Tips Backpackeran Murah ke Raja Ampat, Hanya Habis dibawah 1 juta loh

Sebagai salah satu destinasi impian para Traveller dari seluruh dunia, tentunya membuat banyak wisatawan melakukan berbagai cara agar bisa melihat langsung pesona alam Raja Ampat. Mengingat Raja Ampat ini berada di Timur Indonesia maka dibutuhkan banyak sekali biaya untuk sampai ditempat keren ini.

Pesona keindahan Raja Ampat

Banyak yang beranggapan jika liburan Ke Raja Ampat lebih mahal dari liburan ke luar negeri. Selain karna harga tiket yang sering melambung tinggi juga karena biaya yang perlu dikeluarkan untuk mengexplore wisata di Raja Ampat tak sedikit. Paket wisata yang ditawarkan lebih dari 4 juta dan jika ditotal dengan tiket bisa menghabiskan dana 7 jutaan.

Telaga Bintang di Raja Ampat

Nah sebagai seorang backpacker seperti saya tentunya selalu mencari cara agar biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar. Salah satunya adalah dengan menghemat cost perjalanan untuk sampai Raja Ampat. Berikut ini tips dari saya yang mungkin bisa kalian pertimbangkan untuk dilakukan agar bisa sampai di Raja Ampat dengan biaya Murah. Stttt.. bocoranya, biayanya dibawah 1 juta loh.

1. Melalu Jalur Laut

Kapal Pelni di Pelabuhan Tanjung Priuk Jakarta (foto wartakota )

Pelabuhan Tanjung Priuk Jakarta – Pelabuhan Sorong

Jika kamu punya banyak waktu alias gak terikat pekerjaan, mungkin alternatif ini bisa membantu kamu. Naiklah Kapal Pelni dengan Rute Jakarta ke Sorong. Kapal pelni yang biasa berlayar melintas rute panjang ini akan menempuh perjalanan selama 5 hari 4 malam.

Memang cukup lama dan melelahkan bila dipikir-pikir, namun alternatif rute satu ini adalah cara terbaik dan termurah untuk sampai di Kota Sorong dibandingkan menggunakan Pesawat. Dari pelabuhan Tanjung Periuk kita akan melintasi beberapa Kota seperti Pelabuhan Perak di Surabaya, Pelabuhan Makassar, Pelabuhan Kota Baubau Pulau Buton Sulawesi Tenggara, Pelabuhan Kota Ambon dan terakhir adalah pelabuhan Sorong.

Booking Tiket Pelni secara Online disitusnya pelni.co.id

Tenang saja, Selama 5 hari 4 malam dikapal pelni kita akan diberi makan dan minum setiap jam makan mulai sarapan, makan siang hingga makan malam. Selain itu ada banyak hiburan yang bisa dinikmati seperti TV, Ruang bernyanyi, Cafetaria, Anjungan hingga Hiburan berbayar seperti bioskop mini. Dikapal Pelni juga dilengkapi kamar mandi yang cukup banyak plus kita bisa melihat kota-kota yang kita singgahi.

Oh ya, harga tiket Kapal dari Jakarta ke Sorong yakni sebesar Rp 810.000 / Orang sudah termasuk tempat tidur barak, makan dan minum tiga kali sehari. Beberapa kapal Pelni yang melayani Rute ini adalah Kapal Dobonsolo, KM Gunung Dempo, Km Ciremai dan kapal pelni lainya. Ets kapal ini memiliki jadwal keberangkatan yang berbeda-beda dan tidak ada setiap hari jadi kalian bisa cek ketersediaanya disitus pelni.co.id

Pelabuhan Sorong (foto youtube)

Setibanya dipelabuhan Sorong kamu harus naik angkot lagi menuju Pelabuhan penyebrangan Rakyat Sorong menuju pelabuhan Waisai. Tenang saja guys, aada banyak angkot atau ojek yang lewat tepat didepan pelabuhan Sorong karena lokasi Pelabuhan tepat ditengah kota. Harga Angkutan kota Sorong juga tergolong murah yakni Rp 5000-10.000 saja. Jarak dari Pelabuhan sorong ke Pelabuhan Rakyat Sorong hanya 10 menit saja.

