KATA OMED

Kebun Raya Indrokilo Boyolali Wisata Baru yang lagi Ngehits

Published · Updated

Kebun Raya Indrokilo Boyolali – Satu lagi pilihan destinasi wisata di Kabupaten Boyolali adalah Kebun Raya Indrokilo. Walau masih dalam tahap pembangunan, tapi destinasi wisata bernuansa alam yang satu ini sudah banyak dikunjungi wisatawan.

Kebun Raya Indrokilo bentuk kepedulian Pemerintah Boyolali dalam gerakan pelestarian dan konservasi alam. Kebun raya yang diresmikan pada bulan Mei 2019 ini berdiri di tanah bekas lahan tegalan desa. Sebelumnya, kawasan ini dikenal mistis karena terbengkalai.

Di bawah pengawasan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Kebun Raya ini akan menjadi rumah dari berbagai jenis tumbuhan hutan hujan dari dataran rendah Jawa bagian timur.

Lokasi Kebun Raya Indrokilo Boyolali

Saat ini kebun raya ini sudah memiliki lebih dari 6000 jenis tanaman termasuk jenis langka. Wisatawan bisa menikmati berbagai aktivitas di sini, mulai dari edukasi tanaman, piknik, hingga berburu swafoto di berbagai spot menarik.

Kebun Raya Indrokilo Boyolali

lokasi Kebun Raya Indrokilo Boyolali – Sumber : traelspromo.com

Kebun Raya ini terletak di Kampung Tempurejo, Kelurahan Kemiri, Kecamatan Mojosongo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Objek wisata ini bisa dicapai dengan menggunakan kendaraan pribadi karena akses jalannya baik dan mulus.

Di area Kebun Raya Indrokilo, tidak diperkenankan menggunakan kendaraan dan hanya boleh dinikmati dengan berjalan kaki, menaiki sepeda, atau kendaraan non-emisi yang ramah lingkungan lainnya.

Baca juga ya :

Ada Apa saja di kebun raya indrokilo

Kebun Raya Indrokilo Boyolali jawa tengah

Kebun Raya Indrokilo Boyolali jawa tengah – foto seringjalan.com

Walau Kebun Raya Indrokilo Boyolali masih dalam tahap pembangunan, setiap akhir pekan destinasi wisata ini selalu dibanjiri oleh wisatawan. Ada apa saja di dalamnya?

Meski masih minim, tapi sudah ada beberapa fasilitas yang bisa digunakan oleh pengunjung. Seperti misalnya menggunakan area jalan untuk bersepeda santai, wisata edukasi, dan menikmati air minum langsung dari keran.

Kebun Raya Indrokilo dibangun di atas lahan seluas 9,35 hektare. Tanah lahan yang digunakan termasuk kategori tanah latosol dengan kemampuan menyimpan air yang kurang baik.

Taman Paku-pakuan di kebun raya indrokilo

Taman Paku-pakuan di kebun raya indrokilo

Taman Paku-pakuan di kebun raya indrokilo – travelspromo.com

Dengan beralih fungsinya lahan menjadi kebun raya, kawasan ini akan menjadi lahan konservasi air sekaligus penghasil oksigen. Kebun raya ini juga menjadikan kawasan yang awalnya panas dan gersang menjadi lebih sejuk.

Saat ini area kebun raya memiliki lebih dari 900 spesimen koleksi tumbuhan yang sudah ditanam. Pengunjung sudah bisa melihat salah satu taman koleksi yang sudah rampung, yaitu Taman Paku-pakuan. Taman dengan beragam koleksi jenis tanaman paku ini dibangun dengan struktur kubah yang menarik.

Selain tanaman paku, di sini juga akan membangun berbagai taman tematik. Beberapa di antaranya adalah taman buah lokal dan taman koleksi bambu. Sambil berwisata di taman, pengunjung akan disuguhi wawasan seputar tanaman.

Gerbang Unik di Kebun Raya Indrokilo Boyolali

Kebun Raya Indrokilo Boyolali

Kebun Raya Indrokilo Boyolali – travel.kompas.com

Di Kebun Raya Indrokilo, terdapat beberapa monumen dan bangunan yang khas. Semua monumen ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang datang kemari. seperti Gerbang Pasingsingan, Patung Sosro Birowo, hingga replika Air Terjun Niagara.

Gerbang Pasingsingan adalah gerbang yang akan menyambut wisatawan yang datang ke Kebun raya Indrokilo. Gerbang setinggi 12 meter meter ini merupakan replikasi Chiang Kai Shek Memorial Hall di Taipei. Nama Pasingsingan sendiri berasal dari kisah Nagasasra Sabuk Inten karya S.H. Mintarja.

