KATA OMED

6 Kuliner Halal Khas Medan yang Wajib Anda Coba!

Published · Updated

Medan, si Kota Melayu Deli. Nggak sempurna kalau bertandang ke Medan, tanpa mencicipi makanan khasnya. Untuk kalian para muslim, ini dia enam kuliner halal khas Medan yang wajib dicoba!

 

Salam cinta kuliner, Travellers!

Indonesia kaya akan budaya, sampai makanan. Kalau liburan, mana bisa tidak makan? Hehe.

Yang pasti, kalau liburan ke luar kota atau pulau, pasti yang dicari makanan khasnya, ya, kan?

Saya juga, kok. Tapi, sebagian muslim, kadang ragu-ragu mau makan di kota orang. Apalagi kota yang penduduknya beraneka ragam kepercayaannya.

Medan, ibukota Sumatra Utara adalah kota terbesar ketiga di Indonesia. Selain besar, Medan juga sering menjadi destinasi wisata sampai tujuan bisnis. Jumlah pendatang luar Medan hampir selalu meningkat setiap tahunnya.

Karenanya, informasi kuliner halal di Medan sangat penting bagi kalian yang berencana mengunjungi Kota Melayu Deli ini.

6 kuliner halal khas Medan yang wajib Anda coba

1. Soto Medan

Soto, ikon kulinernya Indonesia. Anda pasti sudah familiar dengan makanan satu ini. Kuah kuning dengan aroma gurih yang sedap. Yang paling populer, sih, soto lamongan. Tapi, Medan juga punya soto. Iya, namanya soto medan. Soto khas Medan.

Apa bedanya?

Soto Medan, kuliner halal khas Medan - image source: pinterest.com

image source: pinterest.com

Kalau dibandingkan dengan soto lamongan, mirip, kok. Kuah kuningnya terbuat dari campuran rempah kunyit. Bisa pakai ayam, seperti soto lamongan. Tapi, kalau soto medan menggunakan santan kelapa yang  membuat soto medan jadi semakin gurih.

Kalau Anda bertandang ke Medan, Anda bisa menemukan kuliner khas ini di banyak tempat. Beberapa di antaranya RM Sinar Pagi, Kedai Soto Kesawan, RM Soto Medan, Soto Pak Haji dan Nasi Soto Anto Wahidin.

2. Laksa Medan, kuliner halal Medan Yang Lezat

Laksa Medan, kuliner halal Medan Yang Lezat -

Laksa Medan, kuliner halal Medan Yang Lezat – image source: instagram/@nixmoment

Pecinta kuah, pasti tidak asing dengan laksa. Dari sejarahnya, laksa merupakan representasi budaya peranakan Tionghoa yang berbaur dengan Melayu. Berbeda dengan jenis kuah lainnya, laksa terdiri atas mie yang dimasak dengan kuah bercitarasa rempah yang kaya.

Di Indonesia, ada beberapa jenis laksa yang terkenal. Satu di antaranya laksa medan. Jika ke Medan, Anda wajib mencoba makanan khas ini. Beberapa rumah makan yang menyediakan menu khas ini di antaranya RM Laksa Yoserizal, RM Laksa Medan, dan RM Tabona.

Baca juga: Lima Museum di Kota Medan

3. Mie Sop Medan

Mie Sop Medan

Mie Sop Medan – image source: Google Review/Andri Hendra

Sebagai kota dengan ragam kultur budaya, mie menjadi satu di antara jenis kuliner yang banyak ragamnya. Jika tadi Anda sudah berkenalan dengan soto dan laksa, tidak sah rasanya jika Anda tidak mengenal mie sop.

Sesuai namanya, kuliner ini adalah olahan mie kuning atau mie putih yang dicampur dengan irisan daging dan beberapa pelengkap lainnya, lalu ditaburi kacang goreng dan bawang goreng yang gurih.

Ada banyak resto atau rumah makan yang menyediakan menu ini secara khusus. Beberapa di antaranya adalah Mie Sop Sei, Petani, Mie Sop Colibri, Mie Sop Dekko, Mie Sop Multatuli, dan Mie Sop Bu Tuti.

4. Bihun Bebek, Kuliner Halal Medan yang menggoda

Duh, mie lagi!

Tapi nggak bosen, kan?

Orang Indonesia mana ada yang tidak suka mie? Saya rasa, sih, nggak ada, ya. Termasuk orang Medan. Mereka juga begitu sukanya dengan mie. Segala macam mie lokal, bisa mereka olah menjadi makanan khas. Bahkan, bisa jadi ciri khas bhinneka karena menjadi bukti beragamnya budaya di Medan.

Bihun Bebek, Kuliner Halal Medan yang menggoda

Bihun Bebek, Kuliner Halal Medan yang menggoda -image source: Google Review/Stephania Astrapia

Bihun Bebek, misalnya. Mie bihun yang dicampur dengan irisan daging bebek, disajikan bersama kuah kaldu bebek dan irisan daun bawang. Super legend!

Kalau bingung, Anda bisa coba mengunjungi resto terdekat di Medan yang menyajikan bihun bebek, di antaranya Bihun Bebek Kumango, Bihun Bebek Amin, Bihun Bebek Akien, AK Bihun Bebek, dan Bihun Bebek Atak.

Baca juga : Enam Kuliner dan Makanan Khas Tebing Tinggi

5. Rujak Kolam Deli

Bosan dengan mie? Hehe. Tenang.

Ada kuliner lain khas Medan yang bisa Anda coba. Namanya Rujak Kolam.

Rujak Kolam Deli

Rujak Kolam Deli, Kuliner Khas Kta Medan – image source: instagram/@kulinermedan

Bikin ngiler, kan?

Mengapa, kolam? Karena rujak ini kali pertama dijual di area Kolam Deli. Katanya, sih, para penjual rujak kolam ini sudah ada sejak tahun 60-an.

Apa uniknya? Coba lihat gambar di atas, deh. Sepiring rujak yang terbuat dari irisan buah, yang disiram dengan bumbu kacang dan ditaburi kacang goreng. Double peanut attack!

6. Jajanan Khas Medan

Selain kuliner yang bisa dimakan di tempat, Anda juga wajib mencoba beberapa makanan khas yang bisa jadi buah tangan Anda. Di antaranya adalah bika ambon,  bolu meranti, teri medan, durian medan, sirup markisa, kacang sihobuk, dan kopi sidikalang.

Makanan-makanan khas tersebut bisa mudah Anda jumpai di pusat oleh-oleh khas hingga di Bandara Kualanamu.

Jajanan Khas Medan

Jajanan Khas Medan – image source: www.urbanasia.com

Bagaimana? Tertarik untuk mencoba kuliner khas Medan? Jangan lupa share artikel ini jika bermanfaat untuk Anda, ya.

Selalu jaga kebersihan, jangan merusak fasilitas umum, dan awasi anak-anak Anda.

Semoga sehat selalu, travellers!

***

Baca juga artikel menarik berikut, ya!

Jadwal Kereta Api Dari Medan Ke Lubuk Pakam Deli Serdang Beserta Harga Tiketnya

Lima Kuliner Khas Pontianak

 

Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of