KATA OMED

Puncak Bangku, Wisata Baru Lautan awan di Ciamis

Published · Updated

Puncak Bangku adalah salah satu destinasi wisata baru yang belakangan ngehits dimedia sosial dan berlokasi di Ciamis Jawa Barat. Hal yang membuat Puncak Bangku Ciamis ini mendadak ngehits adalah karena pemandangan lautan awan yang terbentang diarea pegunungan disekitarnya dari pagi sehingga wisatawan yang datang akan takjub melihatnya.

Puncak Bangku

Puncak Bangku – foto @mama_aznii

Tempat wisata Puncak Bangku Ciamis ini mulai ngehits setelah banyak pengujung yang menguploadnya ke media sosial. Awalnya tempat ini hanya dikunjungi oleh wisatawan dari sekitaran Ciamis atau Kuningan saja karena memamng lokasinya berbetasan antara Ciamis dan Kuningan. Tapi kini kawasan wisata Puncak Bangku Ciamis mulai didatangi wisatawan dari berbagai kota baik dari Bandung bahkan dari Jakarta.

Jam Terbaik melihat Lautan Awan di Puncak Bangku Ciamis

Tips bagi kalian yang mau datang ke kawasan Puncak Bangku Ciamis dan ingin melihat lautan awan, cobalah datang lebih pagi. Biasanya lautan awan akan terbentuk setelah pukul 06.00 pagi hari hingga pukul 07.30 dan semakin siang semakin menghilang. Jadi agar tidak terburu-buru datanglah setelah sholat subuh agar bisa puas menikmati proses terbentuknya lautan awan di Puncak Bangku Ciamis.

Jam terbaik melihat awan di Puncak Bangku Ciamis

Jam terbaik melihat awan di Puncak Bangku Ciamis – foto @puncakbangku

Puncak Bangku Ciamis ini ada di kawasan dataran tinggi yang memiliki tebing-tebing indah. Sedangkan daerah yang diselimuti oleh kabut adalah kawasan disekitarann perbatasan Ciamis-Kuningan. Jika kita lihat dari kejauhan maka akan terlihat puncak-puncak bukit yang hijau dan diselimuti oleh awan-awan. Apalagi cuaca disekitar Puncak Bangku Ciamis cukup syahdu dan dingin jadi cocok sekali menikmati dengan kehangatan segelas kopi.

Lokasi Puncak Bangku Ciamis

Lokasi Puncak Bangku Ciamis  berada di Desa Situmandala, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Sebenarnya Puncak Bangku Ciamis ini tepat berada diperbatasan Ciamis dan Kuningan. Untuk menuju Puncak Bangku Ciamis ini bila kalian datang dari arah pusat Ciamis perkotaan membutuhkan waktu tempuh sekitar 40 menitan menggunakan kendaraan dengan kecepatan standar 40-50 km/jam.

Cara menuju Puncak Bangku Ciamis

Cara menuju Puncak Bangku Ciamis – foto @pahlevirezaa

Rutenya adalah dari Alun-alun Ciamis ke arah Baregbeg, lalu kita belok ke arah Sukadana kemudian ke Kecamatan Rancah. Nh dari pertigaan Polsek Rancah jangan lupa ambil jalur lurus dan ikuti petunjuk menuju Puncak Bangku Ciamis. Untuk parkir Kendaraan  kalian hanya perlu parkir diarea sekitarnya saja atau dirumah-rumah warga atau diwarung-warung yang ada karena area parkir masih belum dibuat khusus.

Puncak Bangku di Ciamis

Puncak Bangku di Ciamis – foto @irf_fauzi

Bagi kalian yang datang dari arah Kota Banjar, kalian bisa menggunakan akses jalan Cisaga-Hayawang dan kemudian menuju ke daerah Rancah. Begitupun dari arah Kawali, kalian tinggal masuk ke jalan Hayawang yang menuju daerah Cisaga. Setelah sampai di daerah Rancah, kemudian menuju kantor Polsek Rancah. Di dekat kantor polsek terdapat pertigaan dan di situ sudah terdapat petunjuk arah menuju ke objek wisata Puncak Bangku Ciamis.

Harga Tiket Masuk Puncak Bangku Ciamis

Sebenarnya hingga saat ini belum ada tiket resmi atau biaya masuk ke kawasan Puncak Bangku Ciamis. Jadi wisatawan yang datang hanya akan memberikan sumbangan se ikhlasnya untuk pembangunan prasarana dikawasan wisata Puncak Bangku Ciamis. Jadi saat ini biaya yang harus dikeluarkan hanya sebatas biaya parkir kendaraan saja.

Puncak Bangku Lautan Awan di Ciamis

Puncak Bangku Lautan Awan di Ciamis – foto @mama_aznii

Tidak menuntut kemungkinan semakin ramainya pengunjung dan perbaikan tata pengelolaan yang saat ini masih swadaya dibangun oleh warga setempat kedepanya kawasan wisata Puncak Bangku Ciamis akan menerapkan tarif masuk atau biaya masuk resmi. Apalagi tingginya antusias warga yang datang langsung ke kawasan ini membuat tempat ini lebih banyak perlu perhatian terutama fasilitasnya.

Fasilitas yang ada di Puncak Bangku Ciamis

Sebagai destinasi wisata yang baru, Puncak Bangku Ciamis terus menambah fasilitas dan perbaikan diberbagai sudut agar bisa meningkatkan kenyamanan pengunjung. Saat ini sudah mulai dibangun parkiran, sudah ada mushola, warung-warung dan WC sudah dibangun. Kini pengunjung juga bisa beristirahat di saung atau gazebo yang ada disekitar kawasan wisata Puncak Bangku Ciamis.

Beberapa Spot Foto kekinian di Puncak Bangku

Beberapa Spot Foto kekinian di Puncak Bangku Ciamis – foto @novafenty09

Beberapa spot foto kekinian juga sudah dibangun dikawasan Puncak Bangku Ciamis. Ada perahu yang seolah terbang diantara lautan awan, ada juga ayunan seperti sarang burung dan spot-spot foto lainnya. Hanya saja jika kalian ingin berfoto disana harus sabar antri dengan pengunjung lainnya yah. Satu lagi jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan di area kawasan wisata Puncak Bangku Ciamis agar pengunjung lain yang datang betah dan datang kembali ketempat indah ini.

Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of