Patung Sosro Birowo di Kebun Raya Indrokilo Boyolali

Patung Sosro birowo di Kebun Raya Indrokilo Boyolali

Patung Sosro birowo di Kebun Raya Indrokilo Boyolali – foto travelkompas

Patung Sosro birowo adalah patung setinggi 17 meter yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan di pintu gerbangnya. Sosrobirowo merupakan nama ajian yang dimiliki Mahesa Jenar, seorang mantan prajurit pengawal raja yang sangat kuat. Ia juga merupakan bagian dari kisah Nagasasra Sabuk Inten.

Di bagian barat kebun raya, terdapat replika Air Terjun Niagara yang tersohor dari Amerika Serikat. Air terjun ini mengalir di dinding hitam setinggi 7 meter dan lebar 34 meter. Saat ini, air terjun ini dioperasikan ketika ada acara atau hari libur saja.

Labirin Kebun Raya Indrokilo Boyolali

Labirin Kebun Raya Indrokilo

Labirin Kebun Raya Indrokilo – Sumber : solopos.com

Selain monumen-monumen yang khas, jika berkunjung ke Kebun Raya Indrokilo sudah tentu harus menyempatkan diri untuk bermain di Taman Labirin. Dinding-dinding labirinnya terbuat dari semak tanaman yang dipangkas sedemikian rupa. Pencitraan Taman Labirin dari udara akan memperlihatkan bentuknya yang menyerupai sebuah gunungan.

Dinding dari labirin ini tidak terlalu tinggi. Hal ini dimaksudkan agar para pengunjung tidak khawatir akan tersesat atau sulit mencari jalan keluar. Bentuknya yang unik membuat taman ini populer sebagai spot foto.

Menara Pandang di Kebun Raya Indrokilo Boyolali

Yang berikutnya ada Menara Pandang. Wahana ini merupakan wahana yang belum lama rampung dibuka untuk umum. Menara dengan tinggi 15 meter ini dominasi dengan warna merah. Gardu pandang di bagian teratas dilengkapi dengan lantai kaca yang tembus pandang. Dari atas sini, pengunjung bisa menikmati pemandangan 360 derajat di sini.

Menara Pandang di Kebun Raya Indrokilo Boyolali

Menara Pandang di Kebun Raya Indrokilo Boyolali – foto travelspromo.com

Ada beberapa peraturan yang perlu diperhatikan jika ingin menaiki menara ini. Pengunjung lansia, anak-anak kurang dari 10 tahun, maupun penderita penyakit jantung dan fobia ketinggian dilarang menaiki menara ini. Selain itu, pengunjung harus mengenakan alas kaki khusus yang telah disediakan. FUngsinya agar tidak merusak permukaan lantai yang terbuat dari kaca.

Didalam area Kebun Raya Indrokiloini, pengunjung tidak diperkenankan masuk menggunakan mobil, motor, dan kendaraan bermotor lainnya. Jika ingin berkeliling, pengunjung bisa menggunakan sepeda pribadi atau sewaan, sepeda listrik, atau berjalan kaki.

Banyaknya lahan rumput terbuka juga bisa dimanfaatkan sebagai area piknik. Pengunjung bisa menikmati suasana asri ini dengan menggelar tikar dan menikmati perbekalan yang dibawa. Kegiatan ini sangat cocok sebagai rekreasi keluarga.

Wahana Outbond di Kebun Raya Indrokilo Boyolali

Wahana Outbond di Kebun Raya Indrokilo Boyolali

Wahana Outbond di Kebun Raya Indrokilo Boyolali – foto boyolali.go.id

Di kebun raya ini juga menyediakan kawasan outbond. Terdapat aneka wahana outbond yang menantang untuk dewasa atau anak-anak. Wahana tersebut mulai dari jembatan titian, jarring laba-laba, hingga flying fox melewati kolam.

Untuk saat ini, objek wisata dibuka hanya untuk kunjungan siang hari. Namun, ke depannya kebun raya ini akan memiliki jam kunjungan malam hari. Jam operasional dari kebun raya indrokilo ini adalah pukul 08.00 hingga pukul 17.00 setiap harinya.

Harga tiket masuk di kebun raya indrokilo

Kebun Raya Indrokilo Boyolali

Kebun Raya Indrokilo Boyolali

Untuk masalah harga tiket masuk, pengunjung tidak perlu khawatir, karena harga tiket masuk Kebun Raya Indrokilo sangat terjangkau untuk berbagai kalangan. Cukup dengan merogoh kocek sebesar Rp. 5.000 saja, pengunjung sudah bisa menikmati Kebun Raya ini. Lalu, untuk penyewaan sepeda, anda cukup membayar Rp.5000 per sepeda untuk 2 jam pemakaina

Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of