2. Melalui Jalur Alternatif Darat + Udara + Laut

Sebenarnya ada jalur alternatif lainnya yang mungkin bisa kamu coba seperti Menggunakan Kereta Api dari Jakarta ke kota Surabaya. Nah dari kota Surabaya kamu tinggal naik Ojek Online menuju Pelabuhan Perak Surabaya. Dari sana perjalanan kamu bisa dilanjutkan dengan kapal Pelni menuju Sorong.

Untuk jalur alternatif ini saya sarankan kamu harus benar-benar mencocokan jadwal keberangkatan seperti Kapal Pelni, jadwal kereta hingga jadwal pesawatnya. Jangan sampai ketinggalan kapal atau pesawat. Jika ingin lebih menghemat waktu kamu bisa menggunakan pesawar dari Jakarta ke Makassar lalu dari bandara Hasanudin Makassar kamu harus menuju pelabuhan Makassar dan naik pelni menuju Sorong.

3. Melalui Jalur Udara

Biasanya dibulan-bulan tertentu ada promo tiket murah yang digelar oleh beberapa maskapai seperti SJ Fair hinga Garuda Traveller Fair. Nah moment berharga seperti itu jangan kalian lewatkan ya untuk berburu tiket dengan Rute Jakarta – Sorong. Bandara yang dipilih adalah Bandara Sukarno Hatta Jakarta menuju Bandara Dominic Edward Osok kota Sorong, Provinsi Papua Barat.

Bandara Sorong – Pelabuhan Rakyat Sorong

Setibanya kamu di Bandar Udara Sorong atau Bandara Dominic Edward Osok, kamu harus melanjutkan perjalanan menuju ke pelabuhan Rakyat Sorong. Ingat pelabuhanya namanya pelabuhan Rakyat sebab ada 2 pelabuhan berbeda di Kota Sorong.

Bandara Sorong – Bandar Udara Dominic Eduard Osok

Dari bandara kita bisa naik Angkot atau oto atau mobil angkutan umum yang ada tepat didepan bandara. Angkutan kota di Sorong semuanya bewarna Kuning dan duduknya menghadap kearah supir semua. Tarif angkutan umum disini yakni Jauh dekat Rp 5000 saja. Tapi tenang saja, dari depan bandara ke Jalan raya jaraknya cuma 300 meteran, jadi kalian bisa berjalan kaki.

Dari Bandara ke Pelabuhan Rakyat kamu harus 2 kali naik angkutan umum namun jaraknya sangat berdekatan. Alasanya karena rute angkot pertama yang melintasi bandara Sorong hanya sampai terminal kecil yang lokasinya tak jauh dari bandara. Lalu dari terminal kecil itu kamu naik angkot lagi menuju pelabuhan Rakyat Sorong sekitar 10 menitan. Dari gerbang pelabuhan kamu harus berjalanan kaki lagi sekitar 10 menit untuk sampai dilokasi pelabuhan tempat kapal penyebrangan ke Waisai berada.

Tiket kapal cepat Sorong Waisai

Tapi buat kalian yang ga mau ambil pusing, kalian bisa langsung naik ojek yang ada atau yang biasa mangkal didepan parkiran Bandara Sorong. Tarifnya biasanya hanya Tp 25.000-35.000 tergantung kelihaian kalian dalam menawar. Nah ojek akan ini langsung membawa kalian sampai didepan pelabuhan tempat kapal bersandar. Jadi ga perlu jalan kaki lagi untuk sampai di pelabuhan.

Pelabuhan Rakyat Sorong – Pelabuhan Waisai

Loket Penjual Kapal Penyebrangan Sorong ke Waisai

Kapal Penyebrangan Sorong ke Waisai ada 2 kali pelayaran setiap Hari. Biasanya pada pagi hari yakni jam 9 pagi dengan kapal Bahari Express dan Jam 12.30 dengan kapal besar. Untuk tarif (2018) kapal Bahari Express yakni Rp 100.000 / Penumpang sama halnya dengan kapal Yang berlayar Siang Hari. Ingat jangan sampai ketinggalan kapal ya karena kapal akan berlayar tepat waktu dan tak akan menunggu kamu.

