KATA OMED

6 Tempat Wisata Di Sampang Madura

Bagi sebagian orang mungkin masih sangat asing dengan nama daerah Sampang yang satu ini, tetapi bagi para traveler mereka pasti sudah menyiapkan dan menjadikan list wilayah Sampang untuk dijadikan tempat destinasi wisata berikutnya.

Kenapa? Karena memang tempat ini banyak menjual obyek wisata yang menarik, indah dan tentunya wajib dikunjungi ketika berlibur di Madura.

Kamu akan menemukan banyak wisata alam, dari mulai air terjun, daerah perbukitan dan yang paling terkenal adalah wisata pantainya.

6 Obyek Wisata Sampang Madura Yang Wajib Dikunjungi

Beberapa tempat wisata sudah kita siapkan, tentunya dari 6 deretan dibawah ini semuanya sangat menarik untuk kamu dikunjungi.

1. Pulau Mandangin

Pulau Mandangin – sumber foto : javatrans.com

Ternyata Madura juga punya pulau seberang yang menjual banyak keindahan alam didalamnya, pulau tersebut bernama Mandangin. Obyek wisata ini telah jadi destinasi utama yang wajib dikunjungi ketika berada di Sampang, karena setiap orang yang mengunjungi tempat berikut tidak akan dibuat rugi sebab oleh pemandangannya yang indah serta lokasi pantai masih terbilang sangat bersih.

Airnya masih sangat jernih dan disana nyaris tidak ada sampah sedikitpun, karena tempatnya terpisah dari pulau Madura, kamu harus menyeberangi laut dari pelabuhan Tanglok, Sampang kurang lebih selama 30 menit hingga sampai tujuan.

Tidak ada biaya tiket masuk bagi pengunjung yang ingin menikmati Pulau Mandangin ini, cukup kamu membayar Rp 10.000 untuk menunggangi kapal penyeberangan.

2. Pantai Jodoh

Pantai Jodoh – sumber foto : petualang.travelingyuk.com

Masih dengan obyek wisata pantai, kamu juga dapat mengunjungi tempat bernama Pantai Jodoh. Selain memiliki pemandangan yang menarik, ternyata Pantai Jodoh ini juga memiliki asal usul yang berkaitan dengan pemberian nama “Jodoh” itu sendiri.

Wisata yang dibuka pada tahun 2017 berikut sudah dilengkapi dengan banyak fasilitas, salah satunya disana kamu bakal menemukan café yang dibangun diatas tepi pantai. Cocok bagi yang ingin menongkrong sambil menikmati suasana pantai bersama teman-teman, keluarga dan juga saudara.

Pantai ini terletak di Jalan Batulenger, Dusun Balanan, Sokobenah, Bira Bar, Ketapang, Kabupaten Sampang, Madura. Pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk, cukup siapkan uang Rp 3.000 untuk biaya parkir saja.

3. Goa Lebar

Goa Lebar – sumber foto : sampangkab.go.id

Siapa sangka ternyata daerah Sampang juga menyimpan keindahan fenomena alam Goa Lebar ini. Seperti namanya, ukuran goa ini terbilang sangat besar dan lebar. Disekeliling goa terdapat struktur bebatuan yang terbentuk dari hasil alam dengan kontruksinya yang indah. Cocok bagi kamu yang ingin mencari spot foto anti mainstream, Goa Lebar bisa jadi solusinya.

Tenang saja, disana sudah dibangun fasilitas berupa akses jalan, sehingga pengunjung tidak dibuat kesulitan menyusuri daerah sekitar goa.

Goa yang memiliki ukuran lebar mulut mencapai 200 meter berikut terletak di di kelurahan Dalpenang kecamatan Sampang. Kamu cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 saja.

4. Wisata Hutan Monyet Nepa

Hutan Kera Nepa – sumber foto : jawapos.com

Wisata berikutnya adalah Rimba Monyet Nepa, sangat rekomendasi banget bagi kamu yang ingin merasakan suasana hutan pantai ditambah dengan dikelilingi hewan liar monyet yang jumlah sangat banyak.

Hutan ini memiliki luas kurang lebih 1 km persegi, dan semua isi hutan dijadikan habitat tempat tinggal bagi para kera. Kemudian letak Rimba Monyet Nepa ini terbilang sangat unik karena ada di samping pantai, sehingga kamu sekaligus bisa menikmati dua wisata dalam satu tempat.

Bagi yang ingin berkunjung, obyek wisata ini terletak di Desa Nepa, Kecamatan Banyuates, Kabupaten Sampang.

5. Air Terjun Toroan

Air Terjun Toroan – sumber foto : travelspromo.com

Ternyata wilayah Sampang juga menyimpan wisata alam seperti air terjun loh, dan air terjun yang paling terkenal adalah Air Terjun Toroan. Tempat ini jadi destinasi wisata favorit para wisatawan lokal, karena memang panorama yang dihasilkan air terjun tersebut sangat indah dan air terjunnya pun tidak begitu tinggi.

Meskipun aksesnya cukup jauh dimana harus melintasi banyak anak tangga, tapi lelah kamu bakal terbayarkan dengan keindahan alam ketika mengunjungi obyek wisata satu ini. Uniknya letak air terjun Toroan tidak jauh dari pinggir pantai, jadi pengunjung dapat merasakan sensasi dua elemen air yakni tawar dan asin sekaligus.

Lokasinya berada di Desa Ketapang Daya, Kecamatan Ketapang, Pulau Madura. Pengunjung cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 – Rp 10.000.

6. Makam Ratu Ibu

Makan Ratu Ibu – sumber foto : kompasiana.com

Setelah capek menyusuri wisata alam daerah Sampang, tidak ada salahnya buat mampir ke wisata regili Makam Ibu Ratu. Makam ini merupakan makam khusus para bangsawan Sampang, jadi bisa dibilang juga orang yang dimakamkan disana merupakan orang-orang yang berjasa di daerah Sampang.

Kamu dapat mengunjunginya di daerah Desa Polang, Kabupaten Sampang, Madura. Silahkan untuk yang ingin berziarah dan mendoakan bisa datang setiap hari dari mulai pagi sampai sore.

Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of