Melihat Pelabuhan Selat Lampa Natuna, Pelabuhan Terluar Indonesia

Pelabuhan Selat Lampa yang berada di kabupaten Natuna, menjadi salah satu Pelabuhan Terluar Indonesia yang saat ini tengah dikembangkan menjadi pelabuhan utama untuk distribusi barang dan jasa ke wilayah Natuna dan Sekitarnya.

Nah salah satu rute pelayaran kapal pelni KM Bukit Raya adalah menuju ke kawasan Sumatera dan perbatasan seperti misalanya dikawasan pelabuhan Selat Lama di kabupaten Natuna ini.

Kabupaten Natuna sendiri merupakan Kabupaten terluar Indonesia yang masuk kedalam wilayah provinsi Kepulauan Riau.

Tentang Kabupaten Natuna

Selat Lampa Pelabuhan Natuna

Selat Lampa Pelabuhan Natuna – foto @benedktdh

Seperti yang sudah disampaikan diatas jika Kabupaten Natuna merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Kepulauan Riau, Indonesia.

Kabupaten Natuna merupakan kawasan kepulauan paling utara di selat Karimata dan berbatasan langsung dengan Laut Cina Selatan.

Di bagian utara, Kabupaten Natuna berbatasan dengan Vietnam dan Kamboja, lalu di selatan Kabupaten Natuna berbatasan dengan Sumatra Selatan dan Jambi dan di bagian sendiri, Natuna barat dengan Singapura, Malaysia, Riau.

Dan yang Terakhir disebelah bagian timur, Kabupaten Natuna berbatasan langsung dengan Negara Malaysia dan juga dengan provinsi Kalimantan Barat.

Pantai Natuna

Pantai Natuna – foto @shindyardyah

Natuna Menghubungkan Kalimantan dan Sumatera

Karena letak pelabuhan Selat Lampa yang strategis, menjadikan Kabupaten Natuna berada di jalur pelayaran internasional Hongkong, Jepang, Korea Selatan dan Taiwan alias masuk kawasan pelayaran Internasional.

Dan Kabupaten Natuna juga sekarang sudah terkenal dengan kabupaten penghasil minyak dan gas selain tentunya terkenal dengan keindahan Alamnya yang sangat mempesona.

Pelabuhan Selat Lampa ini kini bisa disinggahi oleh kapal berukuran besar. Jadi semua kapal besar yang melintas dikawasan Natuna, nantinya akan singgah dipelabuhan baru miliki Kabupaten Natuna yakni pelabuhan Pelni Selat Lampa.

Pelabuham selat Lampa Natuna

Pelabuham selat Lampa Natuna – Foto @kurniiawaaniindraa

Dari pelabuhan Selatan Lampa ini, kapal pelni akan melanjutkan perjalanannya menuju ke kawasan Serasan hingga singgah di Kecamatan Midai wilayah Kabupaten Natuna Lainnya.

Dipelabuhan Selat Lampa inilah kapal pelni KM Bukit Raya yang melintas akan menurunkan penumpang yang akan menuju ke Kecamatan Midai.

Kapal ini juga sekaligus akan membawa penumpang dari Kecamatan Midai yang akan menuju ke Kecamatan Serasan, Serasan Timur, Pontianak dan Surabaya.

Dermaga Pelabuhan Pelabuhan Kapal Pelni Selat Lampa Natuna

Dermaga Pelabuhan Pelabuhan Kapal Pelni Selat Lampa Natuna – foto Didik Heriyanto

Selain itu juga, kapal pelni KM Bukit Raya yang melintas di Selat Lampa dari Arah Pontianak menuju Anambas dan Bintan, juga akan menurunkan penumpangnya maupun mengangkut penumpangnya dipelabuhan ini.

Untuk Perjalanan ke Kecamatan Midai dari Pelabuhan Selat Lampa dapat ditempuh sekitar 4 – 5 jam, dan kemudian dilanjutkan kembali sekitar 6 – 7 jam hingga akhirnya sampai ke Pulau Serasan.

Sedangkan dari kawasan Serasan menuju arah ke Pontianak Kalimantan Barat, perjalanan bisa ditempuh dengan waktu sekitar 12 – 14 jaman.

Rute Kapal Bukit Raya dari Pelabuhan Selat Lampa

Kapal Pelni KM Bukit Raya

Kapal Pelni KM Bukit Raya

Seperti yang sudah disampaikan diatas, selain kapal Tol laut atau kapal sabuk nusantara, kapal besar yang bisa mengangkut penumpang dan barang ke berbagai kota di Tanah air adalah kapal laut Pelni Bukit Raya.

Berikut ini adalah informasi detailnya mengenai Rute Pelayaran kapal pelni KM Bukit Raya dari Selat Lampa Natuna ke beberapa pelabuhan di Indonesia yang akan disinggahinya seperti :

  • Kapal KM BuKit Raya Dari Natuna – Letung Anambas
  • Kapal KM BuKit Raya dari Natuna- Tarempa Anambas
  • Pelni KM Bukit Raya dari Selat Lampa Natuna – Bintan Tanjung Pinang
  • Kapal Pelni KM Bukit Raya dari Selat Lampa Natuna ke Belinyu Bangka
  • Kapal Pelni KM Bukit Raya dari Selat Lampa Natuna ke Jakarta
  • Kapal Pelni KM Bukit Raya dari Selat Lampa Natuna ke Midai
  • Kapal Pelni KM Bukit Raya dari Selat Lampa Natuna Ke Serasan
  • Kapal Pelni KM Bukit Raya dari Selat Lampa Natuna ke Pontianak
  • Kapal Pelni KM Bukit Raya dari Selat Lampa Natuna ke Surabaya

Selain sebagai gerbang utama akses penghubung ke Natuna, Pelabuhan Selat Lampa ini juga termasuk kedalam Pelabuhan Perikanan dan juga sebagai simpul jaringan transportasi laut dengan pariwisata sebagai daya tarik.

Tujuanya tentunya untuk mendatangkan wisatawan sekaligus memanfaatkan pelabuhan sebagai destinasi di kabupaten Natuna dan juga sekitarnya.

Kalo Berguna, Silahkan Share

Omed

Bapaknya komunitas Backpacker Jakarta yang hanya ingin menceritakan pengalaman saya berkeliling Indonesia selama 360 Hari ke 34 Provinsi dan lebih dari 380 Kabupaten atau kota se Indonesia. Jangan lupa Follow Instagram @kataomed untuk melihat aktivitas dan keseharian saya

You may also like...

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of