6 Tempat Wisata Baru Di Cilegon, Alternatif Wisata Kota

Anda warga Banten, pasti tidak asing dengan Kota Cilegon. Sebagai penghasil baja terbesar di Asia Tenggara, kota ini populer dengan sebutan kota industri atau kota baja. Tapi, bukan itu saja. Cilegon juga unggul di bidang pariwisata, lho.

tempat wisata di cilegon

tempat wisata di cilegon – Instagram ID: @740aerialvideography

Kalau Anda berencana menghabiskan liburan keluarga, coba, deh, main-main ke Cilegon. Ada banyak pilihan wisata yang bisa Anda tuju di sana.

Apa saja itu?

1. Cilegon Green Waterpark

Menyenangkan rasanya melihat anak-anak tertawa riang sembari bermain di kolam renang. Anda juga?

Kalau iya, Cilegon punya destinasi wisata yang cocok untuk Anda dan anak Anda.

Namanya Cilegon Green Waterpark. Sesuai namanya, wisata ini adalah area taman air, yang dilengkapi dengan berbagai wahana permainan menarik. Mulai dari Super Slide, Kids Pool, Semi Olympic Pool, Lazy River, hingga Family Slide.

Cilegon Green Waterpark

Cilegon Green Waterpark – Source: Google Review/Novi Retnosari

Menariknya, wisata ini jadi satu dengan area Greenotel. Jadi, selain sudah pasti ada resto hotel, Anda bisa sekaligus menginap sambil liburan.

Harganya?

Tidak mahal, kok. Untuk bisa berenang di Cilegon Green Waterpark, Anda cukup membayar Rp 20.000,- hingga Rp 25.000,- saja.

Sedangkan untuk menginap di Greenotel, Anda bisa membayar mulai dari Rp 505.000,- bergantung tipe kamar yang Anda inginkan.

Bagaimana? Tertarik?

Jika ya, jangan lupa kunjungi Cilegon Green Waterpark di Komplek Cilegon Green Megablock, Jl. Ahmad Yani No.33-34, Cibeber, Kec. Cibeber, Cilegon.

2. Krakatau Jungle Park

Taman adalah wisata paling pas yang dikunjungi dengan teman ataupun bersama keluarga. Dan hampir di setiap kota di Indonesia, ada taman untuk bersantai dan bercanda ria. Satu di antaranya di Cilegon.

Anda warga Cilegon pasti sudah tahu kepopuleran nama “Krakatau”. Selain menjadi industri utama di Cilegon, nama ini melekat juga pada wisata taman yang apik, lho.

Krakatau Jungle Park. Sebuah taman yang memiliki konsep menyatu dengan alam karena berbaur dengan banyak pohon di sekelilingnya.

Krakatau Jungle Park

Krakatau Jungle Park – Source: Google Review/Saleh Irwan

Selain itu, taman ini konsep pengelolaan taman ini berbeda dengan taman lainnya. Ada banyak spot foto menarik yang disediakan di sini khusus untuk Anda yang instragamers banget.

Mulai dari gerbang cinta, jembatan jelita, hingga sparkling forest yang semuanya bisa Anda nikmati mulai pukul 08.00 hingga 20.00 WIB.

Seperti Cilegon Green Waterpark, wisata Krakatau Jungle Park ini juga berseberangan dengan The Royale Krakatau Hotel. Sebuah hotel yang berarea luas dengan fasilitas lapangan golf, waterpark, hingga resto yang ciamik.

Penasaran?

Tiket masuknya super murah, kok. Anda hanya perlu merogoh kocek Rp 10.000,- saja untuk bisa masuk ke Krakatau Jungle Park yang beralamat di Jl. KH. Yasin Beji, Kebondalem, Kec. Purwakarta, Kota Cilegon.

Baca juga: Relaksasi di Curug Munding Banten

3. Istana Pasir Temiang

Istana pasir?

Bukan, bukan istana pasir yang biasa Anda buat di pantai itu. Ini istana pasir sungguhan dengan tinggi lebih dari dua puluh meter.

Saat pertama kabar menyebar, banyak warga Cilegon yang datang meski wisata ini belum 100% jadi. Sebagus apa, ya?

Istana Pasir Temiang, namanya. Sebuah bangunan yang hampir keseluruhannya dibuat dari pasir, dan dikelilingi oleh bukit pasir.

Istana Pasir Temiang

Istana Pasir Temiang – Source: Google Review/Yurizal Aly

Hingga 2019 lalu, tempat wisata ini masih dalam proses pembangunan. Namun, jika Anda tertarik untuk mengunjunginya, Anda bisa datang ke Jalan Lingkar Selatan KM9.

