ketiganya memiliki jadwal bergantian setiap harinya dengan jadwal keberangkatan dibagi kedalam 2 kategori yakni :

  • keberangkatan Kapal pagi pukul 09.00 WIT dan Tiba pukul 10.30 WIT
  • keberangkatan Kapal sore pukul 16.00 WIT dan Tiba pukul 17.30 WIT

Rute Masohi – Ambon

Sementara untuk jadwal keberangkatan kapal fery express baik itu kapal Express Priscilia, Kapal Cantika Torpedo atau Express Cantika 88  dengan rute Amahai Masohi ke pelabuhan Tulehu Ambon adalah :

  • keberangkatan Kapal pagi pukul 07.00 WIT – Tiba Pukul 08.30 WIT
  • keberangkatan Kapal sore pukul 14.00 WIT – Tiba Pukul 15.30 WIT

HARGA TIKET KAPAL EXPRESS DARI TULEHU – AMAHAI

Untuk harga tiket penyebrangan kapal express dari pelabuhan Tulehu Ambon menuju pelabuhan Amahai di Masohi Seram adalah sebagai beriku :

– Bisnis / Ekonomi : Rp. 135.000
– VIP : Rp. 250.000

Sebenarnya Jika kalian datang terlambat ke pelabuhan atau sudah tidak kebagian tiket, kalian bisa menggunakan Kapal Ferry roro milik asdp yang berukuran cukup besar dan memuat penumpang, barang hingga kendaraan. Tapi pelabuhan penyebranganya ada di wilayah Seram Bagian Barat yakni Pelabuhan Waipirit.

Kapal penyebrangan menuju Ambon dari pelabuhan Waipirit akan berangkat setiap 2 Jam Sekali. Tapi rute kapal fery dari pelabuhan Waiprit tujuan Ambon itu ada dipelabuhan Liang / Pelabuhan Hunimua di Desa Liang . Cukup jauh dari pusat kota Ambon yakni sekitar 20-30 menit perjalanan atau sekitar 15 km dari Pelabuhan Tulehu.

Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of