KATA OMED

5 Tempat Wisata di Gorontalo

Published · Updated

Provinsi Gorontalo provinsi yang bisa dibilang baru karena memang dulunya merupakan bagian dari provinsi Sulawesi Utara, namun sejak 2000 menjadi provinsi sendiri.

Seperti yang kita tahu bahwa Gorontalo merupakan provinsi yang dijuluki Serambi Madinah karena memiliki masjid yang unik. Masjid tersebut menjadi daya tarik bagi wisatawan yang  berkunjung kesana. Namun selain masjid unik, Gorontalo sendiri memang memiliki banyak tempat wisata, baik itu wisata alam, wisata religi, dan masih banyak lagi.

Selain itu, Gorontalo juga merupakan kota terbesar dan terpadat penduduknya di Teluk Tomini sehingga dijadikan sebagai pusat perdagangan, ekonomi dan jasa, pendidikan, dan pusat penyebaran Agama Islam di kawasan Indonesia Timur.

Berikut ini 5 tempat wisata di Gorontalo yang bisa kamu kunjungi

1. Taman Laut Olele

sumber gambar – acehkita.com

Kurang lengkap rasanya jika bekunjung ke Gorontalo namun tidak menginjakkan kaki di Taman cantik bak surga yang satu ini. Taman Laut Olele meupakan taman yang menyajikan panorama tiada dua dengan keindahan pasir putih yang dimilikinya serta biota laut yang hidup di dalamnya. Pantai yang indah dengan lingkungan yang bersih tanpa ada sampah yang mengotori menjadikan pantai ini sangat nyaman untuk dikunjungi.

Lokasi

Taman Laut Olele berada di Desa Olele, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone, Bolango, Provinsi Gorontalo.

Untuk bisa sampai di taman ini, kamu harus siap berkendara selama 1 jam untuk menempuh jarak sekitar 28 kilometer. Seperti yang kita ketahui bahwa Teluk Tomini sangatlah luas, jadi memang harus kuat fisik ketika di perjalanan.

Rute tercepat yang bisa kamu lewati jika dari Gorontalo yaitu arahkan kendaraan ke Selatan dan melewati Jalan Mayor, kemudian terus ke jalan Laksamana Martadinata dan Jalan Trans Sulawesi.

Sekitar 29  kilometer dari sana, kamu akan menemui jembatan, setelah itu ada gerbang bertuliskan Objek Wisata Bahari Taman Laut Olele” . Belum sampai disitu, kamu harus berjalan lagi skeitar 2 kilometer untuk tepat berada di taman yang kamu inginkan tersebut. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa memanfaatkan google maps supaya perjalananmu tidak tersesat dan menyenangkan.

Keindahan Taman Laut Olele

Sampai Taman Laut Olele, kamu akan disuguhkan pemandangan pantai yang luar biasa menakjubkan. Tak sabar untuk beraksi, kamu bisa langsung berenang dan bermain bersama ikan-ikan berwarna-warni layaknya pelangi yang berlarian kesana kesini.

Jika ingin nak perahu dan berkeliling pantai, kamu bisa menyewa perahu dengan harga Rp 250.000 dan sewa alat snorkel Rp 50.000. Oh ya, untuk tiket masuknya gratis ya. Duh, seneng banget bisa menikmati keindahan pantai tanpa harus membayar alias gratis.

sumber gambar – travelblog.id

Bagi kamu yang ingin snorkeling, alat-alatnya disini lengkap khusus untuk wisatawan. Asal ada duit, kamu bisa menyewa apa saja disini dan bebas menikmati keindahan pantai. Terumbu karang yang menjadi andalan pun bisa kamu lihat secara langsung. Jadi, jangan lupa untuk berfoto ya guys, karena memandang alam dibawah laut dan merasakannya secara langsung adalah suatu hiburan yang luar biasa.

2. Pantai Bolihutuo

sumber gambar – antarafoto.co

Lokasi

Berlokasi di Jalan Trans Sulawesi, Bolihutuo, Botumoito, Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo. Untuk bisa sampai kesana, kamu harus menempuh perjalanan sepanjang jalan Trans Sulawesi yang jaraknya 120 kilometer dari kota Gorontalo. Kemudian melanjutkan perjalanan ke pantai bisa  menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat pribadi atau angkutan umum. Harga angkutan umum Rp 25.000 per orang.

sumber gambar – genpi.co

Banyak kegiatan dan fasilitas yang bisa dilakukan yang tersedia disini seperti bersepeda air, naik kapal, perahu untuk berkeliling, jet ski, kapal motor, peralatan selam, dan snorkeling. Selain itu, cottage, restoran dan pusat informasi wisata juga sudah tersedia.

