Canon EOS M100, Kamera Canggih Untuk Para Backpacker

Sebenarnya saya bukan orang yang terbiasa membawa Kamera DSLR saat Trip atau saat Backpackeran ke berbagai tempat di Indonesia. Apalagi selama saya keliling Indonesia, banyak sekali tempat-tempat yang medan atau jalurnya cukup sulit dilalui sehingga jika saya membawa kamera DSLR itu cukup menyulitkan dan cukup merasa direpotkan.

Tak hanya itu saja, kendala lainnya jika saya membawa kamera DSLR saat travelling adalah mengundang perhatian yang tentunya akan mengundang aksi kejahatan juga. Terlebih bagi saya yang notabennya seorang solo Traveller dan sering berpergian ke berbagai tempat yang rawan dan tidak aman di Indonesia sendirian.

Mungkin itulah beberapa alasan saya, mengapa selama ini saaat travelling saya hanya membawa kamera HP biasa saja meskipun saya tahu jika Hasil jepretan dari Kamera HP sangat terbatas baik dari hasilnya, kemudahanya maupun terbatas dari segi fiturnya.

CANON M100, KAMERA UNTUK PARA BACKPACKER

Canon M100

Canon M100

Beberapa waktu lalu saat saya ngobrol dalam sebuah acara dengan salah satu Traveller Fotografer panutan saya yakni Ranar Pradipto, saya cukup mendapat banyak masukan dan ilmu baru terutama tentang duni Per Kameraan. Ranar sendiri adalah salah satu Fotografer ternama di Indonesia yang sudah malang melintang mengabadikan berbagai momen indah didunia Travelling.

Dia mengatakan jika saya seharusnya sudah membawa kamera DSLR agar foto yang dihasilkan jauh lebih baik dibandingkan kamera HP. Bincang santai saya saat itu akhinya membawa saya untuk mencoba kamera baru yang dirasa cocok dengan style dan cara travelling saya. Ranar menyarankan agar saya menggunakan Kamera Canon M100 untuk mempermudah dokumentasi selama Trip.

Apalagi Canon M100 ini dinilai ranar sebagai salah satu kamera yang cukup simple dan mudah dibawa kemana-mana. Tak hanya itu saja, fiturnya yang sangat lengkap dan juga ukuranya kecil dan ringan dirasa Sangat cocok dengan seorang Backpacker yang sering berpergian ke alam dan ketempat-tempat yang tidak biasa seperti saya.

Perjalanan keliling Indonesia kali ini membawa Kamera Canon M100

Perjalanan keliling Indonesia kali ini membawa Kamera Canon M100

Meski awalnya saya ragu dan merasa belum terbiasa, akhirnya saya membawa kamera Canon M100 tersebut saat saya Explore Keliling Indonesia 360 Hari jilid #2. Memang jika kita belum terbiasa dengan sesuatu hal akan sedikit merasa aneh. Apalagi bagi saya yang biasanya hanya tinggal jepret menggunakan HP, tiba-tiba harus mengeluarkan kamera dan menyetting kamera.

Beberapa hari setelahnya, saya akhirnya mulai terbiasa juga. Bahkan saya yang semula sering menggunakan mode Manual. Akhirnya saya mendadak mulai ketagihan dengan mencoba settingan sendiri sesuai dengan keinginan saya. Rasanya tidak terlalu sulit saat kita sering mempraktekannya. Apalagi Canon M100 ini sangat mudah digunakan dimana banyak petunjuk dan info tentang berbagai tools didalamnya.

Hasil Jepretan Canon M100 didalam ruangan yang gelap dan kurang cahaya

Hasil Jepretan Canon M100 didalam ruangan yang gelap dan kurang cahaya

Begitupun dengan Video yang sering saya buat. Meski awalnya saya tidak terbiasa merekam video dengan Kamera namun lambat laut saya juga mulai terbiasa merekam sesuatu menggunakan kamera. Saya menilai jika hasil foto atau video yang dibuat dengan kamera Canon M100 ini sangat memuaskan dan juga hasilnya sangat bagus.

AUTOFOKUS CANON M100, LUAR BIASA

Hasil jepretan autofokus canon M100 didalam ruangan

Hasil jepretan autofokus canon M100 didalam ruangan

Berbagai moment unik dan menarik selama saya Trip kerap saya jumpai begitu saja. Bahkan kadang saya sering merasa kehilangan moment tersebut saat akan mengabadikanya terutama saat ada momen yang cepat bergerak dan sangat singkat. Nah kini setelah saya memakai Canon M100, banyak sekali moment yang bisa saya abadikan dengan cepat dan hasilnya juga sangat bagus.

