KATA OMED

Jadwal Kapal Dari Jakarta ke Pangkal Balam Bangka Via Kapal KM Sawita

Published · Updated

Kapal KM Sawita adalah salah satu kapal swasta yang beroperasi dilintasan atau rute pelayaran Jakarta ke Pulau Bangka melalui pelabuhan Pangkal Balam di Bangka. Selain Kapal pelni yang beroperasi melayani pelayaran dari Jakarta ke Bangka, Kapal KM Sawita juga melayani angkutan penumpang dan juga kendaraan ke Bangka.

Pelabuhan Pangkal Balam adalah salah satu gerbang laut utama menuju Pulau Bangka dan menuju kota Pangkal Pinang di provinsi Bangka Belitung. Pelabuhan Pangkal Balam ada di kecamatan Pangkal Balam dan masuk kedalam wilayah Kota Pangkalpinang, provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Indonesia. Lama perjalanan laut dari Tanjung periok Jakarta ke Pangkal Balam Bangka adalah sekitar 18 -20 Jam.

Pelabuhan Pangkal Balam Bangka l foto @agus_suprianto91

Pangkal Balam memiliki dermaga sepanjang 254 m, fasilitas penumpukan seluas 6.320 m² serta terminal penumpang dengan luas 400 m², dan lapangan parkir seluas 4.510m². Pelabuhan ini seharusnya dapat dimasuki kapal berbobot mati maksimal 4.000 ton, tetapi akibat pendangkalan alur pelayaran, hanya kapal dengan maksimal 3.500 ton dapat masuk. Tahun 2005, pengangkutan peti kemas di Pangkal Balam mencapai 17.000 boks setahun, naik 29,4 persen dari tahun sebelumnya.

JADWAL KAPAL KM SAWITA DARI BANGKA KE JAKARTA

Untuk Penyebrangan kapal laut fery berjenis roro ini, Kapal KM Sawita berangkat dari pelabuhan Tanjung Periok Jakarta menuju pelabuhan Pangkal Balam di Bangka maupun sebaliknya dari Bangka ke Jakarta setiap harinya. Namun untuk jadwalnya masih disesuaikan dengan kondisi dan cuca saat itu.

Kapal km Sawita Rute Jakarta ke Bangka

Kapal km Sawita Rute Jakarta ke Bangka – foto ibnu saputra

Untuk Jadwal keberangkatan Kapal KM Sawita sendiri setiap 1x seminggu dan umumnya biasanya akan berangkat setiap hari Sabtu dari pelabuhan Tanjung Periok Jakarta menuju pelabuhan Pangkal Balam di Bangka. Tapi jadwal Kapal KM Sawita belum pasti karena akan selalu berubah-ubah disesuaikan dengan kondisi dan cuaca atau keadaan saat akan berlayar.

Selain Kapal KM Sawita, ada banyak kapal roro lainnya yang juga melayani rute dari Jakarta ke Pangkal Balam Bangka seperti Kapal:

KM SRIKANDI LINE
KM SALVIA
KM STAR BELITUNG
– KM ELSADDAI

HARGA TIKET KAPALKM SAWITA DARI JAKARTA KE BANGKA

Berikut ini adalah harga tiket Kapal KM Srikandi Line dari pelabuhan Tanjung periok Jakarta menuju pelabuhan Pangkal Balam di Bangka baik kategori penumpang maupun kendaraan.

  • Dewasa  12 th s/d manula           : Rp. 350.000,-
  • Anak  24 bulan s/d 11 th               : Rp. 285.000,-
  • Bayi   0 bulan  s/d 11 bulan         : Rp. 120.000,-

Untuk Angkutan Jenis Kendaraan :

  • Motor + sudah termasuk dengan yang bawa motornya : Rp 1.050.000,-
  • Motor gede : Rp 2.000.000,-
  • Mobil Kecil    : Rp. 3.500.000,-
  • Truk Sedang  :Rp 7.400.000
  • Kirim Barang : Rp 4000/kg

INFO PEMESANAN TIKET KAPAL JAKARTA KE BANGKA

Karena jam keberangkatan kapal laut dari jakarta ke bangka maupun sebaliknya tidak tetap maka saya anjurkan untuk mengetahui infonya langsung dari pihak kapal. Kalian bisa datang langsung kekantornya didekat pelabuhan Tanjung Periok Jakarta untuk memastikan keberangkatan pastinya kapan.

Agen Tiket Kapal Laut Jakarta ke Bangka

Agen Tiket Kapal Laut Jakarta ke Bangka

Silahkan Hubungi alamat Agen Resminya atau penjualan tiket di kantornya yang berada didekat atau belakang kantor Kejaksaan Tanjung Priok. Jika masih ragu silahkan cek maps dibawah ini.

Silahkan Hubungi VAYANA KURNIA di Jalan tongkol No. 3A Tanjung Priok Jakarta Utara. Telpon ke  081288805566 / 089512800797. Atau alamat pasti kantornya berada didekat atau belakang kantor Kejaksaan Tanjung Priok. Jika masih ragu silahkan cek maps dibawah ini.

 

INFO PENTING

  • Untuk pemesanan Tiket kapal dari Jakarta ke bangka pangkal balam, tanjung pandan dan ke kota lainnya, persyaratan nama dan nik KTP yang berangkat
  • Untuk tiket kendaraan persyaratan STNK dan ktp pemesanan di lakukan minimal 3 hari sebelum tanggal keberangkatan untuk boking space di kapal karna kapasitas per kapal sudah di tentukan apabila dengan cara dadakan terkadang tidak bisa di muat karna sesuai kapasitas muatan.
  • Jangan lupa bawa makanan/ minum sendiri untuk bekal selama diperjalanan agar lebih hemat dan lebih murah
  • Jaga barang dan diri masing-masing selama diatas kapal
  • Karena perjalanan yang cukup panjang maka kalian harus membuat diri kalian nyaman. Bawa seuatu yang bisa membuat nyaman.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of