Pelabuhan Rakyat Sorong

Dibutuhkan sekitar 2 jam perjalanan dengan kapal cepat dari pelabuhan Rakyat Sorong untuk sampai di Dermaga Pelabuhan Waisai Raja Ampat. Kapalnya cukup besar, ada toilet dan juga ada hiburan TV. Kalo kalian lapar, dikapal juga biasanya ada yang menjual Popmie dan Kopi. Harganya 5000-10.000an. Satu lagi, duduklah sesuai no seat yang tertera ditiket yang kamu beli.

Welcome Di Raja Ampat

Setelah 2 jam berlayar akhirnya kita tiba di dermaga pelabuhan Waisai yakni pelabuhan yang sekaligus menjadi gerbang ke Raja Ampat. Tiba dipelabuhan ini artinya kamu sudah sampai di Raja Ampat loh. Selamat ya karena akhirnya kamu sampai juga di Salah satu Destinasi Unggulan Indonesia.

Kota Waisai KabupatenRaja Ampat

Raja Ampat sendiri merupakan sebuah Kabupaten yang ada di Provinsi Papua Barat dengan ibu kotanya Waisai. Raja ampat sendiri merupakan gabungan dari beberapa pulau besar yaitu Pulau Waigeo, Pulau Misool, Pulau Salawati, dan Pulau Batanta. Jadi Raja ampat itu ada banyak destinasinya dan salah satunya adalah Kota Waisai ini. Nah dari Waisai kalian bisa memilih mau melanjutkan ke spot destinasi yang mana, bisa ke Paynemo bisa juga ke Wayag.

Piaynemo Raja Ampat

Selengkapnya tentang kota Waisai dan Destinasi Wisata disekitarnya bisa kamu lihat disini.

Itulah beberapa alternatif atau Cara pergi ke Raja Ampat dengan biaya murah yang bisa kamu pilih. Semuanya kembali kepilihan kamu sendiri dan waktu yang kamu punya. Oh ya ini dia rincian biaya yang perlu dikeluarkan untuk sampai ke Raja Ampat menggunakan kapal pelni dan jalur laut.

Bahari Express, Kapal Cepat penyebrangan Sorong ke Waisai

1. Kapal Pelni Jakarta – Sorong 810.000
2. Kapal penyebrangan Sorong – Waisai 100.000
3. Angkot / Ojek Pelabuhan Sorong ke Pelabuhan Rakyat 10.000

Total Biaya yang dibutuhkan adalah Rp 920.000

Omed

Bapaknya komunitas Backpacker Jakarta yang hanya ingin menceritakan pengalaman saya berkeliling Indonesia selama 360 Hari ke 34 Provinsi dan lebih dari 380 Kabupaten atau kota se Indonesia. Jangan lupa Follow Instagram @kataomed untuk melihat aktivitas dan keseharian saya

You may also like...

7
Leave a Reply

avatar
4 Comment threads
3 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
5 Comment authors
alanggaOmedCandra bastariOcyidzur Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
idzur
Guest
idzur

Wew, bisa dapet murah ke raja ampat
Makasih share pengalamannya Om Edi

Ocy
Guest
Ocy

Pengen banget coba jdnya bckpackeran sendiri via kapal

Candra bastari
Guest
Candra bastari

Seandainya bapaku raja minyak yg ga perlu kerja setiap harinya mungkin gw ikutin jejak bapak backpacker 1 ini , mantul 👍

alangga
Guest

Halo teman. Saya ada rencana backpacking keliling Papua lewat laut trus akan singgah di Sorong antara 5 – 6 hari bulan Juni nanti. Tahukah teman berapa biaya paling murah yang akan sa habiskan untuk penginapan dan makan di Sorong? Terus, ada rekomendasi tempat menginap murah? Baiknya di Raja Ampat atau cukup di Sorong saja? Mohon bantuannya, ya