Hasil Jepretan Canon M 100 saat memoto objek bergerak

Hasil Jepretan Canon M 100 saat memoto objek bergerak

Hal ini tak terlepas dari Autofokus yang dimiliki Canon M100 saat akan mengabadikan sebuah Objek. Saya memang tidak begitu banyak tahu tentang fitur-fitur apa saja yang digunakan kamera Canon M100 ini hingga akhirnya bisa menghasilkan jepretan yang sangat baik. Tapi yang pasti, saya sangat merasa terbantu saat mengabadikan momen berharga terutama momen singkat yang saya jumpai saat diperjalanan. Mungkin bagi kalian yang ingin melihat detail spesifikasinya bisa dilihat disitus id.Canon

DESAIGN MODERN, LAYAR TOUCHSCREEN & LAYAR FLIP

Selain memiliki fitur autofokus yang jelas dan gambar yang dihasilkan sangat bagus, saya merasa tampilan atau Body Canon M100 juga sangat elegan dan tidak terkesan murahan. Bahkan saat saya beberapa kali mengeluarkan kamera Canon saya ditempat trip, banyak teman-teman yang merasa tertarik dengan tampilanya yang dirasa sangat elegan, simple dan modern.

Spesifikasi Canon M 100

Spesifikasi Canon M 100

Salah satu kemudahan yang ditampilkan dari design Canon M100 adalah Layarnya yang Touchscreen dimana itu sangat memudahkan kita sebagai pengguna melihat hasil jepretan kita atau saat ingin melihat hasil rekaman video yang kita buat. Cukup sentuh geser-geser atau delete juga sangat mudah dilakukan.

Tak hanya Touchscreen saja yang dinilai sangat membantu dan mempermudah penggunanya, Tampilan atau design Kamrea Canon M100 yang juga bisa di Flip membuatnya terlihat modern dan berteknologi tinggi. Saat proses pembuatan video misalnya, saya tidak perlu lagi terpaku dengan mengintip jendela kamera untuk melihat hasilnya. Saya hanya perlu memutar tampilan layar hingga bisa fokus melihat hasilnya langsung saat merekam atau memoto sesuatu objek.

CANON M100 TERKONEKSI WIFI NFC & BLUETOOTH

Nah satau lagi yang saya suka dari Kamera Canoon M100 ini. Saat trip saya memang sering merasa kesulitan saat ingin memberikan hasil jepretan saya kepada teman-teman yang saya abadikan. Biasanya mereka langsung meminta hasil jepretan saya atau rekaman video yang saya buat.

Hasil jeptretan Cann M100 yang cukup terang meski didalam Ruangan

Hasil jeptretan Cann M100 yang cukup terang meski didalam Ruangan

Awalnya saya berfikir pasti sangat ribet sekali jika harus memindahkan hasil jepretan saya ke laptop dulu baru dipindahkan ke HP. Tapi setelah saya tau Salah satu Fitur Canon M100 sudah memudahkan penggunannya untuk memindahkan data, saya merasa kamera Canon M100 ini sangat luar biasa.

Salah satu fitur Canon M100 ini adalah kita sudah bisa memindahkan foto atau video atau data lainnya hanya melalui koneksi Wifi NFC dan juga Bluetooth saja. Jadi saat buru-buru ingin memindahkan hasil jepretan kita, tinggal dinyalakan saja wifinya lalu tinggal dikirim. Sangat mudah, simple dan sangat membantu sekali traveller seperti saya.

Hasil Jepretan Canon M 100 saat memoto objek bergerak cepat

Hasil Jepretan Canon M 100 saat memoto objek bergerak cepat

Karena fitur ini juga, saya sering sekali mengirim hasil jepretan saya kepada teman yang meminta saya potret langsung dilokasi. Entah itu saat diatas kapal, saat dipuncak bukit atau saat dikendaraan sekalipun. Rasanya ini juga yang membuat banyak teman-teman saya cukup tertarik ingin menggunakan kamera Canon M100 ini.

FITUR & SPESIFIKASI CANON EOS M100

Saat saya melihat spesfiikasi Camera Canon M100 disitusnya, ternyata tampil Canon M100 dilengkapi degan sensor 24.2MP APS-C CMOS chip. Mungkin inilah yang membuat Canon terus up to date dengan persaingan pasar Mirrorless sekarang dan sajian kecepatan prosesor DIGIC 7 yang menyamakan seri – seri kamera DSLR terbaru.

CANON M 100

CANON M 100

Kamera Canon M100 juga dilengkapi dengan Dual Pixel CMOS AF system yang sebelumnya sudah digunakan di EOS 70D.  Kamera ini menghadirkan kecepatan dan akurasi yang sangat tinggi pada saat menggunakan Live View. Settingan ISO 100-25600 memberikan opsi tambahan untuk mengambil foto diruangan atau tempat yang kurang cahaya.

Canon EOS M100 juga memiliki Layar touchscreen dan 49-poin AF sistem dan juga Face+Tracking mode. Nah berikut ini beberapa spesifikasi Canon EOS M100 yang saya gunakan selama Trip :

  • 24MP APS-C CMOS Sensor
  • Dual Pixel Autofocus
  • ISO 100-25600
  • Layar Touchscreen
  • Layar Flip (180 derajat)
  • Prosesor DIGIC 7
  • 6fps burst shooting (4fps continuos AF)
  • Koneksi Wi-fi NFC dan Bluetooth
  • Baterai bisa 295 kali foto

***

Jadi bagaimana dengan kalian sendiri? Sudah mulai tertarik mencobanya juga?

You may also like...

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of