Pastikan untuk menggunakan masker dan payung atau topi antiUV karena daerah wisata ini berada di tengah-tengah area penambangan pasir yang cukup terik ketika siang hari.

Juga, jangan lupa untuk menggunakan kendaraan pribadi, ya. Karena area sekitar Istana Pasir Temiang tidak banyak dilewati kendaraan umum maupun sewa online.

4. Vila Ternak Cikerai

Cilegon memang kotanya penginapan. Anda bisa dengan mudah menemukan penginapan seperti, wisma, hotel bintang tiga hingga hotel bintang empat di kota ini.

Namun, tidak semua penginapan di Cilegon memiliki daya tarik wisata. Tapi bukan berarti tidak ada, ya. Misalnya, Vila Ternak Cikerai.

Eits, meski namanya vila, ini bukan penginapan khusus untuk manusia, lho. Iya, ini memang bukan vila seperti yang Anda bayangkan.

Vila Ternak Cikerai

Vila Ternak Cikerai – Source: villaternak.id

Wisata ini adalah sebuah zona edukasi ternak yang menyenangkan bagi anak-anak hingga orang dewasa. Anda bisa menjumpai peternakan ayam, burung, kambing, sapi, hingga ikan di sini.

Sangat edukatif, bukan?

Jika Anda ingin datang, pastikan jangan di hari Jumat, ya. Vila Ternak Cikerai ini dibuka setiap hari, selain Jumat, dari pukul 07.00 hingga 16.00 WIB (dan 17.00 di hari Sabtu dan Minggu).

5. Alun-alun Kota Cilegon

Seperti halnya kota lain, Cilegon juga punya alun-alun. Bahkan, alun-alun ini menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi para turis lokal.

Katanya, “Belum sah jadi orang Cilegon kalau belum datang ke Alun-alun Kota Cilegon”.

Pada pembukaannya, alun-alun megah ini dipromosikan dengan adanya Konser Amal Musisi Judika. Tidak heran jika warga Cilegon begitu bangga.

Alun-alun Kota Cilegon

Alun-alun Kota Cilegon – Instagram ID: @citrarahman

Megahnya Alun-alun Kota Cilegon bisa Anda lihat dari konsepnya yang terbuka, dengan beberapa pohon yang mengelilinginya.

Utamanya, Anda bisa menikmati keindahan air mancur di area alun-alun yang indah. Lebih indah lagi ketika malam hari, karena terdapat lampu warna-warni yang menghiasi air mancur tersebut.

Selain sebagai destinasi wisata wajib lokal, alun-alun ini juga menjadi pusat kegiatan warga. Banyak event seperti parade, festival, dan berbagai acara lainnya dilaksanakan di Alun-alun Kota Cilegon.

Baca juga: Pantai Lagundi Anyer, Pantai Unik dan Terbaik di Banten

6. Situ Rawa Arum

Sebenarnya, wisata ini bukan tergolong wisata baru di Kota Cilegon. Situ Rawa Arum sudah dikenal sejak 2014, bahkan sebelumnya. Namun, belum sepopuler saat ini.

Sekarang, Anda bisa menikmati wisata alam dengan pemandangan yang menakjubkan di Situ Rawa Arum yang berlokasi di Jl. Kp. Tegal Wangi No.62, Rw. Arum, Kec. Grogol.

Dibuka sejak pukul 06.00 hingga 20.00 WIB, wisata ini dikenal dengan legendanya. Seperti namanya, Situ Rawa Arum dipercaya menyebarkan aroma wangi hingga ke desa sekitarnya.

Situ Rawa Arum

Situ Rawa Arum – Source: Google Review/Susmiatun Hayati

Hal ini lantaran adanya keyakinan bahwa dulunya lokasi Situ Rawa Arum merupakan sebuah desa bernama Tegalega yang tenggelam akibat adanya bencana alam letusan Gunung Krakatau pada 1883.

Terlepas dari legendanya, Situ Rawa Arum layak menjadi pilihan Anda ketika berkunjung ke Kota Cilegon. Karena selain menikmati pemandangannya yang indah, Anda juga bisa menikmati makanan sambil bersantai dengan keluarga Anda.

Baca juga: Enam Kuliner Cilegon yang Menggugah Selera

 

Bagaimana?

Tertarik mengunjungi Cilegon?

Jangan lupa untuk selalu menjaga wisata kita, ya, travellers.

Selalu perhatikan anak-anak Anda, barang bawaan, jaga kebersihan, dan jangan merusak fasilitas wisata.

Semoga liburan Anda menyenangkan!

You may also like...

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of