Jika ingin meningap, disini juga sudah tersedia penginapan yang jaraknya 3 kilometer sebelum Kota Boalerno. Tempat penginapan disini harganya sangat terjangkau, mulai dari Rp 25.000 per orang dan fasilitasnya pun sudah lengkap. Jika ragu menginap disini, kamu bisa pergi ke Gorontalo untuk menemukan tempat yang sesua dengan keingingan.

Harga tike masuk ke sini adalah Rp 3.000 per orang sedangkan untuk sewa perahu Rp 3000 per 10 menit.

3. Bukit Layang

sumber gambar – backpackerjakarta.com

Apa yang kamu bayangkan ketika mendengar kata ” Layang”? Ya mungkin dipikiranmu adalah melayang-layang tak jelas. Eits, tapi untuk tempat wisata yang satu ini dijamin membuat kamu senang karena bisa melihat pemandangan di sektiar dari ketinggian 700 meter di atas permukaan laut.

Harga tiket masuk kesini gratis ya temen-temen. Tempat ini buka dari jam 00:00- 23.59 setiap hari. Dan untuk bisa sampai di puncak bukit, kamu harus melewati rintangan apalagi di musim hujan yang pada saat itu jalanan licin dan berhati-hatilah karna kamu bisa terpeleset.

Hal seru yang bisa dilakukan disini seperti berkemah dan ketika pagi harinya menyaksikan sunrise yang menyambut pagi nan cerah.

Lokasi

Siendeng, Kecamatan Hulonthalangi, Siendeng, Gorontalo, Kota Gorontalo, Gorontalo

4. Pulau Cinta

sumber gambar – blogunik.co

Ada yang unik nih dari Gorontalo, salah satu tempat wisata nya yang berbentuk love sesuai namanya menjadikan keunikan tersendiri bagi pulau ini. Tempat ini dulunya adalah pulau yang kaya akan rempah-rempah dan dijadkan rute perdagangan Belanda. Sehingga jika kamu sudah sampai disini, kamu akan menemukan banyak peninggalan sejarah.

Lokasi

Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo.

Untuk bisa sampai kesini, kamu bisa melakukan perjalanan darat sekitar 2 jam lamanya. Kemudian lanjut menyebrangi laut dengan menggunakan kapal menuju resort pulau cinta. Butuh waktu sekitar 25 menit untuk menyerangi pulau Cinta ini.  Oh ya, sebelum memutuskan untuk berkunjung, sebaiknya kamu sudah menghubungi pihak penginapan agar tidak kebingungan setelah sampai disana. Biasanya tempat ini dijadikan sebaga tujuan wisata bagi yang sedang berbulan madu.

Bentuk love dari pulau ini terlihat dari cottage yang menglilingi pulau dengan berbentuk love. Jika dilihat dari atas, akan sangat tampak jelas bentuknya dan sayang jika tidak kamu abadikan dalam kameramu.

 

sumber gambar – nativeindonesia.com

Harga tiket jika kamu mengunjungi pulau ini adalah Rpn 3.000 .000 – Rp 5.000.000 dan sudah termasuk semua fasilitas makan 3 kali. Kegiatan yang bisa dilakukan disini seperti trekking atau jelajah hutan, menyusuri pantai, snorkeling dan diving, foto, main ayunan, diner, dan masih banyak lagi.

5. Air Terjun Tenilo

sumber gambar – 60dtk.com

Kita beralih sejenak dari suasana panta ya guys. Sekarang kita pergi ke wisata alam yang menantang yaitu Air Terjun Tenilo.

Lokasi

Lokasinya berada di Dulupi, Kabupaten Boalemo, Gorottalo.

Wisata alam yang satu ini dkenal dengan nama Air Terjun Layang yang memiliki ketinggian mencapa 35 meter dan airnya sangat dingin. Untuk bisa sampai disini, kamu harus memiliki fisik dan mental yang kuat untuk menempuh perjalanan . Kamu harus berjalan sekitar 10 menit dari pusat perkampungan Desa Tenilo.

 

sumber gambar – youtube.com

Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

Omed

Bapaknya komunitas Backpacker Jakarta yang hanya ingin menceritakan pengalaman saya berkeliling Indonesia selama 360 Hari ke 34 Provinsi dan lebih dari 380 Kabupaten atau kota se Indonesia. Jangan lupa Follow Instagram @kataomed untuk melihat aktivitas dan keseharian saya

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of