Melihat Bandar Udara Frans Seda Kota Maumere

Maumere merupakan ibu kota Kabupaten Sikka, Provinsi Nusa Tenggara Timur atau NTT. Nah Kota Maumere tepatnya berada di pulau Flores NTT.

Untuk menuju kota Maumere ini kita bisa melalui banyak jalur seperti jalur laut, darat dan jalur udara.

Jika menggunakan jalur udara atau pesawat, maka kita bisa menggunakan Bandar Udara Frans Seda Kota Maumere.

Bandar Udara Frans Seda Kota Maumere

Sejarah Bandar Udara Frans Seda

Bandar Udara Frans Seda atau yang dulunya bernama Bandar Udara Wai Oti ini merupakan sebuah bandar udara yang terletak di kota Maumere, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, Indonesia.

Bandar Udara Frans Seda ini menjadi salah satu bandara terbesar di pulau Flores. Tak heran jika banyak maskapai besar sudah melayani rute dari dan ke Maumere.

Bandar udara ini dikelola oleh Kementerian Perhubungan dengan tarif airport tax Rp 10.000.

Di ujung utara landasan pacu bandara frans seda menghadap langsung dengan Laut Flores, sedangkan ujung Selatan menghadap perbukitan.

Sejarah Bandar Udara Frans Seda Maumere, yang dahulunya dikenal dengan nama Pelabuhan Udara Wai Oti, mempunyai sekelumit cerita tentang perkembangan Desa Wai Oti, yang menjadi lokasi berdirinya Bandar Udara Frans Seda Maumere.

Bandar Udara Frans Seda semula hanyalah sebuah lapangan terbang darurat yang dipakai untuk kepentingan militer dan mobilitas tentara Belanda.

Cikal bakal lapangan terbang merupakan lapangan udara sepanjang 700 meter yang dibangun pada tahun 1930 oleh Departement Voor Verkeer en Waterstaats (semacam Departement Pekerjaan Umum) Pemerintahan Hindia Belanda yang saat itu menguasai Indonesia.

Bandara ini sebelumnya merupakan lahan milik Puri yang diberikan kepada warga suku asli Flores. Karena terletak di desa Wai Oti, masyarakat sekitar menyebut airstrip ini sebagai Pelabuhan Udara Wai Oti.

Baca Juga : Inilah Bandara Tersibuk di NTT

Bandar Udara Frans Seda Maumere, Bandara terbesar di Flores

Lokasi Bandar Udara Frans Seda

Mengenai Lokasi Bandar Udara Frans Seda ini Juga sangat dekat dengan pusat kota Maumere, ibu kota dari kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur.

Jaraknya yakni hanya sekitar 5 km atau hanya 5 menit berkendara  atau bisa naik angkutan umum.

Selain menjadi gerbang di timur Flores, Bandar Udara Frans Seda ini juga menjadi salah satu tujuan wisata disekitar Flores.

Bandar udara kota Maumere

Maskapai penerbangan dari Maumere

Beberapa maskapai besar yang melyani rute penerbangan dari dan ke Bandar Udara Frans Seda Kota Maumere yakni seperti Nam Air, Lion, Wings, Trans Nusa Hingga pesawat kecil seperti ATR Susi.

Penerbangan tersebut melayani rute ke kota-kota terdekat Maumere seperti Kupang, Bali dan lain-lain.

Maskapai Tujuan
Garuda Indonesia Denpasar/Bali
NAM Air Denpasar/Bali, Waingapu
TransNusa Kupang, Makassar
Wings Air Denpasar/Bali, Kupang, Labuan Bajo, Makassar

Omed

Bapaknya komunitas Backpacker Jakarta yang hanya ingin menceritakan pengalaman saya berkeliling Indonesia selama 360 Hari ke 34 Provinsi dan lebih dari 380 Kabupaten atau kota se Indonesia. Jangan lupa Follow Instagram @kataomed untuk melihat aktivitas dan keseharian saya

You may also like...

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of